Pemain Persija Jakarta Marco Simic melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama ke gawang PSIS Semarang pada pertandingan Liga 1, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (15/9/2019). Persija Jakarta berhasil mengalahkan PSIS Semarang d | ANTARA FOTO

Olahraga

06 Jan 2022, 02:58 WIB

Persija dan PSIS Tampilkan Kekuatan Penuh di Liga 1

Persija termasuk di antara peserta Liga 1 yang banyak mendatangkan pemain baru

JAKARTA -- PSIS Semarang dan Persija Jakarta akan berhadapan di laga perdana seri keempat Liga 1 2021/2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kamis (6/1) malam WIB. Pada laga ini, kedua tim akan menurunkan kekuatan maksimal setelah persiapan tim yang cukup selama jeda paruh kedua kompetisi.

Pelatih sementara PSIS Semarang Ahmad Faisal memastikan skuad Laskar Mahesa Jenar sudah siap menghadapi tim Ibu Kota. Meskipun tidak didampingi oleh pelatih kepala Dragan Djukanovic yang masih berada dalam masa karantina, Faisal memastikan dirinya selalu berkomunikasi dengan Djukanovic. Ia percaya diri timnya bisa memberikan yang terbaik pada laga nanti.

"Kami sudah persiapkan semuanya, termasuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh beberapa pemain yang absen seperti Fredyan Wahyu. Jadi, melawan Persija ini sudah persiapkan lebih baik lagi dari sebelum-sebelumnya," kata Faisal dalam konferensi pers virtual menjelang pertandingan, Rabu (5/1).

Faisal menyadari, Persija termasuk di antara peserta Liga 1 yang banyak mendatangkan pemain baru selama bursa transfer dibuka. Skuad Macan Kemayoran menghadirkan Ichsan Kurniawan (gelandang), Samuel Christianson Simanjuntak (bek), Ahmad Bustomi (gelandang), Makan Konate (gelandang), Ikhwan Ciptady Muhammad (bek), dan Irfan Jauhari (penyerang sayap).

Hal itu tentu akan menambah kekuatan Persija menghadapi putaran kedua. Namun, Faisal memastikan PSIS juga tidak kalah siap dari Persija. "Pemain kami dalam kondisi lebih bugar di paruh kedua ini. Tentu kami akan lebih fokus kepada tim sendiri," ujar dia.

PSIS masih akan tampil tanpa Pratama Arhan dan Alfeandra Dewangga yang masih menjalani karantina setelah membela timnas Indonesia di Piala AFF 2020. "Di beberapa seri sebelumnya, kami juga tampil tanpa mereka. Bagi saya, semua pemain di sini sama. Kami akan tampil dengan kekuatan penuh lawan Persija," ungkap Faisal.

Di lain pihak, pelatih Persija Angelo Alessio mengatakan, seperti yang diinginkan oleh semua tim peserta Liga 1, skuad Macan Kemayoran juga pasti ingin mengawali paruh kedua musim dengan permulaan yang baik. Ia memastikan, tim asuhannya sudah mempersiapkan diri dengan baik dan menjalani latihan yang intens selama jeda kompetisi.

"Kami siap untuk bermain dan memberikan yang terbaik untuk tim," kata Angelo dalam konferensi pers virtual, Rabu.

Pelatih berusia 56 tahun itu juga memastikan, para pemain yang baru bergabung dengan Persija bisa beradaptasi dengan baik bersama skuad Macan Kemayoran. Namun, ia menyayangkan tim tidak punya cukup waktu untuk menggelar laga uji coba. Di antara para pemain tersebut, Makan Konate dipastikan akan bermain sebagai starter.

Dengan kekuatan baru yang dimiliki Persija di putaran kedua, Angelo menargetkan tim untuk bisa bermain lebih baik dan terus memperbaiki posisi di papan klasemen. Ia juga menyadari, sebagai tim besar, Persija punya suporter setia yang selalu mengharapkan hasil positif di setiap pertandingan. "Kami harus mencapai tempat yang seharusnya (di klasemen)," kata Angelo.

Di sisi lain, pelatih asal Italia itu juga mengakui kekuatan PSIS yang unggul dua poin dari Persija. PSIS kini menduduki posisi keenam klasemen dengan mengemas 27 poin. Persija sementara di posisi kedelapan dengan mengoleksi 25 poin.

Menurut Angelo, hal itu menunjukkan, bagaimana kualitas PSIS. Selain itu, lanjut dia, PSIS juga mendatangkan beberapa pemain baru yang pasti akan menambah kekuatan tim.


×