Pekerja melakukan bongkar muat koper dan barang bawaan penumpang pesawat maskapai Citilink di apron Bandara Internasional Lombok di Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (22/11/2021). Menurut Humas PT Angkasa Pura I (AP I) Bandara Internasional Lombok Arif Har | ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Ekonomi

AP I Catat Kenaikan Trafik Penumpang 

AP I mencatat Bandara Adisutjipto Yogyakarta menjadi bandara yang mengalami kenaikan penumpang tertinggi

JAKARTA   —  PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat peningkatan trafik penumpang setelah aturan perjalanan dilonggarkan. Saat ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah menerbitkan Surat Edaran Nomor 21 Tahun 2022 yang mengatur penghapusan syarat PCR dan antigen untuk pelaku perjalanan dengan kriteria tertentu.

"Peningkatan trafik penumpang dan pergerakan pesawat domestik pascaimplementasi aturan perjalanan terbaru menjadi sinyal positif kembali bergairahnya industri aviasi dan pariwisata secara perlahan," kata Direktur Utama AP I Faik Fahmi dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (17/3).

Faik menilai hal tersebut juga menjadi indikasi mulai kembalinya kepercayaan masyarakat untuk kembali bepergian dengan moda transportasi udara. Khususnya, dengan persyaratan perjalan yang lebih mudah dan nyaman.

Sejak 8-14 Maret 2022, AP I tercatat telah melayani hingga 761.234 penumpang atau mengalami peningkatan hingga 20 persen jika dibandingkan periode 1-7 Maret yang melayani 631.271 penumpang di 15 bandara yang dikelola. Sedangkan, untuk trafik pesawat pada periode 8-14 Maret 2022, AP I melayani 7.208 pergerakan pesawat atau meningkat 9 persen jika dibandingkan periode 1-7 Maret yang melayani 6.610 pergerakan pesawat.

Bandara Adisutjipto Yogyakarta menjadi bandara yang mengalami kenaikan penumpang tertinggi pasca implementasi aturan perjalanan baru dengan melayani 2,197 penumpang atau meningkat hingga 33 persen dibandingkan pekan sebelumnya yang melayani 1.650 penumpang.

Sedangkan, Bandara El Tari Kupang menjadi bandara yang mengalami peningkatan tertinggi kedua dengan melayani 22.216 penumpang atau meningkat hingga 29 persen jika dibandingkan pekan sebelumnya yang melayani 17.181 penumpang.

Sementara itu, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menjadi bandara yang mengalami peningkatan tertinggi ketiga dengan melayani 118.319 penumpang atau meningkat hingga 28 persen jika dibandingkan pekan sebelumnya yang melayani 91.789 penumpang.

Faik menyebutkan, penerbangan rute internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali juga terus menunjukkan tren positif. "Sejak kembali melayani penerbangan internasional pada 3 Februari hingga 14 Maret 2022, jumlah penumpang internasional yang berangkat dan pergi dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali telah mencapai 8.770 penumpang dengan trafik pesawat mencapai 142 pergerakan pesawat," kata Faik.

Hingga saat ini, lanjut Faik, sebanyak tujuh maskapai rute internasional telah beroperasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan melayani lima rute penerbangan. Ketujuh maskapai tersebut, yaitu Garuda Indonesia rute Narita-Denpasar & Sydney-Denpasar, Singapore Airlines rute Singapura-Denpasar, Scoot rute Singapura-Denpasar, Jetstar Asia rute Singapura-Denpasar, KLM Royal Dutch rute Singapura-Denpasar, Jetstar Airways rute Melbourne-Denpasar, dan Malaysia Airlines rute Kuala Lumpur-Denpasar.

"Dengan terus bertambahnya jumlah maskapai yang melayani penerbangan rute internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, diharapkan dapat mendukung upaya pemulihan ekonomi dan industri pariwisata di Bali secara berkelanjutan," kata Faik.

Faik memastikan, AP I berkomitmen terus memastikan semua prosedur operasional penerbangan internasional berjalan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Selain itu juga implementasi protokol kesehatan dilaksanakan secara ketat demi mewujudkan penerbangan yang aman, nyaman, dan sehat bagi seluruh pengguna jasa. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Aviasi Pariwisata Indonesia (@injourney.id)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

PLN-IBC Bangun Battery Energy Storage System

PLN menyadari jika pengembangan energi baru terbarukan (EBT) sangat membutuhkan BESS yang baik.

SELENGKAPNYA

Erick Thohir Bubarkan Tiga BUMN

PPA akan lelang aset milik tiga BUMN yang dibubarkan. 

SELENGKAPNYA

BI Tahan Suku Bunga

Dampak konflik Rusia dan Ukraina masih bisa ditangani dengan baik.

SELENGKAPNYA