Pembalap MotoGP Valentino Rossi memacu motornya saat balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Ahad (14/11). | AP/Alberto Saiz

Olahraga

Balapan Terakhir Valentino Rossi

Selama 26 tahun di dunia balap, Valentino Rossi mencatatkan 115 kemenangan, 235 podium, dan 9 juara dunia.

OLEH EKO SUPRIYADI

Sirkuit Ricardo Tormo menjadi balapan terakhir Valentino Rossi di MotoGP. Juara dunia sembilan kali itu mengakhiri kariernya yang luar biasa di atas roda dua untuk menjalani masa pensiun di usia 42 tahun. Pada akhir musim yang sulit, pembalap asal Italia itu finis di urutan ke-10 dalam GP Valencia. 

Rossi start di urutan ke-10 dalam balapannya yang ke-432. Sempat turun ke posisi 11, pembalap Petronas SRT itu mempertahankan posisinya di starting grid karena Takaaki Nakagami terjatuh. Kemenangan bersejarah Ducati yang finis di peringkat 1, 2, dan 3 seolah tidak dianggap oleh 75 ribu penonton yang sebagian besar adalah penggemar setia Rossi.

Bahkan, tribun penonton dipenuhi oleh warna hijau stabilo — mulai dari baju dan bendera untuk menyambut Rossi. Legenda sepak bola Brasil, Ronaldo, juga ikut mengibarkan bendera kotak-kotak sebelum Rossi dikerubungi oleh timnya dan rekan sesama pembalap. Banyak juga pesohor dunia yang mengirimkan pesan untuk Rossi, seperti Roger Federer, Rafael Nadal, hingga aktor Hollywood Tom Cruise dan Keanu Reeves, yang disiarkan di layar raksasa di sirkuit. 

Diiringi kembang api, Rossi menikmati putaran kehormatan sebelum menghentikan motornya untuk kali terakhir. ''Saya ingin mendedikasikan balapan ini untuknya dan berterima kasih atas apa yang telah dia lakukan untuk kami di akademi,'' kata Francesco Bagnaia yang menjuarai GP Valencia, dikutip dari BBC

Selama 26 tahun di dunia balap, Rossi mencatatkan 115 kemenangan, 235 podium, dan 9 juara dunia. Pada masa kejayaannya, Rossi bisa memenangkan 11 balapan per tahun pada empat musim antara 1997 dan 2005, termasuk 16 dari 17 podium pada musim 2005. Rossi juga menjadi satu-satunya pembalap yang memenangkan Kejuaran Dunia di empat kelas, yaitu 125, 250, 500, dan MotoGP. 

Rossi telah memenangkan balapan GP dengan tujuh motor berbeda, seperti Aprilia 125 cc, Aprilia 250 cc, Honda 500 cc, Honda 990 cc, Yamaha 990 cc, Yamaha 800 cc, dan Yamaha 1.000 cc. Sebanyak 89 kemenangan di kelas MotoGP merupakan yang terbanyak dalam sejarah kelas utama.

''Ini adalah akhir pekan yang sangat spesial dan saya tidak menyangka seperti ini. Saya sedikit khawatir dengan akhir pekan terakhir dalam karier saya karena Anda selalu memikirkan momen ini untuk waktu yang lama dan Anda tidak tahu bagaimana Anda akan melakukannya,'' kata Rossi, dikutip dari Crash.

Tagar GrazieVale pun menjadi tren di media sosial Twitter. Grazie, bahasa Italia yang artinya ‘terima kasih’, dibuat mural di sekitar Sirkuit Ricardo Tormo. Mulai saat ini, tidak akan ada lagi aksi Rossi di sirkuit. Grazie, Vale, yang selama ini menghiasi layar kaca di dunia MotoGP.  

''Karena setelah balapan kami melakukan pesta serius dan kami menikmati seperti kami memenangkan kejuaraan. Itu sesuatu yang tidak akan pernah saya lupakan,'' ujar Rossi.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Valentino Rossi (valeyellow46)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat