Pemain Manchester United Jadon Sancho (kanan) merayakan kemenangan. | AP Photo/Jon Super

Olahraga

Saran Rangnick untuk Para Petinggi MU

Saran Rangnick kepada MU, pelatih berikutnya harus diberi waktu untuk berkreasi dan kewenangan merombak skuad.

MANCHESTER -- Tugas Ralf Rangnick sebagai pelatih Manchester United hanya sampai Juni 2022. Setelahnya, ia berperan sebagai konsultan klub.

MU mulai mewawancarai para kandidat. Di antaranya termasuk juru taktik Ajax Amsterdam Erik ten Hag dan arsitek Paris Saint-Germain Mauricio Pochettino. Terkait dengan hal itu, Rangnick memberi masukan kepada para petinggi the Red Devils.

Menurut dia, siapa pun dia, pelatih berikutnya harus diberi waktu untuk berkreasi dan kewenangan merombak skuad. Dengan begitu, MU bisa segera bersaing dengan Manchester City dan Liverpool. Ia merekomendasikan klubnya untuk lebih aktif bergerilya di pasar transfer. 

MU, lanjut dia, tidak kekurangan pemain yang mempunyai keunggulan di sisi teknis. Oleh karena itu, mereka perlu lebih banyak mendatangkan pemain anyar yang juga kuat secara fisik. Hal terpenting, jelas Rangnick, United tak boleh lagi membuat kesalahan dalam mengambil keputusan.

"Dibutuhkan keputusan tepat, ke mana Anda ingin pergi, pemain seperti apa, dan pelatih seperti apa. Kemudian, di setiap jendela transfer, Anda mencoba mendapatkan yang terbaik," kata tokoh berkebangsaan Jerman itu, dikutip dari ESPN, Senin (4/4)

Ia menegaskan, sarannya tak bisa ditawar. Klub harus melakukannya. Jika sudah begitu, mereka tak perlu menunggu lama untuk sejajar dengan para jawara saat ini.

"Ini harus dilakukan, dan jika itu terjadi, tidak perlu tiga atau empat tahun. Mungkin dua atau tiga bursa transfer, maka situasi bisa berbeda," ujar Rangnick.

Ia melihat kematangan di tubuh City dan the Reds tidak terjadi dalam semalam. Kedua tim menumpuk pemain berkelas dalam lima atau enam tahun. Pemain-pemain yang sesuai dengan pendekatan Pep Guardiola dan Juergen Klopp.

Kini, dua elite Inggris itu menikmati hasilnya. Siapa pun yang tampil, bisa berlaga sesuai sistem. Mereka merajai Negeri Ratu Elizabeth dan trengginas di Eropa.

Rangnick menegaskan, itu yang perlu dilakukan United. Pelatih yang baru juga harus memiliki pendekatan jelas. Kemudian, klub dan juru taktik tersebut perlu mempunyai kesamaan visi.

"Bagaimana dia ingin bermain dan pemain seperti apa yang kita butuhkan untuk itu. Kemudian, kami kembali ke DNA, kecepatan, fisik, tempo," ujarnya.

Ten Hag berada di posisi terdepan calon pelatih the Red Devils musim depan. Cristiano Ronaldo dan rekan-rekan kini sedang bersaing dengan Arsenal dan Tottenham Hotspur untuk menembus zona empat besar. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manchester United (manchesterunited)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Kecerdasan Mush’ab, Duta Pertama Islam

Sejak Mush'ab memilih Islam, ibunya tak lagi memberikan kemewahan kepadanya.

SELENGKAPNYA

Adu Taktik Dua Pelatih Elite: Diego Simeone dan Josep Guardi

Diego Simeone dan Josep Guardiola adalah dua pelatih dengan gaji tertinggi saat ini.

SELENGKAPNYA

Sambutan Tim Underdog untuk Liverpool

Liverpool sudah mengoleksi enam trofi Liga Champions dan terakhir kali mereka meraihnya pada 2019 lalu.

SELENGKAPNYA