Sarman Simanjorang | Dokpri

Ekonomi

Walaupun PPKM Diperpanjang, Gairah Ekonomi Kian Meningkat

PPKM harus memberi ruang pelaku usaha melakukan aktivitas ekonomi.

JAKARTA —  Pemerintah dengan resmi memperpanjang PPKM Level 4 untuk yang kelima kali sampai dengan tanggal 23 Agustus 2021. Walaupun belum menurunkan PPKM ke level 3 namun ada kebijakan kelonggaran baru yang diperluas. 

Jumlah pengunjung mall naik menjadi 50 persen. Restoran,cafe yang tadinya hanya take way telah bisa dine in sebanyak 25 persen. Tentu ini akan meningkatkan gairah ekonomi. Kelonggaran ini tentu akan semakin meningkatkan gairah pengunjung,restoran dan cafe akan banyak yang buka kembali juga tenant lainnya.

"Diharapkan jumlah pengunjung mall yang selama sepekan ini hannya mencapai 1.015.303 berdasarkan check-in system Peduli Lindungi dapat meningkat 2 atau 3 kali lipat sehingga aktivitas sektor pedagangan semakin meningkat dan mampu memberikan kontribusi terhadap target pertumbuhan ekonomi kuartal III-2021 yang lebih berkualitas yang dipatok dikisaran 3,5 - 4 persen," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang dalam keterangan tertulisnya pada Rabu (18/8/2021).

Pihaknya memastikan para pelaku usaha siap dan patuh melaksanakan aturan PPKM yaitu kewajiban pengunjung yang sudah divaksin, prokes yang ketat, jumlah pengunjung dan jam operasional yang sudah ditetapkan serta mendukung penuh program vaksinasi nasional.

Pengusaha punya komitmen untuk menjaga agar kasus covid 19 semakin menurun ke titik paling rendah sehingga level PPKM dapat turun sampai secara bertahap dari level 4 sampai ke level 1. Karena masih banyak sektor usaha yang masih menunggu level PPKM ini semakin menurun sehingga usaha mereka dapat buka dan bangkit seperti para pelaku UKM penjual makanan yang berdagang digedung gedung perkantoran, UKM di lokasi pusat destinasi wisata, aneka usaha jasa seperti Event Organizer penyelenggara Pameran,seminar,entertainment,pusat hiburan dan pendukung pariwisata lainnya.

"Bila ke depan kelonggaran ini semakin diperluas, kami para pelaku usaha sangat meyakini bahwa target pertumbuhan ekonomi kuartal III dan IV-2021 akan dapat tercapai sebagaimana yang kita harapkan. Kami pelaku usaha juga mendukung penuh upaya Pemerintah untuk menyusun roadmap hidup bersama Corona,yang nantinya akan mengatur berbagai aktivitas ekonomi dan masyarakat yang akan menyasar 6 sektor yaitu Perdagangan, Perkantoran, Transportasi, Pariwisata, Keagamaan dan Pendidikan," kata Sarman.

Dia menjelaskan, bahwa ini adalah antisipasi pemerintah yang perlu diapresiasi dan dukung karena siapa pun tidak mengetahui sampai kapan pandemi Covid 19 terjadi. Entah setahun, dua tahun, atau bahkan lebih.

Sejalan dengan bergulirnya program vaksinasi covid 19,pemerintah mempersiapkan Pedoman Hidup Bersama Covid dimana aktivitas warga yang sudah divaksin dan belum divaksin akan diatur sehingga semua merasa aman dan nyaman.Kita dari pelaku usaha akan siap memberikan masukan,saran dan pandangan sehingga roadmap ini nantinya dapat diimplementasikan dilapangan dengan baik.

Dengan semangat persatuan,kesatuan dan kolaborasi kita akan mampu mengalahkan Covid 19 untuk percepatan pemulihan dan kebangkitan ekonomi nasional.Corona tumbang,ekonomi berkembang, Indonesia cemerlang.

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat