Petugas Satgas Covid 19 memperlihatkan stiker bertuliskan Mohon Doa Kami Sedang Isolasi Mandiri yang akan ditempel di rumah warga yang terpapar Covid-19 di Kompleks Depkes RW 04 Sunter Jaya Jakarta, Ahad (4/7/2021). | Darmawan/Republika

Nasional

Pasien Isoman Bisa Manfaatkan 11 Telemedicine Gratis

Telemedicine adalah konsultasi secara daring terkait pelayanan kesehatan.

JAKARTA – Pemerintah melibatkan 11 jasa telemedicine swasta untuk melayani secara gratis pasien isolasi mandiri (isoman) dengan gejala Covid-19 ringan. Layanan ini diharapkan bisa membantu mereka yang menjalani isoman sekaligus memfokuskan rumah sakit untuk melayani pasien bergela sedang dan berat.

“Mereka bekerja untuk mengurangi tekanan di rumah sakit. Jadi, rumah sakit hanya untuk yang membutuhkan. Yang lain cukup isolasi mandiri,” kata Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi virtual, Senin (5/7).

Telemedicine adalah konsultasi secara daring terkait pelayanan kesehatan. Layanan ini memanfaatkan teknologi komunikasi untuk konsultasi kesehatan tanpa harus bertemu secara langsung antara dokter dan pasien.

Luhut mengatakan, layanan tersebut bisa diakses masyarakat yang membutuhkan konsultasi dokter agar memperoleh panduan yang benar seputar konsumsi obat atau vitamin maupun aktivitas selama masa pemulihan kesehatan di rumah. Pemerintah mengapresiasi keterlibatan pihak swasta dalam layanan telemedicine secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

photo
Keluarga warga terpapar Covid 19 menempelkan stiker bertuliskan "Mohon Doa Kami Sedang Isolasi Mandiri" di depan rumahnya, di Kompleks Depkes RW 04 Sunter Jaya, Jakarta, Ahad (4/7/2021). Penempelan stiker di rumah warga yang terpapar Covid 19 ini bertujuan untuk mempermudah pengawasan dan pendataan Satgas Covid-19 di lingkungan ini. - (Darmawan/Republika)

“Saya ucapkan terima kasih karena anda terpanggil untuk melaksanakan ini semua,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi tersebut.

Dalam acara yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengemukakan sejumlah kriteria bagi pasien bergejala ringan yang disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Beberapa indikasi bisa dijadikan pegangan dalam memutuskan perlu atau tidak untuk mendapat perawatan di rumah sakit.

“Lihat saturasi oksigennya apakah masih 95 ke atas dan tidak sesak serta komorbid, lebih baik isolasi mandiri di rumah,” kata Budi.

Pasien Covid-19 dengan gejala ringan, diarahkan untuk isolasi mandiri agar terhindar dari risiko penularan virus yang cenderung lebih tinggi di rumah sakit. Selain itu, secara emosional pasien bisa lebih tenang di rumah sehingga imunitas lebih terjaga. “Kalau sudah merasakan sesak dan saturasi di bawah 95 dan komorbid, itu harus masuk rumah sakit,” ujar dia.

11 Jasa Telemedicine Gratis

1. Alodokter

2. Getwell

3. Good Doctor

4. Halodoc

5. Klik Dokter

6. KlinikGo

7. Link Sehat

8. Milvik Dokter

9. ProSehat

10. SehatQ

11. YesDok 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat