Para pemain kesebelasan Chelsea merayakan kemenangan. | AP/Matt Dunham
21 Sep 2021, 12:46 WIB

Chelsea Menang: Euforia Beda Rasa dari Tuchel dan Solskjaer

Chelsea hingga matchday kelima berada di pucuk klasemen Liga Inggris.

LONDON — Pelatih Thomas Tuchel tak langsung jemawa ketika Chelsea bisa mempermalukan Tottenham Hotspur tiga gol tak berbalas pada laga derbi London  di Stadion Tottenham Hotspur, Ahad (19/9) malam WIB.

Sebaliknya, pelatih Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer, langsung berbangga diri seusai meraih kemenangan susah payah di kandang West Ham United. MU yang sempat tertinggal satu gol lebih awal akhirnya mampu menuntaskan laga dengan kemenangan 2-1 lewat gol Cristiano Ronaldo dan Jesse Lingard serta penampilan gemilang kiper David De Gea yang menghalau eksekusi penalti lawan pada masa injury time.

Dua perasaan dari kedua pelatih itu setidaknya sudah cukup menunjukkan betapa rivalitas perebutan tempat teratas Liga Primer Inggris akan sangat sengit. Chelsea, MU, dan Liverpool, yang sehari sebelumnya memetik kemenangan dari Crystal Palace, telah menjadi tiga tim teratas dengan koleksi angka sama, 13 poin. Namun, perbedaan selisih gol saja yang membuat Chelsea hingga matchday kelima berada di pucuk klasemen dan MU menempel di urutan ketiga.

“Sejujurnya saya tidak senang dengan jalannya laga babak pertama. Namun, kami tampil lebih agresif, memenangi duel, dan bermain sebagai tim pada interval kedua. Reaksi itu yang saya tunggu," kata Tuchel dilansir laman resmi Chelsea, Senin (20/9).

Terkait

Apa yang disampaikan Tuchel itu merujuk pada performa anak asuhnya pada 45 menit pertama yang hanya bermain tanpa gol. Masuknya N’Golo Kante selepas turun minum ternyata mengubah daya gedor pasukan the Blues. Alhasil, Chelsea pun mampu mencukur tuan rumah dengan tiga gol yang dicetak oleh Thiago Silva, Kante, dan Antonio Rudiger.

“Jika memiliki N'Golo, Anda memiliki sesuatu yang dicari semua orang. Anda memiliki segala yang diperlukan di lini tengah: kerja keras, intensitas, memenangkan bola, permainan penuh kemampuan, mengolah bola, mengendalikan setengah lapangan, bahkan gol. Dia adalah pemain yang fantastis,” kata Tuchel, dikutip dari Irish Time, Senin (20/9).

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Chelsea FC (chelseafc)

Pujian Solskjaer

Sementara, Solskjaer menegaskan, betapa timnya layak untuk memenangkan laga ini. “Saya pikir kami menciptakan banyak peluang besar. Kami menekan mereka dan seharusnya mendapatkan beberapa penalti. Respons luar biasa saat mereka mencetak gol. Sikap yang bagus, performa tandang yang sangat bagus,” kata Solskjaer, dikutip dari laman resmi MU.

Dalam laga tersebut, MU sampai mendapatkan 11 tendangan sudut, dengan beberapa peluang emas yang meleset. Salah satunya tendangan Bruno Fernandes yang membentur tiang. Solskjaer menambahkan, 10 sampai 15 menit saat memasuki babak kedua, skuad-nya mampu menekan lawan dengan sangat baik.

Solskjaer juga menyayangkan keputusan wasit yang mengabaikan kesempatan bagi Cristiano Ronaldo mendapatkan penalti. "Ronaldo seharusnya jelas mendapatkan dua hadiah penalti. Semoga saja insiden itu bukan berarti Ronaldo menjadi tidak akan pernah mendapatkan penalti," katanya dikutip 101 Great Goals.

Bagi Ronaldo, tambahan gol dari laga ini telah membuatnya menambah koleksinya sebagai pemain produktif. Total dalam tiga penampilannya bersama MU, Ronaldo telah mencetak empat gol— dua gol saat berhadapan dengan Newcastle United dan satu gol masing-masing dicetak pada laga versus Young Boys di Liga Champions dan West Ham United.

Pujian Solskjaer lainnya ditujukan kepada De Gea. “Kalian tahu dia adalah kiper top. Semua orang di belakangnya menyukainya. Dia kembali fokus, sangat bertekad, dengan hasrat untuk menunjukkan siapa dirinya,'' katanya seusai pertandingan.

Di samping penyelamatan penaltinya yang luar biasa, kiper asal Spanyol itu juga tampil cukup baik dari awal musim ini. De Gea melakukan dua penyelamatan penting saat melawan Wolverhampton Wanderes dan saat memblok tendangan striker Southampton Adam Amstrong pada dua laga sebelumnya. “Dia sangat fokus dan menyelamatkan dua poin kami hari ini,” ujarnya.

Hasil Lengkap Pertandingan Liga Inggris hingga Ahad (19/9) waktu setempat

Brighton & Hove Albion 2 - 1 Leicester City

West Ham United 1 - 2 Manchester United

Tottenham Hotspur 0 - 3 Chelsea


×