Sejumlah pengunjung berwisata di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022). Destinasi wisata favorit Kebun Raya Bogor telah dikunjungi sebanyak 20 ribu pengunjung selama libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H dan jumlah tersebut meningkat dibandingkan tah | ANTARA/ARIF FIRMANSYAH

Bodetabek

Libur Lebaran, Pengunjung KRB Tembus 97 Ribu Orang

KRB menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Jabodetabek

BOGOR — Selama libur Lebaran 2022, pengelola Kebun Raya Bogor (KRB) mencatat sebanyak 97 ribu wisatawan memadati tempat wisata yang berada di pusat Kota Bogor. Puluhan ribu pengunjung tersebut terhitung sejak Senin (2/5) hingga Ahad (8/5).

General Manager Corporate Communication & Security PT Mitra Natura Raya (MNR) KRB Zaenal Arifin mengatakan, jumlah kunjungan mengalami peningkatan dua kali lipat dari tahun sebelumnya. “Tentunya sangat signifikan dibanding dengan tahun sebelumnya atau dua tahun sebelumnya. Jumlah pengunjung (selama) sepekan ini mencapai lebih dari 97 ribu orang,” kata Zae, Ahad (8/5).

Menurut dia, peningkatan jumlah kunjungan tak lepas dari adanya kebijakan pembatasan yang dikeluarkan pemerintah pada Lebaran tahun ini yang lebih longgar dari sebelumnya. Meski demikian, KRB tetap menerapkan protokol kesehatan, yakni pengunjung yang datang berlibur harus memenuhi syarat sudah vaksin.

“Tahun lalu Lebaran regulasi Pemerintah Kota Bogor di level 3 sehingga banyak pembatasan dan imbauan bagi warga untuk tidak keluar rumah,” ujarnya.

Zae menambahkan, rata-rata jumlah kunjungan pada tahun lalu hanya sekitar 4.000 per hari. Sedangkan, untuk tahun ini rata-rata pengunjung mencapai 15 ribu per hari. “Tertinggi pada hari Kamis (5/5) tembus di angka 20 ribu orang,” ujarnya.

Jumlah wisatawan

Polresta Bogor Kota menyampaikan jumlah pengunjung tempat-tempat wisata di Kota Bogor mencapai 93.465 dalam empat hari terakhir libur Lebaran 2022, dilihat dari jumlah kendaraan yang masuk Kota Bogor dari arah gerbang keluar tol dan tiket masuk tempat wisata.

"Tidak semua kendaraan mobil dari tol adalah pengunjung wisata tetapi memang rata-rata kendaraan itu memadati tempat wisata," kata Kasatlantas Polresta Bogor Kota di Kota Bogor, Ahad.

Galih menyebut 93.465 itu merupakan akumulasi data pengunjung selama empat hari di empat tempat wisata, mulai H+1 pada Rabu (4/5) hingga Sabtu (7/5).

Keempat tempat wisata tersebut antara lain, Kebun Raya Bogor mencapai 67.906 orang pengunjung, wisata air The Junggle Water Park sebanyak 17.594 orang pengunjung, Kuntum Farm Field sebanyak 5.550 orang pengunjung dan wisata air Marcopolo Water Adventure Bogor sebanyak 5.415 orang pengunjung. Sementara jumlah kendaraan masuk ke Kota Bogor dari tol sebanyak 99.652 kendaraan.

"Kami fokus mengawal lalu lintas arus balik wisatawan dari luar saat ini, karena di dalam kota sudah cukup ramai lancar saja, data lalin dengan pengunjung wisata selaras," katanya.

Galih menuturkan, Polresta Bogor dibantu Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja saat ini fokus pada lalu lintas arus balik wisatawan dari arah Cianjur, Puncak Kabupaten Bogor dan Sukabumi.

Namun, peningkatan lalu lintas dari luar daerah tersebut pun mulai melandai sejak Sabtu (7/5) malam hingga Minggu (8/5) malam. "Kami tetap siaga melayani masyarakat maupun pengamanan," katanya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kebun Raya (kebunraya_id)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Penghimpunan Wakaf Selama Ramadhan Mencapai Rp 215 Miliar

Penghimpunan wakaf Forum Wakaf Produktif lembaganya berhasil mencapai Rp 17 miliar.

SELENGKAPNYA

IHSG Anjlok Akibat Sentimen The Fed

Derasnya dana asing yang keluar menyebabkan IHSG melorot ke zona merah sejak pembukaan perdagangan.

SELENGKAPNYA

Angka Pengangguran Belum Pulih

Penurunan pengangguran dukung proses pemulihan ekonomi.

SELENGKAPNYA