Sejumlah calon penumpang bus menunggu jadwal keberangkatan di Terminal Kalideres, Jakarta, Rabu (20/4/2022). Memasuki minggu ketiga bulan Ramadhan, Terminal Kalideres terpantau mulai ramai oleh pemudik dengan tujuan Padang, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan di | ANTARA FOTO/Fauzan/tom.

Bodetabek

Tarif Bus di Terminal Baranangsiang Naik

Bus tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur mengalami kenaikan tarif sebesar 100 persen.

BOGOR — Tarif bus di Terminal Baranangsiang Kota Bogor untuk tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur naik hingga dua kali lipat. Kenaikan tarif bus itu terjadi mulai 25 April 2022.

Kepala Terminal Baranangsiang Moses Lieba Ary menyebutkan, bus tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur mengalami kenaikan tarif sebesar 100 persen. Kendati demikian, dia menegaskan, kenaikan tarif ini hanya terjadi pada momen mudik Lebaran.

“Untuk (bus tujuan) Sumatra (tarif naik) 30 persen, kecuali ALS hanya naik 7 persen. Cirebon Luragung naik 15 persen dan Bandungan MGI tidak naik. Sumedang Medal Sekarwangi nggak naik,” ujar Moses ketika ditemui Republika di Terminal Baranangsiang, Kamis (28/4).

Sementara, kenaikan jumlah penumpang atau pemudik juga meningkat 100 persen. Hal itu dibandingkan dengan data sejak awal April hingga saat ini.

“Penumpang itu lebih banyak antar kota dalam provinsi (AKDP), dalam hal ini Bandung, sesama Jawa Barat. Kedua bus antar kota antar provinsi (AKAP) tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ujarnya.

Sebelum bisa berangkat mudik, Moses menegaskan, pihak terminal memeriksa status vaksin booster dari aplikasi PeduliLindungi. Sebagian besar penumpang yang akan berangkat mudik pun sudah menerima vaksin booster.

“Kalau ditemukan belum booster, kami bersama Dinkes dan Kemenkes menyiapkan tes antigen. Sebelum keberangkatan sopir dan kondektur juga sudah melakukan pemeriksaan kesehatan,” ujarnya. 

Terminal Tulungagung

Jumlah pemudik yang turun Terminal Gayatri, Tulungagung, Jawa Timur menunjukkan tren peningkatan selama beberapa hari terakhir, kata Kotsarpel Terminal Gayatri, Dukut Sismantoyo, Kamis. "Sejak Senin, awal pekan lalu itu sudah ada peningkatan penumpang yang berangkat dari Terminal Gayatri Tulungagung," papar Dukut, merujuk data penumpang naik dan turun dalam sepekan terakhir.

Sebagaimana data yang dicatat di Terminal Gayatri, pada Ahad (23/4) ada 2.661 penumpang yang berangkat. "Sedangkan pada keesokan harinya jumlah penumpang terpantau lebih banyak dibanding Ahad, yakni sebanyak 2.718 penumpang, yang rata-rata penumpang itu tujuan Surabaya." katanya.

Menurut dia, jumlah bus yang beroperasi lebih banyak pada Minggu yaitu tercatat ada 268 bus,, sedang pada Senin sebanyak 253 bus. Dukut memperkirakan, puncak kedatangan penumpang di Terminal Gayatri terjadi mulai Kamis (28/4) hingga Ahad (1/5). Sebab pada Jum'at (29/4) sudah masuk cuti bersama yang ditetapkan pemerintah. "Kalau sebelum pandemi, puncaknya biasanya H-2 lebaran," kata Dukut.

Momentum mudik ini juga dimanfaatkan pengelola otobus untuk menaikkan tarif khusus. Bus AKDP menggunakan ketentuan gubernur untuk tarif atas dan bawah.Tarif untuk Tulungagung-Surabaya serta sebaliknya dipatok di rentang Rp17.000 hingga Rp27.500.

"Bus AKDP bebas memainkan tarif asal masih di rentang yang diperbolehkan itu," katanya.aKenaikan tarif terjadi pada bus AKAP (antarkota antarprovinsi) dan bus patas."Kalau itu hubungannya dengan pelayanan di masing-masing P.O," katanya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Kemacetan di Merak Perlu Perhatian Serius

Kemenhub dan ASDP diminta berkoordinasi membahas kemungkinan penambahan jadwal penyeberangan Merak.

SELENGKAPNYA

TNI AL Tangkap Dua Kapal Tanker Bermuatan Minyak Sawit

Kapal tanker ini diduga melakukan pelanggaran dokumen yang berbeda dengan dokumen yang lain.

SELENGKAPNYA

Menaker: Klaim Dana JHT Lima Hari Cair

Pekerja yang tak mencairkan dana JHT-nya saat terkena PHK dapat melanjutkan kepesertaan.

SELENGKAPNYA