Hikmah Republika Hari ini | Republika

Hikmah

Kezaliman Mudik

Mudik pada situasi pandemi bisa berubah menjadi sebentuk kezaliman.

Oleh PROF DINDIN SOLAHUDIN

OLEH PROF DINDIN SOLAHUDIN

Pada situasi normal, kegiatan mudik sebenarnya sangat mulia. Mudik itu komitmen dan ekspresi silaturahim. Itu penting bagai semen perekat masyarakat, bagai besi pengokoh harmoni. Sebagai pergerakan kohesi sosial, mudik amatlah penting bagi spirit kebangsaan dan konstruksi kenegaraan.

Namun, tidaklah demikian arti penting mudik pada situasi pandemi. Mudik pada situasi pandemi bisa berubah menjadi sebentuk kezaliman. Alih-alih bermakna maslahat, mudik malah berdampak mudarat. Dipandang mulia pada saat normal, pelaku mudik saat pandemi malah bisa dianggap berdosa, bukannya berjasa dan berpahala.

Inilah penjelasan mengapa Nabi melarang orang pergi keluar dari area wabah. "Jika kalian mendengar tentang wabah di suatu negeri, janganlah kalian memasukinya. Tetapi jika terjadi wabah di daerah kalian berada, janganlah kalian meninggalkan daerah itu." (HR Bukhari 3.214; Muslim 4.108).

Satu orang keluar dari wilayah wabah, ribuan orang di luar wilayah itu terancam tertular dan terpapar. Alquran mengingatkan, pergerakan meninggalkan area wabah itu begitu besar tingkat kezalimannya, sedemikian rupa sehingga satu orang pergi mudik itu berdosa seolah-olah mengancam nyawa semua orang dan, sebaliknya, satu orang tidak mudik itu berjasa seolah-olah menyelamatkan nyawa semua orang (lihat QS 5: 32).

Seyogianyalah bagi seorang Muslim, rasa kawatir menularkan itu jauh lebih besar daripada rasa takut tertular. Menularkan adalah kezaliman terhadap orang lain dan tentu dosa. Tertular adalah kelengahan yang hanya zalim terhadap diri sendiri.

Sabda Nabi, berhati-hatilah dari kemungkinan melakukan apa pun bentuk kezaliman, sebab kezaliman itu akan menjelma menjadi gumpalan-gumpalan kegelapan di hadapan si zalim kelak pada hari kiamat (Muslim 4675). 

Inilah sebab mengapa kaidah fikih berbunyi, "La dharara wa la dhirar" (Tidak boleh membahayakan orang lain, tidak boleh pula membahayakan diri sendiri). Jadi, kewaspadaan untuk tidak menulari orang lain itu prioritas pertama. Setiap orang perlulah mendahulukan kepentingan untuk tidak berlaku zalim dengan menjadi media persebaran virus.

Secepat apa pandemi Covid-19 ini akan berakhir? Itu berbanding lurus dengan angka kezaliman. Semakin tinggi angka kezaliman, semakin cepat persebaran Covid-19 dengan segala variannya. Semakin rendah angka kezaliman akan semakin cepat wabah berlalu.

Dalam kerangka ini, orang-orang yang cukup sabar tidak tergoda mudik itu sejatinya merupakan pahlawan (peraih pahala) kemanusiaan. Tidak mudik itu prestasi. Tidak mudik itu hebat.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat