Petugas memeriksa kamar di Asrama Haji, Kota Gorontalo, Gorontalo, Jumat (11/3/2022). Asrama Haji yang menjadi ruang isolasi Covid-19 terpusat tersebut mulai kosong dan hanya tersisa satu orang yang menjalani isolasi setelah pada bulan sebelumnya mencapai | ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/wsj.

Nasional

Kasus Aktif Covid-19 Terus Menurun

Kasus Covid-19 secara nasional juga terus menurun.

JAKARTA – Kasus positif Covid-19 di berbagai daerah terus menurun atau berkurang. Salah satunya di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali menyebutkan, kasus aktif Covid-19 di wilayah itu menurun menjadi 131 kasus.

"Kasus aktif baru Covid-19 di Boyolali, Ahad (20/3) lalu, hanya bertambah satu kasus sehingga totalnya menjadi 131 kasus atau menurun dibanding hari sebelum bertambah 10 kasus menjadi 140 kasus," kata Kepala Dinkes Kabupaten Boyolali Puji Astuti, Senin (21/3).

Menurut Puji Astuti, 131 kasus aktif Covid-19 tersebut terdiri atas pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit 40 kasus, isolasi mandiri 90 kasus, dan isolasi terpusat satu kasus. Sehingga, secara akumulasi di daerah ini menjadi 28.889 kasus.

Dia menambahkan, Boyolali masuk dalam zona risiko rendah Covid-19. Persentase keterisian tempat tidur (BOR) rumah sakit Covid-19 (BOR) juga terus menurun menjadi sekitar enam persen atau 18 tempat tidur dari kapasitas 285 dibandingkan hari sebelumnya yang mencapai 11 persen.

Di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kasus aktif Covid-19 terus menurun hingga tinggal 2.677 orang, menyusul pasien konfirmasi sembuh mendominasi ketimbang kasus baru. Berdasarkan data Satgas Penanggulangan Covid-19 Bantul, kasus terkonfirmasi positif dalam sehari bertambah 56 orang, sementara kasus konfirmasi yang dinyatakan sembuh sebanyak 191 orang.

Untuk kasus konfirmasi Covid-19 yang meninggal dunia di Bantul dalam 24 jam terakhir tercatat nol orang atau tidak ada laporan kasus. Dengan perkembangan kasus harian itu, total kasus positif Covid-19 di Bantul sejak awal pandemi hingga kini terakumulasi 72.952 orang dengan angka kesembuhan mencapai 68.595 orang, sementara total kasus kematian tercatat 1.680 orang.

Penurunan kasus aktif Covid-19 juga dialami Kota Batam, Kepulauan Riau. Bahkan, Satgas Penanganan Covid-19 menurunkan status Kota Batam dari zona oranye atau risiko penularan sedang menjadi zona kuning atau risiko penularan rendah.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kepri Eko Sumbaryadi mengatakan, menurunnya status risiko penularan Covid-19 di Batam seiring dengan penurunan kasus aktif di kota industri itu. Kasus aktif di Batam dalam dua pekan terakhir turun drastis. Dari lebih 1.000 pasien Covid-19 pada dua pekan lalu, kini tinggal 101 orang.

photo
Petugas kesehatan beraktivitas di ruang isolasi saat simulasi penanganan pasien Covid-19 di tempat isolasi terpadu di Gedung Akademi Keperawatan Kebon Jati, Jalan Kawaluyaan, Kota Bandung, Senin (21/2/2022). - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

"Setiap hari puluhan hingga ratusan orang sembuh dari Covid-19," kata Penjabat Sekda Kepri itu.

Di Provinsi Bangka Belitung, lebih dari 98 persen tempat tidur yang tersedia di fasilitas isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 kosong. Sekretaris Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan, 929 tempat tidur atau 98,5 persen dari total 943 tempat tidur yang tersedia di fasilitas isolasi terpusat (isoter) kosong.

"Hari ini hanya 14 unit tempat tidur di isoter yang terisi pasien Covid-19," katanya.

Di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Dinas Kesehatan menyatakan wilayah yang sudah bebas dari warga positif Covid-19 di Kota Kupang bertambah satu kelurahan. Sehingga, saat ini menjadi lima kelurahan.

"Data dari Dinas kesehatan Kota Kupang menyebutkan, ada penambahan satu kelurahan yang sudah bebas dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Kupang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kupang, Ernest Ludji.

Namun, masih terdapat 29 kelurahan di Kota Kupang yang masuk dalam zona merah karena memiliki 11-44 orang warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Selain itu, terdapat delapan kelurahan yang masuk kategori daerah zona oranye dengan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai enam sampai 10 orang.

Di Provinsi Lampung, masih mengalami penambahan kasus aktif Covid-19. Dinas Kesehatan Lampung menyebutkan, ada 130 penambahan kasus harian positif Covid-19 di provinsi ini berasal dari 13 daerah. "Dari 15 kabupaten dan kota, hanya Waykanan dan Pesisir Barat yang tak sumbangkan kasus harian Covid-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Lampung, Reihana. 

Secara nasional, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan penambahan harian kasus Covid-19 di Indonesia juga terus mengalami tren penurunan. Kasus Covid-19 per Senin (21/3) tercatat bertambah sebanyak 4.699 kasus.

Dengan penambahan kasus harian ini, maka total kasus terkonfirmasi positif telah menyentuh angka 5.967.182. Sebanyak 154.609 spesimen dan 103.179 orang telah diperiksa pada hari ini. Angka positivity rate orang harian pun tercatat sebesar 4,55 persen.

photo
Sejumlah pasien Covid-19 saat beraktivitas di RSDC Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Senin (7/3/2022). - (Republika/Putra M. Akbar)

Dari penambahan kasus positif harian ini, lima provinsi tercatat menjadi penyumbang tertinggi. Yakni Jawa Barat yang menambahkan 1.007 kasus baru. Diikuti DKI Jakarta dengan 862 kasus baru. Kemudian Jawa Tengah mencatatkan 661 kasus baru, Banten menambahkan 351 kasus, dan NTT menambahkan 238 kasus baru.

Seiring dengan penurunan jumlah kasus positif, jumlah kasus aktif harian juga mengalami penurunan menjadi sebesar 16.343. Total kasus aktif saat inipun tercatat telah mencapai 203.345. Satgas juga melaporkan penambahan kasus kesembuhan harian yang sebesar 20.888 orang.

Sementara pada kasus meninggal harian akibat Covid-19 tercatat sebanyak 154 orang dan menjadikan total kasus meninggal mencapai 153.892 orang. Penambahan kasus meninggal ini juga disumbangkan oleh enam provinsi tertinggi yakni Jawa Tengah dengan 42 kasus. Diikuti Jawa Timur 18 kasus kematian, Jawa Barat mencatatkan 16 kasus, NTT melaporkan 10 kasus, serta DIY dan Sumatera Utara masing-masing menyumbangkan 8 kasus kematian.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Pembelajaran Tatap Muka Siswa SD Sudah Diizinkan

Tim khusus akan memantau pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah tiap hari.

SELENGKAPNYA

Perpustakaan Buku-Buku Terlarang di Matinicus Island

Selama bertahun-tahun, penduduk Matinicus Island hanya bertukar buku di antara warga.

SELENGKAPNYA

Jangan Tertipu

Jangan tertipu dengan amalan kita.

SELENGKAPNYA