Calon penumpang antri di konter lapor diri (check in) Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (3/12/2021). PT Angkasa Pura II (AP II) bekerja sama dengan GMR Airports Consortium sebagai mitra strategis untuk mengembangkan Bandara Kualanamu | ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/nym.

Ekonomi

Angkasa Pura II Catat Peningkatan Penumpang Hingga 65 Persen

Angkasa Pura II memastikan per Rabu (12/4), Terminal 1 melayani penumpang pesawat rute domestik.

JAKARTA — PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat kenaikan penumpang pada kuartal I 2022 yang cukup signifikan. Sepanjang Januari-Maret 2022, jumlah pergerakan penumpang pesawat di 20 bandara yang dioperatori AP II secara kumulatif tercatat 11,71 juta penumpang. 

“Angka ini naik signifikan sekitar 65 persen dibandingkan dengan Januari-Maret 2021 sebanyak 7,07 juta penumpang,” kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam pernyataan tertulis yang diterima Republika, Rabu (13/4).

Sejalan dengan peningkatan penumpang pesawat, Awaluddin mengatakan pergerakan pesawat turut mengalami peningkatan. AP II mencatat pergerakan pesawat pada periode tersebut naik 11 persen menjadi 106.860 penerbangan.

“Peningkatan lalu lintas penerbangan sejalan dengan terjaganya keyakinan penumpang pesawat untuk menggunakan transportasi udara, salah satunya karena upaya dalam menerapkan protokol kesehatan di bandara serta penyesuaian operasional guna memastikan kelancaran penerbangan di bandara,” kata Awaluddin. 

Awaluddin menambahkan, pada Maret 2022, penanganan Covid-19 di Indonesia yang didukung program vaksinasi booster berjalan sangat baik sehingga saat ini pandemi dapat terkendali dengan baik. Awaluddin menilai, hal tersebut membuat sektor pariwisata sudah mulai dibuka dan direspons baik oleh para penumpang pesawat.

AP II mencatat peningkatan pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 88 persen. Peningkatan tersebut dari empat juta penumpang pada Kuartal I 2021 menjadi 7,53 juta penumpang pada Kuartal I 2022. “Tren positif lalu lintas penerbangan ini membuat AP II mengaktifkan kembali Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta mulai 1 April 2022 untuk mendukung Terminal 2 dan Terminal 3,” kata Awaluddin. 

AP II memastikan per Rabu (12/4), Terminal 1 melayani penumpang pesawat rute domestik. Penerbangan domestik tersebut dioperasikan oleh maskapai Airfast, Super Air Jet, Sriwijaya Air, NAM Air, dan AirAsia Indonesia.

Awaluddin menegaskan, Bandara Soekarno-Hatta tetap beroperasi 24 jam setiap hari untuk melayani berbagai penerbangan. “AP II dan seluruh stakeholder menjaga agar Bandara Soekarno-Hatta dapat berkontribusi signifikan dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional,” kata Awaluddin. 

Awaluddin mengatakan, tren positif pada tiga bulan pertama tahun ini menandakan sektor penerbangan nasional mulai berangsur pulih embali, bahkan lebih lebih cepat dibandingkan dengan global karena pasar domestik Indonesia yang sangat besar. “Ditambah, saat ini penerbangan internasional juga sudah dibuka untuk mendukung pariwisata di dalam negeri. Kami berharap situasi pandemi tetap terkendali sehingga tren positif dapat terus berlanjut,” ujar Awaluddin. 

Di tengah pandemi Covid-19, Awaluddin memastikan seluruh bandara AP II beroperasi dengan menerapkan regulasi yang diterbitkan oleh kementerian atau lembaga terkait.

Beberapa aturan tersebut, yakni daru Satgas Penanganan Covid-19, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, serta Kementerian Hukum dan HAM. AP II melakukan persiapan guna mendukung kelancaran Angkutan Lebaran 2022 yang direncanakan selama 22 hari yakni pada 22 April - 13 Mei 2022.

