Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (kiri) didampingi Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Toni Harmanto (kedua kanan) dan Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Rama Suhut (kedua kiri) melakukan sidak di SPBU | ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.

Ekonomi

Sumbagsel Jadi Potensi Baru Ekonomi RI

Sumbagsel dapat memaksimalkan potensi SDA dan pangan.

JAKARTA — Pengembangan Sumatra bagian selatan (Sumbagsel) menjadi salah satu fokus Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sumbagsel dinilai sebagai kawasan menarik dan berpotensi menjadi kekuatan baru perekonomian Indonesia. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan komitmennya mendukung pengembangan Sumbagsel. Erick menyampaikan, Indonesia memang harus merajut hubungan dengan Asia Tenggara, tapi juga perlu melihat lebih dalam pada potensi yang ada di lingkup daerah. 

Erick menilai, hal ini sejalan dengan tren globaliasisi yang berubah menjadi regionalisasi. "Kita tidak mungkin terus bersandar pada ekonomi di Jawa, nah Sumbagsel ini kawasan menarik," kata Erick di Jakarta, Sabtu (16/4).

Erick mengatakan, Indonesia akan menjadi sebuah kekuatan ekonomi yang tentunya harus memiliki peta jalan sendiri, yakni dalam hal hilirisasi sumber daya alam (SDAL) dan isu pangan. Data dunia menunjukkan, harga pangan akan terus naik dan tidak akan turun lagi sampai 2030. Erick menilai, Indonesia harus memiliki strategi dalam menghadapi tantangan gejolak pangan tersebut.

"Kita negara importir minyak. Pertanyaannya, apakah kekuatan SDA atau pangan kita yang sekarang banyak diekspor bisa bertahan lama selama harga minyak masih mahal. Artinya, surplus perdagangan kita yang hari ini sampai Rp 300 triliun ini pun akan terancam ketika BBM kita terus setinggi hari ini, tetapi income dari SDA dan pangannya akan menurun," kata Erick.

Erick menyebut, hal ini menjadi kesempatan bagi Sumbagsel untuk memaksimalkan potensi SDA dan pangan. Erick mengajak Sumbagsel mengubah pola pikir agar tak terus menerus terjebak pada ekspor raw material SDA. 

"Kita salah produsen timah terbesar di dunia, yang selama ini Indonesia di semua SDA masih terjebak mindset jual raw material, masih 50 persen, padahal tetangga-tetangga sudah bisa menekan di bawah 20 persen," kata Erick.

Erick mengatakan, Sumbagsel juga harus mulai berpikir melakukan hilirisasi pada setiap potensi SDA. Erick menilai, Bangka Belitung (Babel) mempunyai peluang besar menjadi kawasan industri terpadu lantaran memiliki potensi timah yang besar. 

"Presiden sudah bekerja keras untuk bisa menarik investor dari luar negeri untuk menggeser semikonduktor ke Indonesia. Ini perlu timah. Babel kalau fokus di sini dengan seluruh ekosistem, hasilnya akan luar biasa," kata Erick.

Erick mencontohkan, kawasan industri terpadu Batang, Jawa Tengah, yang sudah terinvestasi sebesar 2.000 hektare (ha) dari total luas area sebesar 4.600 ha dalam waktu hanya dua tahun. Erick mengatakan, masuknya investasi akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga mendukung upaya akselerasi konektivitas di wilayah Sumbagsel dengan membangun infrastruktur transportasi melalui skema pendanaan kreatif, baik melalui kerja sama dengan BUMN maupun swasta. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sejumlah pembangunan infrastruktur transportasi yang tengah dilakukan di Sumbagsel, di antaranya, Pelabuhan Tanjung Carat di Sumsel, Pelabuhan Panjang di Lampung, dan Pelabuhan Ujung Jabung di Jambi.

“Saya dan Pak Erick (Menteri BUMN) kompak untuk membangunnya tidak pakai APBN. Begitupun dengan Bu Menkeu, bahwa kita menggalakkan swasta untuk aktif membangun infrastruktur yang potensial ini. Kalau ada swasta yang sudah masuk, baru saya sampaikan ke Menteri PUPR untuk membangun akses jalannya,” kata Budi.

Budi mengungkapkan, untuk meningkatkan konektivitas dari dan menuju Provinsi Bengkulu akan dioptimalkan melalui pembangunan tol laut yang biayanya akan lebih rendah dibandingkan membangun infrastruktur kereta api. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Bulan Belajar Alquran

Ramadhan itu bulan pendidikan dan pelatihan. Termasuk di dalamnya untuk kembali belajar mendalami Alquran.

SELENGKAPNYA

Negara Arab Kecam Serangan Israel ke al-Aqsha

Kecaman juga datang dari negara-negara Arab yang melakukan normalisasi diplomatik dengan Israel.

SELENGKAPNYA

Pemda Siapkan THR

Kemendagri meminta kepala daerah segera mengeluarkan peraturan terkait THR dan gaji ke-13.

SELENGKAPNYA