Para pemain Persib. | Wihdan Hidayat / Republika
10 Jun 2021, 10:44 WIB

Persib Ramaikan Piala Wali Kota Solo

Persib sudah menerima surat dan mengonfirmasi keikutsertaannya dalam turnamen.

BANDUNG -- Persib Bandung memastikan akan turut meramaikan Piala Wali Kota Solo. Turnamen pramusim ini akan digelar di Solo, Jawa Tengah, 20-26 Juli mendatang.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts menyebut, Persib sudah menerima surat dan mengonfirmasi keikutsertaannya dalam turnamen. Dia menyebut, tertarik dengan format dan peserta.

"Ya sudah ada undangan resminya, kemarin kami menerimanya dan kami menerima itu," kata Robert dalam wawancara daring, Selasa (8/6). 

Selain Persib, ada tujuh tim lain yang turut meramaikan, baik dari klub Liga 1 maupun Liga 2. Di antaranya, Arema Malang, Bhayangkara FC, Bali United, Persis Solo, Rans Cilegon, Dewa United, dan PSG Pati.

Terkait

"Karena kini sudah ada format yang serius, tim yang terlibat juga bagus. Semuanya masih dalam kondisi yang sama, tidak ada tim yang unggul dalam persiapan, jadi ini turnamen yang penting," kata Robert. 

Turnamen ini pun bisa menjadi turnamen terakhir sebelum kompetisi Liga 1 dimulai. Untuk itu, Robert melihat, turnamen ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para pemain. 

"Turnamen ini juga berakhir sekitar 10-14 hari sebelum liga dimulai, jadi jika liga digelar pada 10 (Juli). Jadi waktunya juga tepat," kata Robert menambahkan.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PERSIB (persib)

Terkait kondisi internal, Robert menyebut, telah memiliki target tersendiri yang harus dipenuhi tim. Meski Persib mampu memenangkan dua laga uji coba sebelumnya, Robert ingin menguji timnya melawan kesebelasan yang memiliki level yang sama.

"Laga itu akan menunjukkan bagaimana pertahanan kami, apakah apa yang kami kerjakan sejauh ini bekerja dengan baik atau tidak," kata Robert.

Robert pun ingin menguji stamina pemain dengan menghadapi Tira Persikabo. Berbeda dari dua lawan sebelumnya, Persib dan Tira Persikabo sama-sama sedang melakukan persiapan kompetisi Liga 1. 

"Sejauh ini, masih belum ada kabar pasti, kemungkinan empat pekan dari sekarang (kick-off kompetisi). Jadi, kami akan melihat stamina untuk Liga 1," kata Robert.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Gibran Rakabuming Raka (gibran_walikotasolo)

Tidak berhenti di sana, Robert pun akan melihat hasil dari evaluasi tim pada kekurangan laga uji coba lalu. Yakni, melihat kemajuan tim dari segi transisi bertahan ke menyerang.

"Kami juga ingin melihat apa ada kemajuan soal transisi dari bertahan ke menyerang dan efektivitas dalam memanfaatkan peluang. Itu jadi target spesifik untuk pertandingan nanti," kata Robert.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyatakan, ajang Piala Wali Kota disiapkan khusus untuk Persis Solo lantaran belum pernah bertanding dengan klub profesional lainnya sejak pergantian manajemen baru. Sementara, sebagian klub-klub lainnya, terutama klub Liga 1 sudah mengikuti pemanasan di ajang Piala Menpora 2021.

"Kalau Persis kan belum pernah kompetisi dengan komposisi pemain yang baru. Makanya, harus ada pertandingan yang kompetitif. Yang jelas, ini untuk Persis kan belum pernah ikut kompetisi pascapembelian pemain-pemain baru," kata dia, beberapa waktu lalu. 

Putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut juga menyebut, pelaksanaan Piala Wali Kota tidak mepet dengan kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Dia memastikan, Piala Wali Kota bakal selesai dengan cepat. 

"Nanti selesianya cepat. Kita selesaikan secepat-cepatnya. Jadi, masih ada jeda sebelum Liga 1 dan Liga 2. Juni kita kejar," ucapnya.


×