Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan infrastruktur gardu induk dan tranmisi PT PLN (persero) di Desa Lam Puja, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Rabu (26/1/2022). Pemerintah memberikan Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2022 kepada tu | ANTARA FOTO/Ampelsa/aww.

Ekonomi

PLN: Pasokan Batu Bara Terjaga

Pemerintah membuka kembali ekspor batu bara mulai 1 Februari 2022.

JAKARTA -- PT PLN (Persero) memastikan pemenuhan pasokan batu bara untuk pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) telah sesuai rencana. Dengan terpenuhinya pasokan batu bara tersebut, PLN optimistis dapat menjaga keandalan suplai listrik ke pelanggan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, kondisi sistem kelistrikan di seluruh Indonesia dalam kondisi cukup. Pasokan batu bara di 17 pembangkit yang sebelumnya dalam kondisi kritis, kini rata-rata telah mencapai 15 hari operasi (HOP).

"Dengan dukungan pemerintah dan seluruh stakeholders, pasokan batu bara telah sesuai rencana. Ke depan, kami berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga pasokan batu bara untuk bahan bakar PLTU melalui pengamanan secara berlapis," ujar Darmawan melalui keterangan tertulis, Jumat (4/2).

Darmawan mengungkapkan, PLN telah melakukan perubahan paradigma dalam pengawasan dan pengendalian pasokan batu bara. Skema yang semula berfokus pada pengawasan di titik bongkar menjadi berfokus di titik muat atau loading.

"Dengan ini, maka jika ada potensi kegagalan pasokan karena ketersediaan batu bara maupun armada angkutannya akan dapat dideteksi lebih dini dan corrective action dapat dilakukan as early as possible sehingga kepastian pasokan dapat lebih terjaga," ungkap Darmawan.

Dia menjelaskan, langkah pengawasan dilakukan tak hanya melalui fisik di lapangan, tetapi juga dengan integrasi sistem digital antara sistem PLN dan sistem di Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Sistem ini memberikan informasi target loading dan terintegrasi dengan sistem di Direktorat Jenderal Mineral dan Batu bara Kementerian ESDM yang mencatat realisasi loading dari setiap pemasok," ujar Darmawan.

photo
Pekerja mengoperasikan alat berat saat bongkar muat batu bara ke dalam truk di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Priok, Kamis (3/2/2022). Pemerintah resmi membuka kembali keran ekspor batu bara per 1 Februari 2022, tapi hanya diberikan untuk perusahaan yang telah memenuhi kewajiban persentase penjualan untuk kebutuhan dalam negeri (DMO) dan telah menyampaikan surat pernyataan bersedia membayar denda atau dana kompensasi atas kekurangan DMO pada 2021. - (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Dari sistem pemantauan ini, lanjut Darmawan, PLN bisa mengetahui kebutuhan batu bara hingga beberapa waktu ke depan. Di sisi lain, PLN juga melakukan reformasi kontrak untuk memastikan pasokan batu bara aman.

"PLN juga memperbaiki mekanisme perjanjian, yaitu kontrak yang semula bersifat fleksibel jangka pendek diubah menjadi kontrak yang lebih firm dan jangka panjang serta langsung dengan pemilik tambang yang memiliki kredibilitas dengan kualitas dan volume batu bara yang dibutuhkan PLN," ujar Darmawan.

PLN juga terus meningkatkan kerja sama dan kolaborasi dengan para pengusaha kapal melalui Indonesian National Shipowners Association (INSA). Langkah ini dilakukan secara intens untuk memastikan realisasi pasokan batu bara termasuk penugasan dari Kementerian ESDM dapat terlaksana dan terkirim sesuai jadwal yang dibutuhkan.

Sebelumnya, pemerintah sempat mengambil kebijakan pelarangan ekspor batu bara pada Januari 2022 guna menjamin terpenuhinya pasokan untuk pembangkit listrik. Dengan mempertimbangkan kondisi pasokan dan persediaan batu bara pada PLTU PLN dan independent power producer (IPP) yang semakin membaik, pemerintah memutuskan membuka kembali ekspor batu bara mulai 1 Februari 2022.

Izin ekspor itu diberikan bagi perusahaan yang telah memenuhi domestik market obligation (DMO) atau telah menyampaikan surat pernyataan bersedia membayar denda atau dana kompensasi atas kekurangan DMO pada tahun lalu.

"Sementara, perusahaan tambang yang belum memenuhi DMO tahun 2021 dan belum menyampaikan Surat Pernyataan bersedia membayar denda atau dana kompensasi atas kekurangan DMO tahun 2021 belum diizinkan untuk melakukan penjualan batu bara ke luar negeri," ujar Direktur Jenderal Mineral dan Batu bara Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin. 

 

photo
Foto udara suasana aktivitas industri penumpukan batu bara di Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muarajambi, Taman Rajo, Muarojambi, Jambi, Sabtu (29/1/2022). Data Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi menyebutkan beberapa situs candi dalam KCBN Muarajambi saat ini telah dikelilingi aktivitas industri penumpukan batu bara sehingga mengancam kelestarian situs bersejarah itu. - (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat