Pemain Inter Milan Achraf Hakimi (kiri) membawa bola dibayangi pemain Napoli Kalidou Koulibaly (kanan) dalam sebuah pertandingan. | EPA-EFE/CIRO FUSCO

Olahraga

Napoli dan AC Milan Sama-Sama Percaya Diri Tinggi

Napoli kini di puncak klasemen sementara dan AC Milan runner-up.

NAPOLI -- Seri A Liga Italia musim 2021/2022 akan memasuki giornata ke-28. Sebuah grande partita terjadi beberapa hari lagi. Napoli bertemu AC Milan. I Partenopei, julukan Napoli, bertindak sebagai tuan rumah. Tepatnya di Stadion Diego Armando Maradona, Senin (7/3) dini hari WIB.

Sebuah pertempuran kelas atas di Negeri Spageti. Pasalnya, pasukan Biru Langit berstatus capolista alias pemuncak klasemen sementara, sementara kubu tamu berada di kursi runner-up.

Poin pun sama-sama 57. Napoli unggul selisih gol atas Milan. Kedua pihak dalam kepercayaan diri tinggi menjelang big match ini.

Dimulai dari Partenopei. Setelah tersingkir dari Liga Europa, anak asuh Luciano Spalletti menunjukkan reaksi berkelas di pentas Seri A. Pada giornata ke-27, Lorenzo Insigne dkk membungkam Lazio di Olimpico.

Sebuah hasil impresif jika mengingat laga tersebut berlangsung di markas lawan. Lewat pertarungan ketat sepanjang 90 menit, klub Italia Selatan itu unggul tipis 2-1. Gol Fabian Ruiz pada injury time babak kedua, menjadi penentu.

"Anda bisa melihat karakter tim ini yang tidak hanya menerima hasil imbang dan terus mencoba untuk memenangkannya, sampai akhir," kata Spalletti, dikutip dari laman resmi klubnya.

Mentalitas seperti itu akan dipertahankan Napoli. Apalagi, musim ini mulai memasuki periode krusial. Tak ada ruang untuk sebuah kesalahan.

Bukan hanya skuad Rossoneri yang menjadi pesaing Napoli dalam mengejar scudetto. Inter Milan, Juventus, dan Atalanta juga terlibat dalam persaingan tersebut. Seri A memanas.

"Kami tim hebat. Kami bekerja keras dengan cara yang benar dan kami akan berada di sana dalam perburuan (scudetto sampai akhir)," ujar Spalletti.

Beralih ke AC Milan. Pasukan Merah Hitam tak terkalahkan dalam tujuh pertandingan terakhir. Hitungannya dari berbagai kompetisi.

Sebanyak tiga laga berhasil dimenangkan. Sisanya empat partai berkesudahan imbang. Teranyar, Il Diavolo menahan Inter 0-0 pada leg pertama semifinal Coppa Italia.

"Saya sangat menyukai penampilan tim saya dan kami selayaknya mendapatkan kepercayaan diri yang lebih karena kami adalah tim yang berada di level ini," ujar pelatih AC Milan Stefano Pioli dikutip dari Football Italia.

Kini fokus Rossoneri sepenuhnya menuju Kota Napoli. Tingginya kepercayaan diri menjadi bekal berharga bagi anak asuh Pioli menjelang grande partita di depan mata. Ini kesempatan bagi Milan untuk melewati sang rival.

Jelas, Milan membidik kemenangan. Hasil seri tak membuat Theo Hernandez dkk tetap berada di tempat. Belum lagi jika Inter meraih hasil positif atas Salernitana.

Oleh karena itu, jika ingin segera menuju puncak, Rossoneri harus berjaya di Stadion Diego Armando Maradona. "Kami memberikan segalanya, bekerja hari demi hari, dan menjalani musim luar biasa. Kami harus terus melaju dan menang," kata Hernandez.

Seperti sudah disinggung di atas, kedua kubu sangat antusias menatap partai ini, dan dalam kepercayaan diri tinggi. Adu taktik antara Spalletti vs Pioli turut menjadi penyedap rasa duel bergengsi di Kota Napoli tersebut.

Prediksi Starting XI:

Napoli (4-2-3-1)

Kiper: David Ospina

Bek kiri, kanan: Mario Rui, Giovanni Di Lorenzo

Bek tengah kiri, kanan: Kalidou Koulibaly, Amir Rrahmani

Gelandang bertahan kiri, kanan: Diego Demme, Fabian Ruiz

Winger kiri, gelandang serang, winger kanan: Lorenzo Insigne, Piotr Zielinski, Matteo Politano

Penyerang: Victor Osimhen

Pelatih: Luciano Spalletti

 

AC Milan (4-2-3-1)

Kiper: Mike Maignan

Bek kiri, kanan: Theo Hernandez, Davide Calabria

Bek tengah kiri, kanan: Pierre Kalulu, Fikayo Tomori

Gelandang bertahan kiri, kanan: Sandro Tonali, Franck Kessie

Winger kiri, gelandang serang, winger kanan: Rafael Leao, Brahim Diaz, Alexis Saelemaekers

Penyerang: Olivier Giroud

Pelatih: Stefano Pioli

 

Lima Pertemuan Terakhir:

19-12-2021: AC Milan 0-1 Napoli

14-03-2021: AC Milan 0-1 Napoli

22-11-2020: Napoli 1-3 AC Milan

12-07-2020: Napoli 2-2 AC Milan

23-11-2019: AC Milan 1-1 Napoli

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat