Kaleb Ramot Gemilang (kiri) mencoba melewati hadangan pebasket Pasific Caesar Surabaya Muhammad Hardian Wicaksono (kanan) dalam laga pertama semifinal IBL Pertamax Playoffs 2018-2019 di GOR Mahasiswa Soemantri Brojonegoro, Jakarta, Jumat (8/3/2019). ANTAR | ANTARA FOTO

Olahraga

18 Jan 2022, 03:50 WIB

Comeback Gemilang Kaleb Ramot

Kaleb Ramot mengaku bersyukur tetap dipercaya walaupun pada awal laga banyak gagal mencetak angka.

JAKARTA – Seperti namanya, Kaleb Ramot Gemilang menandai kembalinya ke kompetisi bola basket tertinggi Tanah Air, IBL Tokopedia 2022, dengan gemilang. Kaleb menyumbang skor tertinggi bagi timnya saat membawa Dewa United Surabaya mengalahkan Bima Perkasa Combiphar Jogja, 73-72, pada laga kedua hari ketiga Seri I IBL 2022 di Gedung Basket Senayan, Jakarta, Senin (17/1).

Kaleb juga yang menjadi penentu kemenangan Dewa United lewat poinnya saat waktu permainan tinggal dua detik. Kedua tim bermain ketat sejak awal. Bima Perkasa unggul di akhir kuarter pertama, 16-13.

Namun, Dewa United mampu membalikkan keadaan saat istirahat menjadi 35-30 berkat sejumlah tripoin. Tim kebanggaan Kota Gudeg kembali unggul pada akhir kuarter ketiga, 56-50, sampai akhirnya Dewa United menutup laga ketat ini dengan permainan ketat.

Hingga 10 detik tersisa, Dewa United masih tertinggal 71-72. Selepas time out dari Dewa United, Kaleb melakukan lemparan mengarah ke Wendha Wijaya. Kemudian, pergerakan tim yang apik membuat Kaleb terlepas tanpa kawalan di bawah ring hingga ia bisa memasukkan bola untuk membalikkan skor menjadi 73-72.

Bima Perkasa meminta time out, mencoba peluang tipis memenangkan laga dengan dua detik tersisa. Namun, Azzaryan Pradhitya yang menjadi eksekutor di kesempatan terakhir untuk Bima Perkasa gagal menjalankan tugasnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kaleb Ramot Gemilang (kalebramotg)

Pelatih Dewa United Andhika “Bedu” Saputra mengatakan, gim ini sangat ditunggu para pemain dan tim pelatih. "Kunci kemenangan hari ini adalah kerja keras semua pihak. Kami juga saling percaya satu sama lain," kata Bedu.

Kaleb mengaku bersyukur tetap dipercaya walaupun pada awal laga banyak gagal mencetak angka. Ia berterima kasih kepada Bedu yang tetap memainkannya meskipun tembakan-tembakannya, terutama dari jarak jauh, gagal menemui sasaran. Setelah menemukan sentuhannya, Kaleb menjadi mesin poin yang menghantui pertahanan Bima Perkasa Jogja.

“Awal main lagi tadi senang, gugup, penasaran, semua jadi satu," ujar forward yang sempat menjadi andalan di timnas basket Indonesia sebelum menderita cedera lutut parah.

Kaleb bermain hampir 33 menit, mencetak 24 poin, 7 rebound, 1 steal, dan 1 assist. Rekannya, Kevin Moses Poetiray, menambah 11 poin. Dua pemain Pemain asing Bima Perkasa, David Atkinson dan Jordan Weshley Jacks sama-sama menyumbang 13 poin dan 9 rebound. Sementara itu, Rachmad Febri Utomo dan David Simeon juga sama-sama menyumbang 12 poin.

Kaleb mengaku masih menyimpan keinginan untuk bermain di timnas basket Indonesia. Terlebih, FIBA Asia Cup akan digelar pada pertengahan tahun ini. Namun, dia mengaku tahu diri dengan kondisinya. “Kalau memang dipanggil, mungkin harus ada perlakuan khusus untuk saya karena kondisi yang baru sembuh cedera. Namun, saya lihat para pemain yang dipanggil timnas sekarang sudah bagus-bagus,” kata dia merendah.

Dalam laga lain yang berlangsung lebih awal, tim pendatang baru Tangerang Hawks meraih kemenangan pada laga pertamanya di pentas IBL 2022. Bertanding melawan tim debutan lainya, Evos Thunder Bogor, Hawks menang dengan skor 53-50. 


×