Perajin nasabah Bank Wakaf Mikro (BWM) pasantren Babul Maghfirah binaan PT Astra Internasional TbK memamerkan hasil produk UMKM di Aceh Besar, Aceh, Jumat (8/4/2022). | ANTARA FOTO / Irwansyah Putra/foc.

Ekonomi

10 May 2022, 13:19 WIB

Penghimpunan Wakaf Selama Ramadhan Mencapai Rp 215 Miliar

Penghimpunan wakaf Forum Wakaf Produktif lembaganya berhasil mencapai Rp 17 miliar.

JAKARTA -- Penghimpunan wakaf selama periode Ramadhan tahun ini berhasil menembus angka Rp 215 miliar. Ketua Forum Wakaf Produktif (FWP), Bobby Manulang, menyampaikan, angka itu berhasil meningkat dibandingkan kondisi penghimpunan wakaf pada periode Ramadhan tahun lalu.

"Kumulatif penghimpunan wakaf seluruh anggota FWP berkisar Rp 215 miliar," kata Bobby kepada Republika, Senin (9/5).

Bobby yang juga menjabat General Manager Wakaf Dompet Dhuafa menyebut, penghimpunan wakaf di lembaganya berhasil mencapai Rp 17 miliar. Angka itu naik 39 persen dibandingkan periode Ramadhan tahun sebelumnya.

Bobby menjelaskan, penghimpunan dana secara digital mengalami peningkatan. Saat ini, porsi penghimpunan secara digital mencapai 50 hingga 65 persen dari total transaksi.

Dia mengatakan, mayoritas transaksi dilakukan melalui ponsel atau mobile banking dan kode respons cepat (QR). Sebagian ada juga yang bertransaksi via ATM dan juga konter pelayanan luring. Meski begitu, dia mengatakan, sejumlah wakif tetap mencari atau mendapatkan informasi secara digital atau online.

"Tetap mencari informasi secara online meskipun cara bertransaksinya masih melalui kanal nondigital," katanya.

Baitul Maal Muamalat (BMM) mencatat kenaikan transaksi zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ziswaf) selama Ramadhan 2022. Manager Penghimpunan Retail dan Digital BMM sekaligus Ketua Ramadhan 1443 Hijriyah BMM, Muhammad Riandy, menyampaikan, penghimpunan ziswaf mencapai Rp 15,23 miliar. Angka itu naik dari penghimpunan tahun lalu yang mencapai Rp 14,09 miliar.

"Total pertumbuhan ziswaf dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) 1443 H sekitar 8,02 persen dibandingkan 1442 H," kata Riandy kepada Republika, Senin (9/5).

Pencapaian tertinggi berasal dari infak dan sedekah sebesar Rp 9,31 miliar dan selanjutnya berasal dari zakat yang sebesar Rp 3,66 miliar. Sementara itu, penghimpunan wakaf mencapai Rp 266,9 juta.

Menurut dia, capaian zakat fitrah pun tumbuh signifikan hingga 468,05 persen dibandingkan Ramadhan 1442 H (yoy). Hal ini terjadi karena faktor digitalisasi dalam penghimpunan zakat fitrah.

"Growth zakat fitrah didukung dari digital fundraising," katanya.

photo
Karyawan memanen ulat maggot di tempat budi daya binaan Bank Wakaf Mikro Pondok Karya Pembangunan (BWM PKP) usai diresmikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Pesantren Pondok Karya Pembangunan, Ciracas, Jakarta, Kamis (24/3/2022). - (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.)

Sebelumnya, program Menabung Pahala Kebaikan yang digelar Bank Syariah Indonesia (BSI) sejak 21-26 April 2022 juga berhasil mengumpulkan dana ziswaf melalui BSI Mobile sebesar Rp 1,06 miliar. Hal ini menjadi wujud komitmen BSI untuk terus mengembangkan layanan digital salah satunya BSI Mobile guna mendukung transaksi dan gaya hidup halal.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, perolehan dana ziswaf tersebut menunjukkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat untuk berpartisipasi dalam program Menabung Pahala Kebaikan. Ia bertekad untuk terus berperan aktif meningkatkan sosialisasi dan minat masyarakat dalam membayar donasi.

"Kami juga berkomitmen untuk berperan menjadi katalisator percepatan pertumbuhan ekonomi nasional serta penguatan ekonomi melalui instrumen ziswaf. Hal ini menjadi salah satu komitmen BSI untuk ambil peran memajukan umat dan masyarakat," ujar Hery.

Dalam program ini, BSI mengajak masyarakat Indonesia untuk berbagi melalui infak dan pembayaran zakat mal. Hasil infak dan zakat mal yang terkumpul selama program tersebut akan disalurkan sepenuhnya untuk program–program kemanusiaan yang dikelola oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ) BSMU. ';

Muhammadiyah Gelar Silaturahim Akbar

Silaturahim Muhammadiyah bermuara pada kehendak untuk mempertautkan tali persaudaraan.

SELENGKAPNYA

Produksi Sampah Meningkat Sepekan Pascalibur Lebaran 

Data dari Kota Bogor, dari hari ke hari mulai Ahad (1/5), sampah yang diangkut sebanyak 609 kilogram

SELENGKAPNYA

ASDP: Arus Balik Bakauheni-Merak Berjalan Lancar

ASDP memastikan layanan arus balik di lintas Bakauheni-Merak berjalan lancar.

SELENGKAPNYA
×