Pemain Chelsea Trevoh Chalobah merayakan kemenangan setelah mencetak gol saat melawan Norwich di Stadion Carrow Road, Norwich, Inggris, Kamis, Maret10, 2022. | Joe Giddens/PA via AP

Olahraga

06 Apr 2022, 10:42 WIB

Menanti Reaksi Berkelas Chelsea Melawan Madrid

Sebelum bertemu Madrid, Chelsea sedang terluka akibat kekalahan telak dari Brentford.

LONDON -- Chelsea FC baru saja mendapat pukulan telak usai jeda internasional. The Blues menyerah 1-4 dari Brentford FC dalam lanjutan Liga Primer Inggris musim 2021/22, di Stadion Stamford Bridge, Sabtu (2/4) malam WIB.

Sebuah kejutan terjadi di kompetisi terelite Negeri Ratu Elizabeth. Juara Eropa dibantai tim semenjana. Nasi sudah bubur. 

Tak ada gunanya terlarut dalam penyesalan berlebihan. Itu yang disadari para penggawa London Biru. Saatnya mereka menatap tantangan lain di depan mata.

Kebetulan Chelsea akan bertemu Real Madrid pada leg pertama babak perempat final Liga Champions (UCL). Big match ini berlangsung di Stamford Bridge, Kamis (7/4) dini hari WIB. Para penggemar tuan rumah menunggu reaksi positif Cesar Azpilicueta dan rekan-rekan.

"Kami tahu ini pertandingan besar. Kami harus bersama-sama pada saat yang sulit ini, dan bergerak maju. Kelompok ini selalu menunjukkan mentalitas hebat dan kami akan terus bekerja keras," kata Azpilicueta, dikutip dari laman resmi klubnya, Selasa (5/4).

Kekalahan telak pada akhir pekan lalu menjadi pelajaran berharga bagi skuad polesan Thomas Tuchel. Saatnya mereka menunjukkan kebangkitan. Terlepas dari hasil negatif saat jumpa the Bees, sejatinya the Blues dalam tren positif.

Dalam 14 pertandingan terakhir, Chelsea hanya merasakan dua kekalahan. Sisanya 12 laga berhasil dimenangkan. Hitungannya dari berbagai ajang.

Wakil Inggris ini pernah mengalami situasi nyaris serupa pada musim lalu. Kai Havertz dkk kalah 2-5 dari West Bromwich Albion di kandang sendiri. Setelah itu, mereka memenangkan Liga Champions, lolos ke final Piala FA, dan finis di zona top four klasemen akhir Liga Primer.

Akankah Chelsea bisa mengulang skenario demikian? Entahlah. Tim yang akan mereka hadapi merupakan klub dengan koleksi 13 gelar UCL. "Ini akan menjadi pertandingan menarik dan tantangan yang berat," ujar Tuchel, dikutip dari laman resmi UEFA.

Kubu Madrid memiliki modal mentereng menjelang partai ini. Beberapa hari lalu, El Real menundukkan tuan rumah Celta Vigo, 2-1. Hasil itu membuat skuad polesan Carlo Ancelotti semakin nyaman di singgasana klasemen sementara La Liga Spanyol.

Si Putih bisa sepenuhnya fokus ke pentas benua biru. Toni Kroos dan rekan-rekan bertamu ke pemenang UCL musim lalu. Stamford Bridge pernah menjadi neraka untuk raksasa Negeri Matador ini.

Sebelumnya, kedua tim bertemu pada fase semifinal. Madrid kalah 0-2 di London. Jelas, para penggawa Los Blancos tak ingin kasus serupa terulang.

"Mereka juara Liga Champions saat ini. Nyaris tidak ada rintangan yang lebih besar (dibandingkan partai ini), tetapi kami fokus pada diri kami sendiri. Jika kami bermain dengan baik, segala sesuatu mungkin terjadi," tutur Kroos, dikutip dari laman resmi UEFA.

Ini bisa menjadi laga emosional bagi beberapa penggawa kubu tamu. Salah satunya, Thibaut Courtois. Ia kembali ke arena yang pernah menjadi markasnya.

Kiper asal Belgia itu berharap para penggemar Chelsea tak mencemooh dirinya. Tapi, ia juga tak meminta tepuk tangan meriah. Biarlah segala sesuatu terjadi normal adanya.

"Sekarang kami adalah rival. Mereka ingin menang, dan hal yang sama berlaku untuk saya juga," ujar Courtois, dinukil dari Marca.

Real Madrid menunjukkan kematangan mental saat menyudahi perlawanan tim bertabur bintang Paris Saint Germain pada babak 16 besar. Kini, El Real siap memperlihatkan aksi serupa saat bertarung kontra the Blues. Sayangnya, Los Blancos berpotensi tidak didampingi Ancelotti.

Don Carlo masih dalam pemulihan. Sebelumnya, juru taktik asal Italia ini terpapar Covid-19. Pada masa lalu, ia juga pernah menjadi bagian dari calon lawan mereka.

 

Prediksi susunan pemain Chelsea:

Chelsea (3-4-2-1):

Kiper: Edouard Mendy

Bek tengah (kiri, tengah, kanan): Antonio Rudiger, Thiago Silva, Andreas Christensen

Bek sayap (kiri, kanan): Marcos Alonso, Reece James

Gelandang tengah (kiri, kanan): Jorginho, N'Golo Kante

Gelandang serang (kiri, kanan): Hakim Ziyech, Mason Mount

Penyerang: Kai Havertz

Pelatih: Thomas Tuchel

Real Madrid (4-3-3):

Kiper: Thibaut Courtois

Bek kiri, kanan: Ferland Mendy, Dani Carvajal

Bek tengah (kiri, kanan): David Alaba, Eder Militao

Gelandang kiri, tengah, kanan: Toni Kroos, Casemiro, Luka Modric

Penyerang kiri, tengah, kanan: Vinicius Junior, Karim Benzema, Marco Asensio

Pelatih Carlo Ancelotti

Empat Pertemuan Terakhir:

05/05/21: Chelsea 2-0 Real Madrid

27/04/21: Real Madrid 1-1 Chelsea

30/07/16: Real Madrid 3-2 Chelsea

08/08/13: Real Madrid 3-1 Chelsea

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Real Madrid C.F. (realmadrid)

';

Meneladan Kedermawanan Rasulullah

Saat Ramadhan, siapkan harta terbaik kita untuk berzakat dan memperbanyak sedekah.

SELENGKAPNYA

BRI Terus Bantu UMKM Naik Kelas

BRI menargetkan 18 juta pelaku usaha yang belum tersentuh lembaga formal dapat mengakses pembiayaan formal. 

SELENGKAPNYA

Cikal Pabrik Robot dari Ciputat

Pada bagian dalam Kampong Robot, sejumlah etalase dipenuhi oleh hasil karya para anak-anak yang berlatih membuat robot.

SELENGKAPNYA
×