Seorang warga lanjut usia (lansia) menerima suntikan vaksin COVID-19 di Lippo Village, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (19/3/2021). | ANTARA FOTO/Fauzan

Bodetabek

Vaksinasi di Tangsel Lebihi Target

Tangerang menerapkan pola baru agar ada percepatan vaksinasi untuk lansia.

TANGERANG SELATAN -- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Allin Hendalin Mahdaniar menuturkan, jumlah warga yang sudah divaksin terus mengalami peningkatan dari hari ke hari. Saat ini, pihaknya menggencarkan vaksinasi bagi kalangan guru atau tenaga pendidik menjelang pembelajaran tatap muka (PTM) yang direncanakan pada Juli 2021.

Selain itu, kalangan lanjut usia (lansia) juga menjadi sasaran secara bersamaan. "Ini sesuai dosis vaksin yang diberikan sehingga target berubah-ubah, menyesuaikan," kata Allin di Kota Tangsel, Provinsi Banten, Jumat (28/5).

Dinkes Kota Tangsel menyampaikan, jumlah warga Tangsel yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 mencapai 60 hingga 70 persen dari target sebanyak 113.950 orang. Data terakhir menunjukkan, realisasi vaksinasi dosis satu sebanyak 87.649 orang atau 76 persen. Sementara realisasi vaksinasi dosis dua mencapai 71.167 orang atau 62 persen dari target.

Allin menjelaskan, data tersebut merupakan akumulasi realisasi dari vaksinasi tahap pertama bagi kalangan tenaga kesehatan (nakes) dan tahap kedua bagi kalangan pelayan publik dan lanjut usia (lansia).

Perincian datanya, kata dia, vaksinasi dosis satu bagi nakes sebanyak 11.798 orang atau 132 persen dari target. Adapun vaksinasi dosis dua mencapai 9.615 orang atau terealisasi 108 persen dari total sasaran.

photo
Petugas medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan mengambil sampel darah anggota Panitia Pemungutan Suara ( PPS) yang akan bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) saat tes diagnostik cepat (rapid test) Covid-19, di Ciputat , Tangerang Selatan, Banten, (30/11/2020). - (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Padahal, target awal vaksinasi bagi nakes hanya menyasar 8.901 orang. Sedangkan bagi pelayan publik ditargetkan sebanyak 69.312 orang. Adapun realisasi vaksinasi dosis satu mencapai 51.493 orang atau 74 persen dari target. Sedangkan vaksinasi dosis dua mencapai 42.402 orang atau 61 persen dari sasaran.

Allin mengatakan, untuk kalangan lansia tercapai 24.358 orang atau 68 persen dari target sebanyak 35.737 orang. Dengan target yang sama, vaksinasi dosis dua bagi lansia baru dilakukan terhadap 19.150 orang atau terealisasi 53 persen.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dinas Kesehatan Tangsel (dinaskesehatantangsel)

Pemerintah Kota Tangsel saat ini sedang menggelar vaksinasi tahap dua di Mal Teras Kota, Bumi Serpong Damai (BSD), Kecematan Serpong pada 24 Mei hingga 28 Mei 2021. Mereka yang ditargetkan menjalani vaksin, terdiri kalangan pelayan publik, pedagang, dan lansia, dengan target 4.533 orang.

Door to door

Pemerintah Kabupaten Tangerang menerapkan pola baru agar proses percepatan vaksinasi untuk lansia selesai dengan cara door to door. Pemkab menugaskan petugas medis langsung mendatangi rumah ke rumah, bukan lansia ke tempat vaksinasi.

photo
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada pedagang saat vaksinasi di Summarecon Mall Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (9/3/2021). Sebanyak 1.000 pedagang pasar di Kabupaten Tangerang menjalani vaksinasi Covid-19 tahap pertama. - (ANTARA FOTO/Fauzan)

Juru Bicara Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi mengatakan, cara mendatangi langsung ke rumah lansia agar sasaran semua terlayani vaksin.

"Kebetulan kita sudah melakukan cara door to door sejak awal. Karena kalau tidak, kita kesulitan apalagi bagi lansia yang di daerah-daerah terpencil," katanya di Kabupaten Tangerang, kemarin.

Dia menjelaskan, lansia yang menjalani penyuntikan vaksinasi di rumah adalah mereka yang tidak bisa datang ke puskesmas. Selanjutnya, petugas medis dari 44 puskeamas di setiap kecamatan yang dibantu oleh kader kesehatan tingkat RT/RW mendata terlebih lansia, sebelum mendatangi setiap rumah.

"Dengan cara begitu percepatan vaksinasi lansia bisa segera tercapai. Sedangkan puskesmas kan dikejar target juga. Jadi upaya itu bisa jadi lebih efektif," ujar Hendra. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat