Ribuan orang bahu membahu untuk membersihkan kompleks Masjid al-Aqsha di Palestina. Kerja bakti itu sudah menjadi tradisi dalam beberapa tahun terakhir. | DOK AP MAHMOUD ILLEAN

Khazanah

Perjuangan Halimah, Perempuan 100 Tahun Menuju al-Aqsa

Halimah sangat bersyukur dapat melaksanakan shalat di masjid al-Aqsa.

Hajah Halimah bergabung dengan 80 ribu jamaah ketika shalat di Masjid al-Aqsa pada Jumat pertama Ramadhan. Kehadirannya cukup menyita perhatian karena usianya yang sudah mencapai 100 tahun. 

Dilansir di laman Alaraby pada Selasa (12/4), Halimah merupakan penduduk Hebron, yang lahir 28 tahun sebelum kehadiran Israel. Dari kursi rodanya, Halimah yang kala itu mengenakan pakaian hitam tersenyum menuju masjid yang berlokasi di jantung Yerusalem.

Halimah tidak bisa berjalan. Dia berangkat dari kediamannya pada Jumat pagi ke masjid dan tiba pada siang hari untuk menunaikan shalat. 

Dia berhasil melakukannya meskipun polisi Israel dan pasukan keamanan menutup akses ke kota tua Yerusalem. Jamaah harus menempuh rute yang jauh lebih jauh untuk mencapai situs suci tersebut.

Shalat Jumat selama Ramadhan dapat menarik lebih dari 200 ribu orang di al-Aqsa, meskipun Israel secara rutin mencoba membatasi akses jamaah ke masjid itu.

Pada Ramadhan tahun lalu, pasukan Israel membubarkan protes damai Palestina dan ibadah shalat di al-Aqsa. Itu terjadi setelah beberapa keluarga di lingkungan Syekh Jarrah di Yerusalem Timur yang diduduki menghadapi pemindahan paksa, ketika pemukim mencoba mengambil alih rumah mereka.

Tidak hanya di al-Aqsa, umat Islam juga memenuhi Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Selama 10 hari pertama Ramadhan, masjid tersebut didatangi 6,4 juta orang. Tercatat juga, ada 132.345 jamaah yang bisa sholat di dalam al-Rawdah al-Sharifah.

Dilansir dari Riyadh Daily, Badan Kepresidenan Umum Urusan Masjid Nabawi tetap mementingkan pelayanan kepada para tamu Masjid Nabawi. Salah satunya dengan distribusi air zamzam yang mencatatkan lebih dari 1,3 juta botol air telah dibagikan kepada pengunjung Masjid Nabawi. 

Otoritas Masjid Nabawi juga telah menyediakan lebih dari 1.299.510 makanan lengkap dan kemasan kepada orang-orang yang berpuasa. Semua layanan ini diklaim sebagai bentuk semangat kepresidenan untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung dan pengembangan sistem layanan sesuai perintah Kerajaan Arab Saudi. 

Di Makkah, Presiden Umum Urusan Masjid al-Haram dan Masjid Nabawi Syekh Abdulrahman al-Sudais menyebut, dua Masjid Suci tersebut menunjukkan peningkatan kualitas dalam melayani jamaah dan juga aspek teknis. Hal ini sangat berkontribusi untuk membantu jamaah melakukan ibadah ataupun umrah mereka dengan mudah dan nyaman.

Dilansir di laman Saudi Gazette, al-Sudais berterima kasih kepada Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota atas dukungan tak terbatas yang diberikan untuk dua Masjid Suci dan pengunjungnya. Rencana operasional besar untuk Ramadhan yang meliputi Masjid al-Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah pada Senin (21/3/2022) diresmikan oleh pejabat pemerintah Saudi.

Presiden dari Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci Abdulrahman al-Sudais mengumumkan peluncuran salah satu operasi terbesar yang pernah ada di dua lokasi untuk bulan suci.

Dilansir di laman Arab News pada Kamis (24/3), dia menyampaikan, meskipun ada pelonggaran bertahap tindakan pencegahan terhadap Covid-19, kesehatan dan keselamatan praktik akan terus diterapkan.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

ASDP Optimistis 2022 Lebih Baik

ASDP mengantisipasi pergerakan pemudik pada tahun ini.

SELENGKAPNYA

WIKA Catat Kontrak Baru Rp 9,28 Triliun

WIKA mendapat kepercayaan Kemenhub mengerjakan konstruksi terintegrasi Bandara Halim.

SELENGKAPNYA

Kontroversi Pembongkaran Masjid Al Hurriyyah di Samping MNC

Fraksi PKS DPRD DKI juga bakal memanggil pengurus Masjid Al Hurriyyah, Kantor Urusan Agama (KUA) Menteng, dan Wali Kota Jakpus Dhany Sukma.

SELENGKAPNYA