Penyedia jasa perawatan tubuh dan rambut melayani konsumen di salah satu salon kecantikan di Malang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. | ANTARA FOTO

Bugar

15 Apr 2022, 20:55 WIB

Dapatkan Manfaat dari Perawatan Tubuh

Bahan-bahan alami mengandung manfaat yang besar dan umumnya aman bagi kesehatan tubuh.

OLEH SANTI SOPIA, UMI NUR FADHILAH

 

Kesehatan tubuh diawali dengan merawat kebersihan badan. Perawatan ini perlu dijalankan oleh setiap orang, terutama mereka yang tinggal di daerah tropis, seperti Indonesia.

Di samping cuacanya yang menyengat, lingkungan pun memberikan pengaruh yang buruk bagi kesehatan kulit tubuh. Itu sebabnya, mandi dan merawat kebersihan kulit tubuh menjadi penting.

Mandi dengan air dan sabun di pagi hari bisa memberi manfaat untuk membuat tubuh lebih semangat melakukan berbagai aktivitas. Mandi air hangat ada manfaatnya, yaitu membuat tubuh rileks dan memunculkan rasa kantuk, menurut Wellness Workdays, 2020.

photo
Mandi dengan air dan sabun di pagi hari bisa memberi manfaat untuk membuat tubuh lebih semangat melakukan berbagai aktivitas - (Pixabay)

Asst Country Marketing Manager Unilever International for St Ives Indonesia Tamara Adys Nabila mengatakan, sabun mandi perlu dipilih yang mengandung bahan alami yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. “Bahan alami yang ada di St Ives Body Wash terbuat dari 100 persen ekstrak bahan alami dengan varian beragam sesuai kebutuhan kulit,” kata Tamara. 

Bahan alami, yang teruji secara dermatologis aman bagi semua kulit, kata dia, membuat tubuh terasa segar, dan kandungannya dapat merawat dan mencerahkan kulit. Dia mencontohkan, kulit kusam dan warna tak merata muncul akibat paparan sinar matahari dan penumpukan sel kulit. Bahan alami ekstrak aprikot dalam sabun St Ives mampu mengangkat kulit mati sekaligus menghidrasinya. 

photo
Seorang pasien merawat wajah menggunakan teknologi ‚High Intensity Focused Ultrasound‚(HIFU) di klinik kecantikan Immoderma, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (22/10/2019).. ANTARA FOTO/Aji Styawan/hp. - (AJI STYAWAN/ANTARA FOTO)

Kandungan garam laut dan pacific kelp pada St Ives Purifying Sea Salt & Pacific Kelp Body Wash dapat menghaluskan kulit dan mencegah jerawat punggung (backne). Bahan alami lainnya adalah lidah buaya dan air mawar pada St Ives Rose Water & Aloe Vera Body Wash yang melembapkan dan menutrisi kulit. Aroma floral dari mawar yang lembut juga akan meningkatkan suasana hati Anda setelah mandi.

Mandi juga bermanfaat bagi kesehatan kulit ketiak. Kulit bagian ini lebih halus, tipis, terdapat kelenjar keringat, dan banyak mengandung folikel rambut dibandingkan bagian lainnya. Itu sebabnya, area ini rawan iritasi, infeksi, juga bau badan. Karena itu, perlu perawatan khusus untuk kulit ketiak.

 
Kulit ketiak itu lokasinya unik, karena di lipatan, tertutup jadi sering terlupakan. Karena unik inilah sebenarnya butuh perhatian dan perawatan khusus.
 
 

“Kulit ketiak itu lokasinya unik, karena di lipatan, tertutup jadi sering terlupakan. Karena unik inilah sebenarnya butuh perhatian dan perawatan khusus,” kata dokter spesialis kulit Nessya Dwi Setyorini, tiga bulan lalu. Kulit ketiak yang sehat akan terasa nyaman, warna kulit merata, dan kenyal. 

