Sejumlah pesepakbola PSM Makassar dan PS Barito Putera bersitegang pada lanjutan Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (27/9/2021). Pertandingan berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan PS Barito Putera. | ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

Olahraga

PSM Makassar Vs Madura United, Duel Pelatih Anyar

PSM Makassar dan Madura United perlu merebut kemenangan pertama.

DENPASAR -- PSM Makassar akan berjumpa Madura United pada pekan ke-18 Liga 1 Indonesia 2021/2022 di Stadion Kompyang Sudjana, Denpasar, Bali, Sabtu (8/1). Dalam putaran kedua ini, masing-masing kubu mengusung misi serupa demi memetik tiga poin.

PSM dan Madura United perlu merebut kemenangan pertama setelah di laga sebelumnya hanya menerima hasil imbang. Laskar Pinisi gagal mencetak gol saat menghadapi Persiraja Banda Aceh, sementara Laskar Sappe Kerab imbang 2-2 kontra Borneo FC.

PSM wajib memperbaiki tren buruk karena selalu gagal meraih kemenangan di lima pertandingan terakhir. Sosok pelatih anyar Joop Gall yang menggantikan Milomir Seslija diharapkan dapat membawa angin segar bagi wakil wilayah Indonesia tengah tersebut.

Dalam konferensi pers virtual pralaga, Jumat (7/1), Joop Gall mengaku masih beradaptasi dengan tim karena dirinya baru pertama kali melatih klub Indonesia. Sebelumnya, juru taktik asal Belanda itu menimba pengalaman menangani beberapa tim di Ukraina, Belanda, dan Cina.

"Saya baru dua hari bersama dengan tim. Persiapan kami tidak optimal, tapi bisa saya nyatakan bahwa kami akan memberi segalanya untuk laga ini," kata Joop Gall.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PSM Makassar (psm_makassar)

Walau masih berusaha menyesuaikan situasi yang 100 persen berbeda dari sebelumnya, Gall sudah tahu hal-hal yang akan ia berikan untuk mendongkrak posisi PSM di kompetisi. Saat ini, PSM masih terbelenggu di peringkat ke-12 klasemen sementara dengan mengemas 20 poin.

"PSM punya banyak pemain berkualitas. Saya sudah berpengalaman di luar Indonesia dan akan ada banyak gaya permainan yang akan diberikan. Saya berjanji akan memberi seluruh passion kepada seluruh pemain," ujar Gall.

Untuk menambah kekuatan serangan, PSM sengaja mendatangkan 11 pemain anyar di bursa transfer awal 2022. Salah satu sosok yang mencolok adalah peminjaman Ferdinand Sinaga dari Persis Solo.

Menurut Gall, aspek yang perlu diperbaiki dari PSM adalah soal penyelesaian di lini depan. Setelah menonton beberapa video tim di laga sebelumnya, ia berpendapat hal tersebut menjadi salah satu penyebab Laskar Pinisi kesulitan memetik kemenangan.

Dengan kedatangan 11 pemain anyar, Gall merasa dirinya memiliki banyak pilihan untuk menambal skuad yang sedang diterpa badai cedera. Ia bersyukur manajemen klub mengambil langkah cepat untuk memperbaiki klub yang sedang terseok-seok. PSM kini berada di posisi ke-12 dengan mengemas 20 poin. Madura United setingkat di atas PSM dengan mengemas 21 poin.

Menurut pelatih Madura United Fabio Lefundes, PSM adalah salah satu tim berat karena memiliki wajah baru di sektor pemain dan pelatih. Juru taktik asal Brasil yang baru melatih Madura United selama dua bulan itu merasa setiap kehadiran sosok anyar akan membuat kekuatan tim tersebut lebih sulit diprediksi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Madura United FC (maduraunited.fc)

"Kami persiapkan hal-hal yang baik setelah kompetisi dimulai kembali. Kami akan menghadapi tim yang baru karena banyak pemain mereka yang baru. Kami siap dengan apa pun yang terjadi selama pertandingan," kata Fabio.

Fabio berpendapat, PSM berhasil sebagai tim paling aktif di bursa transfer dengan mendatangkan banyak pemain baru. Meski begitu, ia tidak khawatir karena sudah punya formula yang bisa membuahkan kemenangan.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat