Penumpang menaiki kereta api Airlangga jurusan Surabaya Pasarturi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Ahad (10/4/2022). Memasuki pekan kedua bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, Stasiun Pasar Senen terpantau mulai dipadati sejumlah pemudik yang didominasi tujua | Republika/Thoudy Badai

Kabar Utama

Antisipasi Kebutuhan BBM untuk Mudik

Antisipasi diperlukan karena krisis solar subsidi di sejumlah daerah dan antrean Pertalite.

JAKARTA – Puluhan juta pemudik pada Idul Fitri 2022 diprediksi akan menempuh jalur darat. Pemerintah diminta memastikan kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) tercukupi agar mudik berlangsung dengan aman dan nyaman.

Antisipasi diperlukan karena krisis solar subsidi di sejumlah daerah dan antrean Pertalite terjadi setelah kenaikan harga Pertamax beberapa pekan lalu. Lonjakan kebutuhan BBM secara signifikan dipastikan akan terjadi setelah Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri merilis hasil risetnya yang memperkirakan akan ada 85 juta orang mudik pada tahun ini. Dari jumlah tersebut, sebanyak 47 persen menggunakan akses jalan darat. Kebutuhan BBM pun menjadi hal krusial.

PT Pertamina (Persero) menyiapkan pasokan BBM untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang mayoritas akan melalui jalur darat. Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution, mengatakan, Pertamina membentuk Satgas Ramadhan Idul Fitri (RaFi) pada tahun ini untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan BBM.

“Pertamina terus mengamankan suplai pasokan dan proses produksi sepanjang bulan April dan Mei, memastikan stok selalu dalam keadaan aman dan mencukupi kebutuhan masyarakat,” ujar Alfian kepada Republika, Senin (11/4).

photo
Warga membawa jeriken antre untuk membeli bahan bakar minyak (BBM) di salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kota Kupang, NTT, Selasa (5/4/2022). PT Pertamina menyatakan bahwa stok BBM jenis Pertalite di NTT masih aman dan cukup untuk 10 hingga 15 hari ke depan. - (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/rwa.)

Alfian mengatakan, pada arus mudik tahun ini, konsumsi Pertalite diproyeksikan akan mengalami peningkatan sebesar 11 persen. Sementara itu, avtur atau bahan bakar untuk pesawat akan naik 11 persen. “Untuk produk lain seperti Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, Dexlite, dan solar subsidi diproyeksikan akan sedikit menurun,” ujar dia.

Kenaikan konsumsi juga diprediksi akan terjadi pada elpiji yang diperkirakan mencapai 3 persen. Hingga 9 April, rata-rata ketahanan stok seluruh produk BBM di atas 16 hari, sedangkan elpiji 13 hari dan avtur di atas 33 hari. Untuk mengantisipasi kebutuhan selama momentum mudik, kata Alfian, Pertamina menyiagakan 114 terminal BBM, 23 terminal elpiji, 68 depot pengisian pesawat udara (DPPU), dan lebih dari 7.400 SPBU.

“Pertamina berkomitmen dan siap menyediakan seluruh kebutuhan energi masyarakat sepanjang Ramadhan hingga Idul Fitri, kami imbau masyarakat tidak perlu khawatir,” ujar Alfian.

Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, 85 juta pemudik bukan jumlah yang kecil. Menurut dia, mudik akan berhasil dengan situasi yang aman dan kondusif jika masyarakat bersama-sama dengan petugas saling membantu mengomunikasikan hal-hal yang menjadi penghambat.

photo
Calon penumpang kereta Api Airlangga jurusan Surabaya Pasarturi mengantre saat jam keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Ahad (10/4/2022). Memasuki pekan kedua bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, Stasiun Pasar Senen terpantau mulai dipadati sejumlah pemudik yang didominasi tujuan Jawa Timur.  - (Republika/Thoudy Badai)

Firman mengatakan, dari hasil rapat koordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mempersiapkan pengamanan dan fasilitas mudik Lebaran 2022, jalur darat masih menjadi prioritas pengamanan dan pelayanan selama mudik maupun arus balik. Dalam pekan ini, pematangan tentang pola pengamanan dan inventarisasi persoalan persiapan mudik akan dilakukan. “Kami akan mengeluarkan pengumuman resmi, mudah-mudahan dalam pekan ini,” ujar dia.

PT Jasa Marga (Persero) memproyeksikan kendaraan yang melintas di tol pada masa mudik Lebaran 2022 akan meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, kendaraan yang melintas di tol pada masa mudik tahun ini akan melebihi 2,5 juta kendaraan.