Seperti kulit tubuh lainnya, Nessya mengatakan, kulit ketiak juga berperan sebagai pelindung dari gesekan, cuaca, racun, bakteri, atau risiko dehidrasi. Sebagian perempuan kurang nyaman dengan bulu ketiaknya dan kerap menghilangkannya dengan mencabuti atau mencukurnya. “Tindakan-tindakan ini mengikis lapisan alami kulit terluar ketiak, sehingga melemahkan barrier itu, sehingga mudah iritasi,” ujar Nessya.

Kulit ketiak menghitam (hiperpigmentasi) muncul akibat iritasi dan obesitas. Selain menghitam, juga kerap muncul bintik-bintik hitam (//chicken skin//) akibat perilaku mencabuti bulu ketiak. Masalah lainnya adalah infeksi kulit, seperti jerawat, akibat luka yang ditempeli bakteri atau jamur.

photo
Kulit ketiak itu lokasinya unik, karena di lipatan, tertutup jadi sering terlupakan. Karena unik inilah sebenarnya butuh perhatian dan perawatan khusus - (Pixabay)

Karena itu, kata Nessya, mandi rutin dengan sabun menjadi perawatan kulit yang tepat, lalu gantilah pakaian sehari dua kali atau sesuai aktivitas. “Untuk mencukur, gunakan yang elektrik, jadi mengurangi tekanan di area kulit ketiak,” kata dia.

Kalaupun mencukur, dia menyarankan menggunakan pisau cukur yang tajam dan diganti secara rutin. Aplikasikan busa atau losion untuk memudahkan mencukur. 

Perawatan kulit ketiak dapat dilakukan dengan mengaplikasikan pelembap dan deodoran. Hindari bahan yang mengandung iritan dan alkohol serta pengawet berlebihan. Berikutnya, kata Nessya, adalah menjaga berat bada dan melakukan peeling untuk mencerahkan kulit yang menghitam.

Perawatan ketiak ini jadi perhatian Nivea dengan produk Nivea Brightening Range 8 Superfood Deodorant. “Kami secara khusus memformulasikan rangkaian deodoran terbaru ini dengan memanfaatkan keahlian Nivea dalam memberikan perawatan terbaik untuk kulit,” kata Senior Brand Manager NIVEA Deodorant Sabrina Diandra.

Kandungan di dalamnya adalah ekstrak delapan superfood dan microvitamin C. Variannya mengandung bahan tambahan lain. Pertama, Extra Brightening dengan tambahan ekstrak licorice; Brightening Happy Shave dengan pro vitamin B5; Brightening Antibakteri dengan anti-bac ACH (aluminium chlorohydrate); serta Brightening Silk Touch dengan kaolin.

photo
Perawatan gigi dan mulut menjadi penting untuk mendukung keseharian anak-anak. - (Pixabay)

Rawat Gigi Sejak Dini

 

Sebagian anak-anak, terutama di atas usia tujuh tahun, sudah mulai ikut berpuasa di bulan Ramadhan. Saat berpuasa, boleh jadi mereka merasakan mulut yang kurang nyaman. Itu sebabnya, perawatan gigi dan mulut menjadi penting untuk mendukung keseharian mereka. 

Perawatan gigi sejatinya perlu dilakukan sejak dini, bahkan sejak gigi pertama tumbuh pada bayi. Dokter Spesialis Kedokteran Gigi Anak drg Eka Sabaty Shofiyah Sp KGA mengatakan, masalah sejak kecil memengaruhi susunan gigi saat dewasa.