Awaluddin mengatakan, periode Angkutan Lebaran menjadi perhatian penuh AP II dan seluruh pemangku kepentingan. “Lalu lintas penerbangan diperkirakan meningkat karena antusiasme masyarakat untuk mudik sehingga diperlukan fokus yang lebih dari seluruh stakeholder guna menjaga standar layanan, keamanan, dan keselamatan,” kata Awaluddin.

Pada Angkutan Lebaran 2022, AP II menyiagakan sekitar 5.500 personel di 20 bandara yang bertugas sebagai Airport Rescue & Fire Fighting, Apron Movement Control, Aviation Security, BKO TNI & Polri, Customer Service, Terminal Inspection Services, Airport Operation Control, Medical Service dan lain sebagainya.

Adapun, penataan operasional Bandara Soekarno-Hatta dilakukan melalui Airport Operation Control Center (AOCC) dan Airport Infrastructure Control Center (AICC) yang didukung perangkat digital terkini.

Selanjutnya, Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara jangkar penerbangan domestik, penataan sistem penerbangan dilakukan melalui penerapan Airport Collaborative Decision Making (A-CDM) guna menjaga pergerakan pesawat tetap optimal.

“Bandara-bandara AP II dilengkapi dengan infrastruktur digital sehingga dapat cepat beradaptasi dengan situasi terkini di tengah pandemi. Ketika lalu lintas penerbangan meningkat, kami bisa secara cepat melakukan berbagai persiapan,” ujarnya.

Awaluddin mengatakan, sebagai bagian dari penataan aspek operasional di Bandara Soekarno-Hatta, mulai April 2022, Terminal 1 kembali diaktifkan guna melayani penerbangan. “Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 aktif di mana ini akan mendukung kelancaran Angkutan Lebaran dan protokol kesehatan,” ujar Awaluddin.

Jumlah pergerakan pesawat dan penumpang pada Angkutan Lebaran 2022 ini akan meningkat dibandingkan hari-hari biasa, tetapi diperkirakan masih lebih rendah dibandingkan dengan periode Angkutan Lebaran dalam kondisi normal yakni pada 2018 dan 2019.

Sementara itu, Director of Operation AP II Muhamad Wasid mengatakan, perseroan juga  mempersiapkan Posko Angkutan Lebaran 2022 di seluruh bandara. Posko Angkutan Lebaran dibuka pada 22 April - 13 Mei 2022 sebagai wadah koordinasi seluruh stakeholder bandara antara lain Satgas Covid-19, Otoritas Bandara, AP II selaku operator bandara, maskapai, Karantina, Imigrasi, Bea dan Cukai, TNI, Polri, serta pemerintah daerah setempat.

Bandara AP II saat ini juga telah menerapkan persyaratan penerbangan sesuai Surat Edaran Nomor SE 36 Tahun 2022 yang berlaku berlaku mulai 5 April 2022. Guna mendukung penerapan persyaratan penerbangan sesuai SE 36/2022, bandara AP II berkoordinasi dengan KKP Kemenkes dan pihak lain seperti maskapai secara bertahap akan membuka sentra vaksinasi booster bagi calon penumpang pesawat angkutan Lebaran.

Saat ini, bandara yang sudah membuka sentra vaksinasi booster, antara lain, Bandara Minangkabau (Padang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Sultan Iskandar Muda (Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang), dan akan menyusul bandara-bandara lainnya. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Perjuangan Halimah, Perempuan 100 Tahun Menuju al-Aqsa

Halimah sangat bersyukur dapat melaksanakan shalat di masjid al-Aqsa.

SELENGKAPNYA

Gaji Guru Honorer Kota Bogor Mulai Diproses

Sebanyak 486 guru honorer SD dan SMP di Kota Bogor belum menerima gaji sejak awal 2022.

SELENGKAPNYA

Lagi-Lagi Benzema

Benzema selalu cemerlang karena menciptakan gol spektakuler.

SELENGKAPNYA