Dwimawan menjelaskan, pada masa mudik Lebaran 2019, jumlah kendaraan yang melintas di tol Jasa Marga mencapai 2,5 juta kendaraan. Lalu, pada masa mudik 2020, jumlahnya turun menjadi 40 persen, hanya sekitar 900 ribu kendaraan. Pada 2021, total kendaraan yang melintas di tol Jasa Marga mencapai 1,4 juta kendaraan. “Angka itu masih 60 persen dari 2019,” ujar Dwimawan.

Berdasarkan survei Balitbang Kemenhub, dari lima moda terbanyak yang dipilih pemudik, sebanyak 26,8 persen atau 22,9 juta orang menggunakan kendaraan pribadi, lalu sebanyak 19,8 persen atau 16,9 juta orang memilih menggunakan sepeda motor. Selanjutnya, 16,6 persen atau 14,1 juta orang memilih menggunakan bus. Sisanya yakni 10,4 persen atau 8,9 juta orang memilih menggunakan pesawat. Lalu, 8,9 persen atau 7,6 juta orang memilih menggunakan kereta api antarkota.

Jalur alternatif

Jasa Marga (Persero) mengimbau masyarakat yang akan mudik Lebaran dapat merencanakan perjalanannya dengan baik, khususnya dengan mempertimbangkan waktu perjalanan saat puncak arus mudik dan balik. Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 29 April 2022, sedangkan puncak arus balik akan terjadi pada 8 Mei 2022.

Dwimawan mengimbau pemudik yang berencana ke kampung halaman melalui jalan tol untuk menghindari waktu-waktu krusial tersebut. Pemudik diimbau untuk menghindari perjalanan pada saat puncak arus mudik dan balik.

Dia menambahkan, Jasa Marga juga akan mengoptimalkan kapasitas jalur tol. Sejumlah upaya untuk meningkatkan kapasitas lajur saat ini terus dikejar. “Ini di antaranya adalah memfungsikan pelebaran satu lajur di sepanjang Kilometer 61 sampai Kilometer 50 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, dari tiga lajur menjadi empat lajur,” kata Dwimawan.

Selain itu, Jasa Marga juga mempersiapkan jalur alternatif Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Sadang hingga Kutanegara sepanjang 8 km. Fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan merupakan alternatif pada arus balik jika terjadi kepadatan di Simpang Susun Dawuan yang merupakan titik pertemuan arus lalu lintas dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Cipularang.

photo
Warga melambaikan tangan kepada orantuanya yang hendak mudik ke Surabaya menggunakan kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Ahad (10/4/2022). - (Republika/Thoudy Badai)

“Jalur ini (alternatif Jakarta-Cikampek II Selatan—Red) perlu diantisipasi oleh masyarakat karena akan keluar di jalan arteri Karawang Timur, kemudian melanjutkan kembali masuk ke jalan tol melalui GT Karawang Timur dan GT Karawang Barat,” ujar dia.

Dwimawan menambahkan, berdasarkan hitungan V/C ratio atau perbandingan kendaraan dengan kapasitas lajur yang melebihi kondisi normal, rekayasa lalu lintas dibutuhkan untuk memaksimalkan kapasitas jalan. Rekayasa tersebut misalnya dengan contraflow, one way, dan ramp check yang akan dilaksanakan sesuai diskresi kepolisian. 

Anggaran mudik gratis

Pendaftaran mudik gratis bus dan truk untuk mengangkut sepeda motor yang difasilitasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah dibuka pada 9 April 2022. Selama tiga hari pendaftaran, Kemenhub memutuskan, menambah anggaran mudik gratis tersebut karena animo masyarakat yang cukup tinggi ini.

“Karena minat cukup tinggi, Pak Menteri minta untuk tambah anggaran lagi,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi kepada Republika, Senin (11/4).

photo
Penumpang bersiap-siap memasuki bus angkutan kota antar provinsi (AKAP) saat mudik ke kampung halaman di Terminal Mengwi, Badung, Bali, Senin (11/4/2022). Warga Muslim yang mudik pada awal bulan Ramadhan di terminal tersebut jumlahnya masih sedikit dan diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi mulai 28 April 2022 mendatang. - (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Meskipun begitu, Budi belum bisa memastikan besaran pasti tambahan anggaran untuk mudik gratis tersebut. Namun, Budi menargetkan tambahan anggaran mudik gratis yang akan disiapkan sama seperti yang sudah direncanakan tahun ini, yakni Rp 10 miliar. Jika pengajuan tersebut disetujui, total anggaran untuk mudik gratis tahun ini menjadi Rp 20 miliar.

Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub sebelumnya menyiapkan sebanyak 350 unit bus untuk program mudik gratis 2022. Program itu kembali dibuka agar masyarakat tidak mudik dengan sepeda motor, apalagi dengan muatan yang sarat penumpang dan barang.

Namun, Budi mengatakan, anggaran mudik gratis tahun ini tidak terlalu besar jika dibanding pada 2019, yang mencapai Rp 38 miliar. Sebelum alokasi anggaran ditambah, kuota masyarakat yang dapat ditampung, yaitu 10.500 penumpang dengan 350 unit bus. Lalu untuk kuota truk disediakan 34 unit truk guna mengangkut 1.020 unit motor.

Pendaftaran mudik gratis dibuka melalui daring pada laman mudikhubdat2022.com. Tetapi saat ini, laman tersebut belum bisa diakses kembali dan ditutup sementara karena proses validasi data. Keberangkatan bus mudik gratis ini dijadwalkan pada 28 April 2022. Rencananya, 14 kota tujuan mudik, yaitu Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen, dan Purwokerto.

Syarat untuk mudik gratis ini adalah wajib memiliki dokumen sah kependudukan, seperti KTP dan KK, sudah vaksin lengkap atau booster. Bagi calon pemudik yang baru vaksin dosis kedua diwajibkan membawa hasil tes antigen maksimal 1x24 jam atau PCR maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan. Sementara bagi yang baru mendapatkan dosis pertama wajib membawa bukti tes PCR maksimal 3x24 jam sebelum pemberangkatan.

Bagi pemudik yang memiliki kondisi kesehatan khusus, dapat membawa bukti hasil tes PCR 3x24 jam dan surat keterangan rumah sakit pemerintah bahwa yang bersangkutan, belum atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19 pada saat pemberangkatan. Bagi anak-anak wajib menyerahkan dokumen KK.

Selama pendaftaran dan proses keberangkatan peserta mudik gratis ini wajib mengunduh dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Bagi calon pemudik yang tidak mempunyai gawai maka dapat membawa bukti kartu vaksin.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menyiapkan ratusan bus dan truk untuk melayani arus mudik serta balik secara gratis pada Idul Fitri 2022. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, bus akan disediakan sebanyak 492 unit untuk mengangkut para pemudik.

photo
Calon penumpang menunggu kedatangan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Senin (11/4/2022). Sejumlah masyarakat memilih mudik ke kampung halaman lebih awal untuk menghindari kemacetan dan harga tiket yang tinggi. - (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

“Unitnya ada 292 bus yang akan diberangkatkan pada arus mudik. Kemudian arus baliknya, ada 200 bus yang akan menjemput para pemudik yang akan kembali ke Jakarta. Sehingga total bus yang dialokasikan itu adalah sebanyak 492 bus,” ujar Syafrin.

Sementara untuk truk, menurut Syafrin, Pemprov DKI menyediakan sebanyak 31 truk untuk mengangkut kendaraan roda dua milik para pemudik, yang terdiri atas 22 truk berangkat saat arus mudik, sementara sembilan truk untuk melayani arus balik. Bus hingga truk tersebut untuk sementara menuju kota pada lima provinsi tujuan mudik, yang sebelumnya telah ditentukan oleh Dishub DKI.

“Sementara untuk kota-kota tujuan kami sudah identifikasi ada lima provinsi, yang nantinya menjadi tujuan arus mudik dari Pemprov DKI, mulai dari Sumatra itu ada Sumatra Selatan di Palembang, kemudian ada di Lampung, baru kemudian Jawa Tengah, DIY, juga Jawa Timur,” kata dia.

Adapun untuk pengumuman pendaftaran berikut persyaratan para pemudik akan segera dikeluarkan oleh Dishub DKI secara daring. “Kami akan umumkan lewat website Dishub, tentu secara online akan bisa daftar. Salah satu persyaratannya peserta mudik wajib ber-KTP Jakarta,” kata Syafrin.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

DPR Terima Aspirasi Demonstrasi Mahasiswa

DPR memastikan tidak akan ada penundaan pemilu.

SELENGKAPNYA

Pemekaran Papua Semestinya Libatkan Penduduk Asli

Rencana pembentukan daerah otonom baru diklaim mempercepat kesejahteraan rakyat Papua.

SELENGKAPNYA