Pemain Liverpool Jordan Henderson (kanan) merebut bola dari pemain Villarreal Daniel Parejo dalam pertandingan Liga Champions pada 27 April 2022. | EPA-EFE/PETER POWELL

Olahraga

Liverpool Tersandung, Tottenham Hotspur Jaga Peluang

Liverpool ditahan imbang 1-1 oleh Tottenham Hotspur di Anfield.

LIVERPOOL -- Senyum lebar yang biasa menghiasi wajah pendukung Liverpool hilang pada Ahad (8/5) dini hari WIB. Tim kesayangan mereka yang diwajibkan menyapu bersih semua laga sisa di kompetisi Liga Primer Inggris justru tersandung di kandang sendiri.

Liverpool ditahan imbang 1-1 oleh Tottenham Hotspur di Anfield setelah lebih dulu dibobol oleh Son Heung-min. Luis Diaz jadi penyelamat the Reds dari kekalahan lewat golnya pada menit ke-74.

Kendati memetik satu poin pada laga pekan ke-36 Liga Primer Inggris itu, hasil imbang bernilai kekalahan bagi the Reds. Sebab, kegagalan mengamankan tiga poin berarti jarak angka dengan Manchester City bisa makin jauh.

Liverpool saat ini memang memuncaki klasemen dengan nilai 83, unggul perhitungan gol dari Manchester City. Namun, the Citizens berpeluang kembali ke puncak dengan keunggulan tiga poin jika mengalahkan Newcastle United pada laga yang berakhir Senin (9/5) dini hari WIB.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp mengakui ada sedikit kekecewaan yang dialami timnya pascalaga kontra Spurs. Satu-satunya hal positif yang bisa diambil the Reds dari laga tersebut adalah soal mentalitas bertanding, terutama ketenangan dan kemampuan bangkit setelah sempat tertinggal.

"Para pemain mungkin lebih kecewa dari saya. Kami berada di puncak klasemen sementara, tapi kita semua tahu City tidak akan kehilangan poin pada laga sisa," ujar Klopp seperti dilansir Sky Sports, Ahad (8/5).

 
Kami berada di puncak klasemen sementara, tapi kita semua tahu City tidak akan kehilangan poin pada laga sisa
 
 

Klopp meminta para pemainnya untuk berusaha bangkit dan tetap menjaga fokus. Sebab, dalam tiga laga sisa di Liga Primer Inggris, finalis Liga Champions musim ini dijadwalkan menghadapi Aston Villa, Southampton, dan Wolverhampton Wanderers. The Reds dihadapkan pada tantangan berat soal kondisi pemain karena masih harus tampil di laga puncak Piala FA kontra Chelsea dan partai final Liga Champions menghadapi Real Madrid.

Di sisi lain, hasil imbang membuat Spurs mengakhiri rentetan 12 kemenangan beruntun Liverpool pada laga kandang di Liga Primer Inggris. Torehan satu poin ini terasa begitu krusial karena the Lilywhites tengah bersaing ketat dengan rival sekotanya, Arsenal, untuk finis di empat besar memperebutkan jatah tampil di Liga Champions musim depan. The Lilywhites hanya tertinggal satu poin dari the Gunners yang berada di peringkat keempat dengan raihan 63 poin.

Spurs tentu berharap Arsenal gagal memetik poin saat menghadapi Leeds United, Ahad (8/5) malam tadi. Dengan begitu, situasi ini akan tetap bertahan saat keduanya saling berhadapan pada laga derbi London Utara yang merupakan salah satu laga tunda Liga Primer Inggris, Jumat (13/5) dini hari WIB.

Pelatih Spurs Antonio Conte sudah menatap laga yang bakal digelar di Stadion Tottenham Hotspur tersebut. Keberhasilan mencuri poin di Stadion Anfield, tutur Conte, dapat menjadi modal bagus bagi anak-anak asuhnya untuk bisa tampil maksimal pada laga kontra Arsenal.

"Pada November silam, tidak ada yang percaya kami bisa bersaing di perebutan empat besar. Namun, ternyata kami masih bertahan di sini," kata Conte, seperti dilansir BBC.

 
Pada November silam, tidak ada yang percaya kami bisa bersaing di perebutan empat besar. Namun, ternyata kami masih bertahan di sini.
 
 

Pekan ke-36 tak hanya soal Liverpool dan Spurs, tapi juga kisah kelam Manchester United (MU). Melawat ke markas Brighton and Hove Albion di Stadion Amex, skuad Iblis Merah dipaksa menyerah 0-4 dari tuan rumah.

Dengan tinggal menyisakan satu laga sisa di pentas Liga Primer Inggris, United dipastikan akan mengumpulkan raihan poin terendah dalam satu musim kompetisi Liga Primer Inggris sejak musim 2013/2014. Tidak hanya itu, pada musim ini, United juga telah kebobolan 58 gol, terbanyak yang diderita Iblis Merah sepanjang partisipasi di Liga Primer Inggris.

Pelatih sementara MU Ralf Rangnick mengungkapkan permohonan maaf atas performa buruk timnya pada laga tersebut. "Ini benar-benar penampilan yang buruk dari menit pertama hingga akhir laga," kata Rangnick, seperti dilansir Reuters.

MU juga sudah dipastikan tidak bisa merumput di Liga Champions pada musim depan. Berada di peringkat ketujuh dengan raihan 58 poin dari 37 laga, United berharap bisa tampil di Liga Europa ataupun UEFA Conference League pada musim depan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tottenham Hotspur (spursofficial)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Meski Lewati Puncak Arus Balik, Penumpang KAI Membeludak

KAI mengimbau para penumpang menjaga barang bawaan.

SELENGKAPNYA

Seleksi Imam Masjid UEA Masih Dibuka

Para imam masjid itu juga diharapkan menjadi duta Indonesia selama berada di UEA.

SELENGKAPNYA

Pertumbuhan Ekonomi Dapat Tertekan Inflasi

Lonjakan harga komoditas memberikan dampak positif terhadap kinerja perdagangan.

SELENGKAPNYA