Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo mencetak gol dalam sebuah pertandingan. | AP

Olahraga

13 Dec 2021, 09:24 WIB

MU dan Rekor Baru CR7 Cristiano Ronaldo

Kemenangan 1-0 atas Norwich membawa MU naik satu peringkat.

NORWICH CITY -- Manchester United (MU) secara perlahan mulai memperbaiki posisi di papan klasemen sementara Liga Primer Inggris. Sempat terpuruk di peringkat delapan, MU mulai mendekat ke posisi empat besar.

Kemenangan 1-0 atas Norwich City, Sabtu (11/12) malam WIB, membawa Setan Merah naik satu peringkat ke posisi kelima. Unggul satu poin dari Arsenal yang berada di posisi keenam, MU mengantongi koleksi poin yang sama dengan West Ham—yang duduk di peringkat keempat. MU dan West Ham sama-sama mengumpulkan 27 poin, tapi the Hammers baru akan memainkan laga kontra Burnley pada Ahad (12/12) waktu setempat.

Keberhasilan memetik poin penuh dari kandang Norwich itu tak terlepas dari kontribusi Cristiano Ronaldo. Ia mencetak gol via eksekusi penalti pada menit ke-75. Sejumlah rekor baru pun dipecahkan pengoleksi lima gelar Ballon d'Or itu. Norwich menjadi tim ke-165 yang berhasil dibobol Ronaldo di sepanjang kariernya (120 klub dan 45 tim nasional).

Selain itu, Ronaldo menjadi pemain MU ketiga yang mencetak gol dalam satu musim di bawah kendali tiga pelatih berbeda, yaitu Ole GUnnar Solskjaer, Michael Carrick, dan Ralf Rangnick. Tidak hanya itu, Ronaldo menyamai rekor gol eks penyerang MU, Solskjaer, di pentas Liga Inggris. Ronaldo dan Solskjaer sama-sama telah membukukan 91 gol untuk MU.

Hanya ada lima sosok lain yang mencetak gol lebih banyak dari Ronaldo dan Solskjaer untuk MU di Liga Inggris. Gol Ronaldo itu juga menjadi keberhasilan penalti ke-50 MU pada laga tandang Liga Inggris. Hanya Liverpool yang memiliki catatan gol penalti di laga tandang lebih banyak dibanding MU di pentas Liga Inggris.

Namun, gol ke gawang the Canaries itu juga menjadi bukti peran besar Ronaldo buat MU. Selain Bernardo Silva bersama Manchester City, pemain berusia 36 tahun itu menjadi pemain yang paling sering mencetak gol kemenangan untuk MU.

Ronaldo mencetak tiga gol kemenangan untuk MU di Liga Inggris musim ini. Selain di laga kontra Norwich City, Ronaldo menjadi pembeda saat mengantarkan MU membungkam Arsenal, 3-2, dua pekan lalu.

Pemain yang direkrut dari Juventus pada awal musim ini telah menyumbang tujuh gol dan dua assist dari 13 penampilan di Liga Inggris musim ini. Total, Ronaldo telah mengemas 13 gol dan 2 assist dari 19 penampilan di semua ajang pada musim ini.

Dalam unggahan di akun media sosialnya, Ronaldo menyebut MU telah berada di jalur yang benar, terutama setelah terseok-seok yang berimbas pada pemecatan Solskjaer dari kursi pelatih dan kemudian digantikan oleh Ralf Rangnick. ''Kami tahu apa yang kami inginkan dan apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan keinginan tersebut. Ini semua tergantung pada kami. Kerja bagus, kawan-kawan,'' tulis Ronaldo di akun Twitter, Ahad (12/12).

Diselamatkan penalti

Dari laga lainnya, keberuntungan juga menaungi tiga tim teratas di klasemen sementara, Manchester City, Liverpool, dan Chelsea. Kemenangan yang direngkuh tiga tim tersebut pada pekan ke-16 berasal dari gol via tendangan penalti. 

Sementara City melewati adangan Wolverhampton Wanderers lewat gol penalti Raheem Sterling, Liverpool membungkam tamunya, Aston Villa, melalui gol semata wayang Mohamed Salah dari titik putih. Keberuntungan terbesar rasanya dimiliki Chelsea. Mendapatkan perlawanan sengit dari Leeds United di Stadion Stamford Bridge, kampiun Liga Champions itu menutup laga dengan kemenangan, 3-2.

Tim besutan Thomas Tuchel itu mendapatkan dua hadiah tendangan penalti di laga yang dihelat di Stadion Stamford Bridge. Bahkan, gol kemenangan the Blues dicetak lewat eksekusi penalti Jorginho pada masa injury time babak kedua—tepatnya pada menit ke-94.

Tuchel mengakui adanya faktor keberuntungan dalam kemenangan anak asuhnya atas Leeds. ''Intensitas di laga itu begitu tinggi. Meski ada sedikit keberuntungan di gol terakhir, kami layak mendapatkan kemenangan ini,'' ujar Tuchel seperti dikutip BBC, Ahad.

Kemenangan atas Leeds terbukti menjadi torehan krusial bagi the Blues, terutama untuk bisa terus terlibat secara langsung dalam perebutan posisi teratas klasemen sementara. Dengan tambahan tiga angka di laga itu, Chelsea mempertahankan posisi di tempat ketiga dan menjaga jarak dua poin dengan City yang duduk di peringkat teratas klasemen sementara.

 


×