Polisi menghadirkan sejumlah tersangka hasil Operasi Pekat Semeru 2021 di Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Selasa (20/4/2021). Sebanyak 222 orang dari total yang ditangkap tersebut dilakukan pembinaan dikarenakan terlibat kasus tindak | Didik Suhartono/ANTARA FOTO

Nasional

‘Keadilan Restoratif Jangan Jadi Ladang Pemerasan'

823 Perkara pidana umum diselesaikan lewat keadilan restoratif.

JAKARTA -- Anggota Komisi III Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Sarifuddin Sudding meminta kejaksaan selektif dalam memilih perkara dengan pendekatan keadilan restoratif. Pasalnya, tak semua kasus pidana diselesaikan dengan mekanisme tersebut.

"Jadi tidak semua kasus harus restorative justice. Lalu kemudian bagaimana SOP-nya, itu juga sangat penting, jangan sampai ini menjadi lahan baru dalam upaya-upaya transaksional dalam penerapan restorative justice," ujar Sudding dalam rapat dengar pendapat dengan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Fadil Zumhana, Rabu (23/3).

Sementara itu, anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Demokrat Santoso mengapresiasi penerapan keadilan restoratif atau restorative justice dalam menyelesaikan perkara tindak pidana umum. Namun, ia meminta agar prinsip tersebut tak dijadikan oknum jaksa sebagai ladang pemerasan.

"Khusus restorative justice, jangan jadi ladang pemerasan baru oleh oknum jaksa kepada masyarakat pencari keadilan," ujar Santoso.

Ia menjelaskan, ada potensi para oknum jaksa memeras korban dengan dalil restorative justice. Padahal, sudah menjadi tugas aparat penegak hukum, khususnya kejaksaan, untuk memfasilitasi pendekatan tersebut dalam penanganan perkara pidana.

"Jangan lagi rakyat diperas atas program-program yang sebenarnya baik, tetapi di belakang menjerat rakyat untuk disusahkan atau disengsarakan lagi," ujar Santoso.

photo
Seorang warga yang melanggar aturan PPKM Darurat melakukan sanksi sosial berupa menyapu jalanan usai mengikuti sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) di kawasan Pasar Lama, Kota Tangerang, Banten, Jumat (9/7/2021). Kejaksaan Negeri Kota Tangerang bersama TNI, Polri dan dinas terkait melakukan Sidang Tipiring bagi pelanggar aturan PPKM Darurat dan pelanggar protokol kesehatan dengan memberikan sanksi denda materi dan sanksi sosial . - (ANTARA FOTO/Fauzan)

Dalam rapat tersebut, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Fadil Zumhana mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan lebih dari 823 perkara tindak pidana umum dengan menerapkan keadilan restoratif atau restorative justice. Angka tersebut terhitung sejak Peraturan Kejaksaan Nomor 14 tahun 2020 diundangkan.

"Lebih dari 823 perkara tindak pidana umum telah diselesaikan oleh kejaksaan melakukan penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif," ujar Fadil dalam rapat.

Kendati demikian, jumlah itu disebutnya memang tidak sebanding dengan banyaknya perkara yang ada. Karena proses penghentian penuntutan secara keadilan restoratif dilakukan secara sangat selektif oleh kejaksaan.

"Dengan dilakukan gelar perkara dipimpin langsung oleh Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum setiap hari, setiap pagi. Namun demikian, penghentian perkara dengan keadilan restoratif tersebut ternyata sangat mendapat respons positif dari masyarakat," ujar Fadil.

Pihaknya juga telah mengeluarkan sejumlah petunjuk teknis dalam pelaksanaan penuntutan berdasarkan keadilan restoratif. Terakhir adalah Surat Edaran Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum nomor 01/02/2022 tentang Pelaksanaan Penghentian Berdasarkan Keadilan Restoratif.

"Pedoman ini memperluas jumlah nilai kerugian tidak terbatas 2,5 juta, karena kami melihat potensi kerugian dalam satu tindak pidana dapat melebih 2,5 juta. Namun dapat diselesai dengan melalui mekanisme perdamaian dan kata maaf dari korban," ujar Fadil. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Polri Belum Temukan Mafia Minyak Goreng

Polri menyebut, kelangkaan minyak goreng akibat aksi panik konsumen dan penjual yang memborong.

SELENGKAPNYA

‘Kalau Hujan, Kami tak Bisa Pergi Sekolah’

Para pelajar Apawer meminta Menteri Sosial menyediakan bus sekolah saja.

SELENGKAPNYA

Dukung Palestina, DPR Bantah Klaim Kunjungan Resmi Israel

Fadli Zon membantah ada pertemuan resmi dengan Israel di IPU kali ini.

SELENGKAPNYA