Ilustrasi permakaman berbasis wakaf. | REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

Bodetabek

28 Mar 2022, 10:38 WIB

Taman Permakaman Berkonsep Wakaf Hadir di Bogor

wakaf membangkitkan ekonomi masyarakat.

BOGOR — Taman Wakaf Permakaman Muslim Firdaus Memorial Park kini dibangun di Kabupaten Bogor. Program ini merupakan permakaman berbasis wakaf yang mengusung konsep asri, nyaman, dan sesuai syariah. 

Taman Wakaf Permakaman Muslim Firdaus Memorial Park terletak di Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Sebelumnya, Firdaus Memorial Park sudah dibangun di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung dan Ujung Berung, Kota Bandung, dengan konsep yang sama.

Direktur Firdaus Memorial Park Eddy Firdaus menyebutkan, Firdaus Memorial Park di Bogor memiliki lahan seluas 1,7 hektare. Dengan konsep wakaf, Firdaus Memorial Park menghadirkan permakaman bagi si kaya dan si miskin dalam kompleks permakaman yang sama. 

“Kita harapkan orang-orang yang berkecukupan dan mau, kita galang dana atau ajak untuk berwakaf di Firdaus Memorial Park. Kita dorong untuk sama-sama kita bebaskan lahan, kita sama-sama jawab permasalahan permakaman ini,” ujarnya ketika ditemui Republika di Institut Tazkia Bogor, Sabtu (26/3).

Dengan turut serta dalam program ini, dia mengatakan, pewakaf akan mendapat benefit berupa kavling permakaman untuk dirinya dan keluarga. Selain itu, pewakaf turut menyediakan permakaman gratis bagi masyarakat dhuafa.

Dari situ, Eddy mengatakan, permasalahan permakaman bagi masyarakat dhuafa seperti minim dana, tidak adanya lahan, dan sebagainya bisa diatasi. “Jadi, kalau warga yang tidak berkecukupan jadi tanggung jawab kita. Karena ini bagian dari solusi permasalahan tadi,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan, pada lahan seluas 1,7 hektare tersebut akan terdapat 2.800 kavling bertingkat. Sehingga satu kavling dapat menampung tiga jenazah.

Jenazah pertama, kata dia, akan berada di kedalaman 2,3 meter. Jenazah kedua di 1,8 meter dan jenazah ketiga ada di kedalaman 1,3 meter. Sehingga diperkirakan Firdaus Memorial Park di Bogor bisa menampung 8.400 jenazah.

“Diharapkan ini bisa jadi efisiensi lahan di tengah sempitnya lahan permakaman. Ini kita sedang proses cut and filled dan pembangunan kavling. Insya Allah beberapa pekan ke depan bisa siap dipakai untuk permakaman,” katanya.

CEO Sinergi Foundation Asep Irawan menambahkan, penerima manfaat dari taman wakaf ini ialah penduduk setempat dan masyarakat dhuafa. Di tengah permasalahan permakaman, pihaknya menggagas untuk menghimpun dana wakaf dari masyarakat mampu.

“Jadi, konsepnya bukan jual beli, ini wakaf. Yang wakaf dapat benefit seperti halnya wakaf membangun masjid. Jadi, bisa dapat benefit dengan dimakamkan pula di Firdaus Memorial Park,” ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Firdaus Memorial Park (firdausmemorialpark)

  ';

1.800 KK di Tangsel tak Punya Septic Tank

Pemkot Tangsel segera anggarkan pembangunan septic tank untuk warga.

SELENGKAPNYA

Pasokan Pangan DKI aman untuk Ramadhan

Pemprov DKI antisipasi kenaikan harga pangan.

SELENGKAPNYA
×