Antrean pengendara yang memasuki gerbang Tol Pasteur, Cimahi, Jawa Barat, Ahad (8/5/2022). Pada H+5 lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, arus balik pengendara dari Kota Bandung menuju Jakarta yang melewati gerbang tol tersebut terpantau lancar. | ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Nasional

10 May 2022, 03:45 WIB

Lalu Lintas ke Jabotabek Kembali Normal

Jasa Marga mencatat sekitar 1,29 juta kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada periode 3-8 Mei 2022.

JAKARTA—Lalu lintas arus balik dari arah timur Jawa ke Jakarta mulai berangsur normal. Rekayasa lalu lintas yang sebelumnya diterapkan pihak kepolisian mulai dihentikan.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengungkapkan, berdasarkan diskresi kepolisian, rekayasa lalu lintas one way periode arus balik Idul Fitri 1443 Hijriyah di Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang hingga Jakarta sejak Senin (9/5) pukul 02.30 WIB dihentikan. Kemudian skema contraflow untuk arus balik juga telah resmi berakhir.

"Tidak hanya one way, atas diskresi kepolisian, Jasa Marga juga telah menutup contraflow Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang sebelumnya diberlakukan di Km 72 sampai dengan Km 28 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta," tutur Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, dalam keterangannya, Senin (9/5).

Menurut Heru, sepanjang pemberlakuan one way pada periode arus mudik dan balik Lebaran, Jasa Marga mencatat jumlah kendaraan/jam tertinggi di gerbang tol utama dari Semarang menuju arah Jabotabek. Di antaranya, GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang mencapai 5.068 kendaraan per jam. Kemudian GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama mencapai 9.090 kendaraan per jam.

photo
Sejumlah kendaraan roda empat memasuki gerbang Tol Cikupa, Tangerang, Banten, Ahad (8/5/2022). Polda Banten mencatat pada periode H+5 Lebaran 2022 sebanyak 551 ribu kendaraan roda empat melintas di ruas Tol Tangerang-Merak. - (ANTARA FOTO/Fauzan)

"Jasa Marga juga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan yang terdampak pemberlakuan one way di arah sebaliknya," ujar Heru.

Jasa Marga mencatat sekitar 1,29 juta kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada periode 3-8 Mei 2022. Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama, dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

“Total volume lalin yang kembali ke wilayah Jabotabek ini naik 51,3 persen jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 856.331 kendaraan,” kata Heru.

Untuk distribusi lalu lintas masuk Jabotabek dari ketiga arah, yaitu mayoritas sebanyak 770.639 kendaraan (59,5 persen) dari arah timur (Trans Jawa dan Bandung) dan 283.914 kendaraan (21,9 persen dari arah barat (Merak). Lalu sebanyak 241.377 kendaraan (18,6 persen) dari arah selatan (Puncak). 

Lalin yang kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek mencapai 501.879 kendaraan. Angka tersebut meningkat 151,1 persen dari lalin normal.

Selanjutnya, lalin kembali ke Jabotabek dari arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang mencapai 268.760 kendaraan. Angka tersebut meningkat 42,2 persen dari lalin normal.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Semarang mencatat H+5 Lebaran atau Sabtu (7/5) menjadi puncak pergerakan kendaraan arus balik. Berdasarkan data Dishub Kabupaten Semarang, jumlah pergerakan kendaraan di ruas Tol Semarang-Solo, di wilayah Kabupaten Semarang menunjukkan grafik yang terus menurun, mulai Ahad (8/5).

Setelah memasuki puncak arus balik pada H+5 Lebaran, akumulasi pergerakan kendaraan arus balik pun menurun saat memasuki H+6 Lebaran atau Sabtu (7/5), jumlah pergerakan kendaraan di ruas Tol Semarang-Solo mulai menurun pada H+6 Lebaran atau Ahad (8/5) yang mencapai 50.688 kendaraan. 

Lancar

Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana memantau GT Palimanan Tol Cipali, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Senin (9/5). Pihaknya memastikan dari hasil pemantauan udara, arus balik di sepanjang Tol Cipali berjalan lancar. Suntana mengatakan, secara keseluruhan tidak ada kepadatan arus kendaraan dari GT Palimanan hingga GT Cikatama dan Jakarta.

"Alhamdulillah, kami bersyukur karena hingga kini arus balik berjalan lancar. Untuk kendaraan yang melintas paling banyak terjadi pada Sabtu (7/5) mencapai 170 ribu lebih kendaraan," kata Suntana.

Sementara jumlah kendaraan pada Ahad (8/5) mencapai sekitar 120 ribu kendaraan. Diprediksi hanya tersisa 60 ribu hingga 70 ribu unit kendaraan yang melintasi GT Palimanan ke arah Jakarta.

"Dalam SOP Jasa Marga, jumlah tersebut merupakan arus lalu lintas rutin yang terjadi dalam rata-rata harian normal. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat atas pengertiannya dalam situasi selama Operasi Ketupat," ujar Suntana.

Suntana memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2022. Termasuk petugas dari unsur TNI, Dishub, Satpol PP, BPBD dan lainnya.

photo
Penumpang berjalan setibanya di Terminal Kalideres, Jakarta, Senin (9/5/2022). Pada H+6 Idul Fitri 1443 H Terminal Kalideres masih ramai didatangi pemudik asal Sumatera yang kembali ke Jakarta. - (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Ia mengungkapkan, para petugas di lapangan telah berjibaku dan bersinergi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Diharapkan, waktu dan tenaga yang dicurahkan para personel mendapat balasan terbaik dari Allah SWT.

"Khusus kepada anggota Polri, saya sangat bangga atas kerja sama dengan banyak pihak yang sangat bagus selama Operasi Ketupat. Momentum sinergitas yang terjalin ini harus dijadikan role model untuk kegiatan lain," kata Suntana.

Dilihat dari angka, menunjukkan adanya peningkatan arus mudik dan balik di jalur tol maupun arteri. Suntana mengakui, penerapan one way memberikan dampak ke jalur arteri, tapi secara umum roda masih berputar dengan kecepatan 30-40 kilometer per jam.

Pihaknya menjadikan hal tersebut sebagai pengalaman berharga untuk ke depannya dalam mengurai kepadatan arus kendaraan. Caranya dengan menempatkan personel di titik rawan seperti persimpangan jalan dan lampu merah.

"Alhamdulillah, penempatan personel tersebut membuat arus kendaraan selama arus balik tetap berjalan dan tidak ada titik yang benar-benar stuck atau tidak bergerak. Tapi, sekali lagi ini berkat kerja sama semua pihak dan pengertian masyarakat," kata Suntana.  ';

Pesan Perpisahan Ramadhan

Kepergian Ramadhan meninggalkan pesan perpisahan berharga.

SELENGKAPNYA

Ekonomi Kian Pulih

BPS mencatat aktivitas produksi, konsumsi, dan investasi mengalami peningkatan.

SELENGKAPNYA

Presiden Targetkan Tiga Besar di SEA Games

Tim Indonesia yang akan berpartisipasi dalam gelaran SEA Games tahun ini berjumlah 499 atlet yang terdiri dari 313 atlet putra dan 186 atlet putri.

SELENGKAPNYA
×