Ketum HIPMI, Mardani H Maming | Dokpri

Ekonomi

HIPMI Wadah untuk Cetak Entrepreneur Muda

HIPMI juga merupakan bagaimana dapat mengkaderisasikan orang dan melahirkan pemimpin-pemimpin muda.

MANOKWARI - Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Mardani H. Maming mengatakan bahwa HIPMI sejak kelahirannya ada dan untuk melahirkan entrepreneur muda yang berjiwa kreatif, inovatif, dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi persaingan dunia usaha, dan mempunyai jiwa kepemimpinan.

Dimana sejak didirikan pada 10 Juni 1972, pendirian organisasi ini dilandasi semangat untuk menumbuhkan wirausaha di kalangan pemuda, bukan sekedar untuk meningkatkan kapasitas para kader-kader HIPMI, namun lebih untuk kehadiran HIPMI juga bisa memberikan inovasi-inovasi baru dan mencetak sejarah dalam kehadirannya.

"HIPMI adalah wadah organisasi yang lahir dan ada untuk bagaimana dapat melahirkan entrepreneur muda yang lebih hebat. Ini mulai dibuktikan dimana dalam usia ke-50 tahun pada 2022 mendatang, apa yang harus dikerjakan lebih hebat lagi di masa usia emasnya nanti," ujar Maming, dalam sambutannya pada pembukaan Musyawarah Daerah V BPD HIPMI Papua Barat di Vega Hotel, Kota Sorong, Papua Barat.

Tujuannya juga adalah untuk bagaimana dapat melahirkan calon dan generasi pemimpin yang berkualitas. HIPMI juga merupakan bagaimana dapat mengkaderisasikan orang dan melahirkan pemimpin-pemimpin muda.

"Saya selalu menyampaikan bahwa kalau kita mau merubah pikiran bangsa dan menjadi pelaku usaha sukses. Ini yang harus kita buktikan, dalam wadah bergengsi ini," ucapnya.

Ia juga mengapresiasi semangat yang ada dan diberikan pemerintah khususnya dalam hal ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat yang turut menggerakkan setiap semangat organisasi, dan memberikan dukungan dalam pengembangan HIPMI di Papua Barat.

"Apresiasi juga kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat, yang betul-betul mensupport HIPMI khususnya. Diharapkan, ini menjadi spirit untuk semakin menggerakkan roda semangat organisasi HIPMI dalam kehadirannya lebih kuat lagi, guna menopang segala sektor pembangunan yang ada," ungkapnya.

Dimana, terang Mantan Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan itu, sejarah sudah membuktikan, jikalau semangat orang muda telah mampu untuk membuat sebuah perubahan. Pihaknya yakin, sehingga di masa dan era bonus demografi, Indonesia menyambut dimana kesempatan anak Muda lebih besar.

"Sebab, peluang ini ada dan merata. Apalagi di Papua Barat punya dukungan sumber daya alam (SDA) yang hebat. Sehingga, sangat diperlukan keberanian anak-anak muda pengusaha lokal atau daerah harus berani tampil," tuturnya.

Diharapkan, adanya intervensi pemerintah daerah untuk membuat kebijakan yang sama-sama berpihak dan menjamin kedua sisi baik kepada pengusaha nasional ataupun pengusaha lokal. Sehingga, terlihat pada sebuah keadilan dan penentuan kebijakan serta perizinan yang diberikan oleh setiap kepala daerah nantinya.

"Ingat kesejahteraan di daerah itu, harus sama-sama bisa dinikmati. Jadi asing menikmati, pemerintah dan pelaku usaha di daerah juga menikmati. Disitulah yang disebut dengan berkesinambungan dalam kemitraan dunia usaha," imbuh CEO PT Maming Enam Sembilan Group yang membawahi 56 entitas anak perusahaan itu.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat