Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo | AP/Kirsty Wigglesworth

Olahraga

Ego Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo kecewa dan frustrasi saat ditarik keluar pelatih Ralf Rangnick pada menit ke-75.

LONDON -- Manchester United akhirnya kembali merasakan kemenangan di pentas Liga Primer Inggris. Kemenangan 3-1 dari kandang Brentford, Kamis (20/1) dini hari WIB, mengakhiri rekor mengecewakan United dari dua laga terakhirnya yang hanya memetik satu poin hasil dari satu kali kalah dan satu kali imbang.

Kemenangan tersebut dipastikan lewat torehan gol Anthony Elanga, Mason Greenwood, dan Marcus Rashford. Sementara, tim tuan rumah merobek gawang United pada menit ke-85 lewat sepakan kaki kanan Ivan Toney dari dalam kotak penalti.

Namun, perhatian publik tak hanya tertuju pada kemenangan United. Perhatian lebih besar justru tertuju pada sikap yang ditunjukkan bintang Setan Merah, Cristiano Ronaldo.

Pengoleksi lima gelar Ballon d'Or itu terlihat begitu kecewa dan frustrasi saat ditarik keluar pelatih Ralf Rangnick pada menit ke-75.  Saat itu, Ronaldo digantikan oleh Harry Maguire. Pemain berusia 36 tahun itu terlihat enggan duduk di bangku cadangan dan lebih memilih duduk di tangga bench di Stadion Brentford Community.

Sadar dengan kegundahan dan kekecewaan yang ditunjukkan Ronaldo, Rangnick sempat terlihat berbicara dengan eks bintang Real Madrid tersebut. Pelatih asal Jerman itu memahami rasa frustrasi dan kekecewaan Ronaldo.

Sebagai penyerang, tutur Rangnick, Ronaldo tentu berharap bisa ikut menyumbang gol dan mencatatkan namanya di papan skor.  Namun, sebagai pelatih dia juga memiliki alasan masuk akal terkait keputusannya menarik keluar Ronaldo.

''Setelah apa yang terjadi dalam laga kontra Aston Villa, saya harus mengambil keputusan dengan mengubah formasi menjadi lima bek,” tutur Rangnick seusai laga kepada Sky Sports, Kamis (20/1).

“Saya harus mengambil keputusan untuk kepentingan tim ini. Saya tidak berharap dia akan memeluk saya setelah ditarik keluar. Saya mengerti ambisinya sebagai pencetak gol. Namun, saya tidak menyesal dengan keputusan itu,’’ ujarnya.

Eks pelatih Hoffenheim itu merujuk pada kegagalan United mengamankan tiga poin dari laga kontra Aston Villa, akhir pekan lalu. Pada saat itu, United gagal mempertahankan keunggulan dua gol dan kebobolan dua gol pada 10 menit akhir laga.

Tidak mau kondisi terulang, Rangnick akhirnya menarik keluar Ronaldo dan menggantikannya dengan Maguire. Saat Ronaldo ditarik keluar pada menit ke-75, United telah unggul dua gol. Tidak hanya itu, keputusan Rangnick untuk menggantikan Ronaldo juga sebagai antisipasi kondisi bintang timnas Portugal tersebut.

''Dia baru saja kembali dari cedera dan tidak berlatih dalam satu setengah pekan terakhir. Kami masih harus melakoni laga sulit pada laga berikutnya,'' kata Rangnick.

 

 

Yang terpenting saat ini adalah kami bisa meraih kemenangan.

 

RALF RANGNICK; Pelatih c
 

Di sisi lain, sikap yang ditunjukkan Ronaldo usai terkait keputusan Rangnick itu justru menunjukkan sisi lain dari sang pemain. Mantan penggawa Sporting Lisbon itu terlihat begitu ambisius dan memiliki ego yang sangat besar tanpa mengindahkan kepentingan tim secara keseluruhan.

Terlepas dari sorotan terhadap sikapnya tersebut, Ronaldo sempat mengunggah pesan di akun media sosialnya. ''Tiga poin penting! Kerja bagus rekan-rekan,'' tulis Ronaldo dalam akun Instagram lengkap dengan dua fotonya yang tengah menggiring bola dan merayakan gol United pada laga tersebut.

Kemenangan dari the Bees ini menjadi krusial bagi United untuk menembus zona empat besar klasemen sementara. Hanya bisa memetik satu poin dari dua laga sebelumnya membuat Setan Merah masih tertahan di peringkat ketujuh klasemen sementara Liga Inggris.

Dengan tambahan tiga angka pada laga kontra Brentford, United mengantongi poin yang sama dengan Arsenal, yang duduk di peringkat keenam dengan koleksi 35 poin. Namun, selain kalah jumlah selisih gol, United juga telah memainkan satu laga lebih banyak dibanding the Gunners.

Tidak hanya dengan Arsenal, United juga harus bersaing ketat dengan Tottenham Hotspur dan West Ham United dalam menembus zona Liga Champions. Telah tampil dalam 21 laga, United hanya terpaut dua poin dari West Ham United, yang duduk di peringkat keempat klasemen sementara dan telah tampil dalam 22 laga.

Secara matematis, United masih memiliki peluang besar untuk bisa menembus empat besar. Namun, United tentu saja harus mempertahankan konsistensi permainan pada laga-laga berikutnya.

Sikap yang ditunjukkan Ronaldo pada laga kontra Brentford rasanya justru kontraproduktif dalam menjaga situasi di ruang ganti pemain United. Ketidakpuasan yang ditunjukkan Ronaldo terhadap keputusan pelatih dikhawatirkan dapat memengaruhi para pemain lain di ruang ganti United.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cristiano Ronaldo (cristiano)

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat