Sejumlah barang bukti diperlihatkan saat konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (11/3/2022). Polda Metro Jaya melakukan pengungkapan kasus kriminal di wilayah hukum Polda Metro Jaya berupa pembegalan terhadap ibu hamil di Bekasi Barat dan t | Republika/Putra M. Akbar

Bodetabek

07 Apr 2022, 09:54 WIB

Belasan Pemuda Ditangkap Saat Hendak Tawuran Jelang Sahur

Rata-rata pemuda yang hendak tawuran berusia remaja.

BOGOR — Jajaran Polsek Cibinong menangkap 17 pemuda di Kelurahan Cikaret, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Selasa (5/4) dini hari menjelang waktu sahur. Belasan pemuda tersebut diketahui hendak melakukan aksi tawuran antarwilayah.

Kapolsek Cibinong AKP Adhimas Sriyono Putra mengatakan, pada Selasa (5/4) pukul 01.00 WIB jelang sahur, piket patroli mendapat laporan dari warga terkait sekelompok pemuda yang hendak tawuran. Dari laporan itu, disebutkan pemuda tersebut hendak tawuran di Jalan Al-Falah, Kelurahan Cikaret.

“Kemudian tim kami langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) bersama warga, mengamankan sembilan orang dari TKP dan dibawa ke polsek,” kata Adhimas kepada Republika, Rabu (6/4).

Setelah mengamankan sembilan pemuda di Jalan Al-Falah, dia melanjutkan, petugas piket patroli kembali mendapat informasi terkait pemuda yang merencanakan tawuran di tempat yang tidak jauh dari TKP pertama, yakni di Gang Muhammad Toha, Kelurahan Cikaret.

“Piket patroli kembali mendatangi TKP. Alhamdulillah tawuran belum terjadi. Namun, delapan anak kami amankan karena terindikasi dan terlihat nyata akan tawuran,” ujarnya.

Adhimas mengungkapkan, rata-rata pemuda yang ditangkap berusia siswa SMA. Dari tangan sekelompok pemuda tersebut, polisi juga mengamankan barang bukti berupa celurit rakitan, pedang samurai rakitan, gawai, dan beberapa unit sepeda motor.

Dari keterangan yang didapatnya dari para pelaku, aksi tawuran itu dilakukan untuk mencari lawan dan unjuk diri. Saat ini polisi masih melalukan pendalaman terkait siapa lawan dari kelompok pemuda di TKP kedua.

“Kalau di TKP pertama sudah ada janjian tawuran antar-RT. Sedangkan di TKP kedua masih kita dalami karena (pelaku) belum terbuka mau tawuran dengan siapa,” katanya.

Dengan kejadian itu, Adhimas meminta agar pihak polsek berkoordinasi dengan babinmas dan anggota patroli untuk mengantisipasi kejadian serupa. Ia juga mengimbau masyarakat untuk berada di rumah ketika memasuki tengah malam.

“Besar harapan kami juga, nantinya kami mengundang pengurus RT, RW, orang tua, dan pihak sekolah untuk datang membantu kami melakukan pembinaan terhadap pelaku,” ujarnya.

Libatkan anak

Selain pemuda berusia remaja, salah satu pelaku tawuran yang ditangkap polisi berusia sekitar 12 tahun. Usia pelaku tawuran tersebut dalam rentang 12-20 tahun.

“Itu yang (badannya kecil) pakai baju hitam masih SD. Usianya mungkin 12 tahun, sedangkan yang paling tua di sini ada usia 20 tahun,” kata Kanit Reskrim Polsek Cibinong, AKP Yunli Pangestu.

Yunli mengatakan, rata-rata pemuda yang ditangkap sudah tidak bersekolah. Beberapa di antaranya tinggal bersama orang tua dan neneknya. Oleh karena itu, setelah ditangkap dan dilakukan pendalaman, anak-anak tersebut akan dipulangkan. “Setelah pendalaman selesai hanya pembinaan di kita, kemudian kita kembalikan. Orang tuanya kita kasih pengertian dan penjelasan. Tawuran kan kalau nggak membunuh, ya dibunuh,” ujarnya.

Melihat kondisi para pelaku yang tidak sekolah, Yunli menegaskan, aksi tawuran itu dilakukan bukan karena dendam antarsekolah, melainkan antarwilayah sebab sebagian besar dari mereka merupakan warga Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Mereka RT dengan RT saling ngajak berkumpul menyerang RT lain, nanti ada balasan. Ada otaknya yang ngajak, itu masih pendalaman,” katanya. 


Pesan Antirasialis Kisah Bilal bin Rabah

Kemuliaan Bilal pun sampai kepada surga. Nabi SAW bahkan mendengar suara langkah sandal Bilal di sana.

SELENGKAPNYA

Pertamina: Konsumsi Pertalite Naik

Pertamina mengeklaim stok Solar dan Pertalite berstatus aman di SPBU.

SELENGKAPNYA

Persipura: Selidiki Laga PSS Vs Persija dan Persib Vs Barito

Ketua Umum Persipura telah menyerahkan surat permohonan investigasi ini.

SELENGKAPNYA
×