“Kerusakan masa kecil akan memengaruhi susunan gigi saat dewasanya juga. Kalau harapannya gigi anak rapi, harus ditunjang dengan kesehatan gigi baik sejak kecil,” kata Eka.

photo
Dokter sedang memeriksa kesehatan gigi anak di OMDC Playground, Jakarta Selatan, Rabu (30/3). Pembukaan OMDC Playground ini menyediakan fasilitas bermain dan kesehatan untuk anak dalam satu atap. Foto: Tahta Aidilla/Republika - (Tahta Aidilla/Republika)

Untuk mencegah masalah gigi dan mulut secara dini adalah dengan rutinkan menyikat gigi, perhatikan pola makan, juga membatasi permen dan cokelat. Itu sebabnya, orang tua perlu mencari produk sikat ataupun pasta gigi yang dirasa nyaman untuk anak. Dia menyarankan untuk memilih sikat yang halus dan pasta gigi ber-fluoride dan hydroxyapatite guna mencegah gigi berlubang dan melemah.

Perawatan gigi dengan kontrol rutin ke dokter gigi juga diperlukan. Menurut Eka, perawatannya direkomendasikan paling telat di usia satu tahun. Sejak sebelum tumbuh gigi, intervensi pencegahan sudah dilakukan. “Kalau giginya rusak tentu akan kurang percaya diri. Mulut itu sumber kenyamanan jadi diperhatikan sejak dini,” tambah Eka.

 
Kalau giginya rusak tentu akan kurang percaya diri. Mulut itu sumber kenyamanan jadi diperhatikan sejak dini
 
 

Guna memenuhi kebutuhan orang tua untuk pasta gigi buah hatinya, Momami meluncurkan produk terbarunya, yaitu dua jenis pasta gigi Giggly Toothpaste Non-Flouride, Giggly Toothpaste Flouride, dan semprotan gigi Sparkly Tooth Spray.

Vice President Momami Lina Paulina mengatakan, anak akan belajar merawat bagian-bagian tubuh mereka dari orang tuanya. Karena itu, orang tua perlu memberi contoh dan memilihkan produk yang aman bagi buah hatinya. Produk Oral Care Series Momami, kata dia, disiapkan dengan bahan aman, seperti tanpa gula buatan, bebas dari SLS, serta telah dikonsultasikan dengan dokter gigi.

photo
Tim medis Rumah Sakit Gigi dan Mulut Soelastri memeriksa kesehatan gigi siswa SMP Al-Azhar Syifa Budi di Solo, Jawa Tengah, Rabu (23/3/2022). Kegiatan yang digelar untuk memperingati World Oral Health Day tersebut diisi penyuluhan dan skrining kesehatan gigi serta mulut sebagai edukasi bagi siswa setempat sejak dini. - (ANTARAFOTO/Maulana Surya/foc.)

Selain merawat kesehatan gigi dan gusi, rangkaian perawatan mulut Momami ini menyegarkan dan mengurangi bau mulut. Hal inilah yang menjadi perhatian Dewi Sandra dalam memilih produk bagi kedua buah hatinya, Raphael Moeis dan Mikhael Moeis. Kedua anaknya ini kadang menolak menyikat gigi. "Aku bilang, mau makan harus sikat gigi. Nggak mau sikat gigi, nggak usah makan,” kata Sandra.

Menurut dia, kunci perawatan gigi adalah konsistensi. “Karena kalau bolong-bolong, mereka juga pasti mikir nanti orang tua aku lupa deh,” ujar Sandra.

Dia memilih produk perawatan gigi dan rutin memeriksakannya ke dokter. Buat Sandra, gigi jika tidak dirawat dari awal maka akan kurang bagus saat dewasa nanti.


Suguhkan Hidangan tanpa Digoreng

Banyak pakar dan ahli kuliner menyarankan agar mengurangi masakan yang digoreng selama berpuasa.

SELENGKAPNYA

Ibn Mas'ud: Kecil Tubuhnya, Jembar Imannya

Iman menumbuhkan keyakinan untuk berani membela agama Allah.

SELENGKAPNYA

Ekonomi Asia di Tengah Ketidakpastian

Bank Dunia pesimistis. Asian Development Bank optimistis. Asia masih menjadi kawasan ekonomi paling dinamis di dunia.

SELENGKAPNYA
×