Petugas melakukan proses validasi dokumen kesehatan calon penumpang pesawat secara digital di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (6/8/2021). Transformasi digital saat ini menjadi hal yang sangat penting termasuk layanan k | ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Nasional

01 Sep 2021, 03:45 WIB

Pentingnya Digitalisasi Layanan Kesehatan di Masa Pandemi

Transformasi digital saat ini menjadi hal yang sangat penting termasuk layanan kesehatan.

JAKARTA -- Transformasi digital saat ini menjadi hal yang sangat penting termasuk dalam bidang riset dan pengembangan produk seperti vaksin dan obat-obatan serta alat-alat kesehatan.

VP Digital & Information Techonology PT Bio Farma, Ervan Belyadi, mengungkapkan saat ini digitalisasi tidak bisa dilawan. Oleh karenanya, Bio Farma terus berinovasi dalam transformasi digital. Hal ini mengingat Bio Farma sebagai induk holding BUMN Farmasi termasuk dalam bidang riset dan pengembangan produk.

Lulusan terbaik Pascasarjana Teknik Manajemen Industri Universitas Pasundan Bandung itu mengatakan, transformasi digital healthcare dilakukan sejalan dengan modernisasi infrastruktur informasi dan teknologi (IT) dan penggunaan IT untuk percepatan time-to-market dari seluruh produk BUMN Farmasi.

Terlebih, dengan kondisi Indonesia yang merupakan negara kepulauan, menjadikannya tantangan sendiri dalam transformasi digital healthcare.

Hal utama yang disiapkan adalah sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dalam memimpin suatu organisasi atau perusahaan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi di era digital . Serta tentunya fasilitas internet yang sudah memadai. "Dengan Indonesia sebagai negara kepulauan seperti ini, fasilitas internet hingga ke Indonesia timur, menjadi suatu hal yang harus disiapkan," ujar Ervan dalam diskusi daring yang diselenggarakan Republika, Selasa (31/8).

Transformasi digital healthcare ini akan sangat bermanfaat, terlebih di kondisi pandemi seperti saat ini. Masyarakat yang ingin mengurangi kontak terlalu lama di rumah sakit bisa memanfaatkan transformasi digital healthcare.

Namun, sambung Ervan, bila ingin menjangkau hingga ke pelosok Indonesia, bukan hanya masyarakat saja yang harus melek digital. Setiap fasilitas kesehatan baik klinik atau apotek yang menyediakan obat juga harus disiapkan.

"Karena dengan adanya kepulauan Indonesia dengan daya jangkau internet menjadi satu hal yang sudah disiapkan, digital healthcare bisa masuk untuk mengisi konten, dengan ini disparitas pelayanan kesehatan di lokasi berbeda mulai bisa disamakan. Saya yakin bisa dilakukan dalam waktu yang cepat dan ini bisa terjadi, " ujarnya.

Tentunya, hal ini tergantung dari kerja sama semua pihak di seluruh Indonesia. Terutama pemerataan internet karena masih ada beberapa daerah yang masih belum terakses internet.

Ia menambahkan, transformasi digital juga memiliki tantangan sendiri, terutama terkait keamanan data. Terlebih data healthcare sangatlah sensitif karena berkaitan dengan kondisi pribadi seseorang.

"Ini yang jadi perhatian semua, termasuk stakeholder lainnya karena ini terkait data pribadi, dan ini akan selalu diimprove agar hal itu tidak terjadi, kami menggandeng provider yang bisa memberikan jaminan kualitas," ujarnya.

"Yang paling susah itu change management, bukan hanya sisi aplikasi tapi bagiamana sistem yang support, sepeti apotek atau klinik siap, kadang di security itu juga di manusianya juga, social engginering yang secara tidak sengaja memberi password, termasuk kami di sisi IT kami sampaikan sosialisai security itu untuk semuanya," tambahnya.

Biofarama telah menggandeng Google Cloud Indonesia dalam menyediakan layanan untuk mendukung transformasi digital Bio Farma dan memberikan solusi layanan mencakup big data analytics, artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML), modernisasi aplikasi, hingga manajemen keamanan dan identitas dan modernisasi infrastruktur.

Google Cloud Indonesia akan menyediakan layanan Infrastructure-as-a-Service, Platform-as-a-Service, dan Software-as-a-Service untuk mendukung transformasi digital Bio Farma. Serta memberikan solusi layanan mencakup big data analytics, artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML), modernisasi aplikasi, alat-alat pengembang (developer tools), manajemen Application Programming Interface (API), aplikasi kolaborasi dan produktivitas.

Juga penyimpanan dan basis-basis data, jaringan (networking), manajemen keamanan dan identitas (security and identity management) dan modernisasi infrastruktur.


×