Hikmah Republika Hari ini | Republika

Hikmah

Keluarga Penghafal Alquran

Semoga Allah menganugerahkan kepada kita kaum Muslimin keluarga penghafal Alquran.

Oleh IMAM NUR SUHARNO

 

OLEH IMAM NUR SUHARNO

Dikisahkan, Abdullah bin al-Mubarak, laki-laki asal Bashrah, berniat menuju Masjidil Haram untuk menunaikan ibadah haji. Saat itu, matahari bulan Syawal bersinar terik. Dalam kondisi kepayahan, tiba-tiba ia melihat sebuah titik hitam dari kejauhan yang semakin lama menjadi jelas bahwa titik hitam itu ternyata adalah seorang wanita.

 “Assalaamualaikum,” sapa Abdullah dengan hati-hati. “Salaamun qaulan min rabbir rahiim” (“Salam”, sebagai ucapan selamat dari Tuhan yang Maha Penyayang), jawab wanita itu. Abdullah pun terkejut sekaligus heran karena salamnya dijawab dengan petikan ayat surah Yasin.

“Hendak ke manakah engkau?” tanya Abdullah lagi.

Subhaanalladzii asraa bi’abdihii lailan minal masjidil haraami ilal masjidil aqshal ladzii baaraknaa haulahuu linuriyahuu min aayaatinaa innahu huwas samii’ul bashiir.” (Mahasuci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui), ujar wanita itu.

Abdullah semakin takjub. Ia pun mulai mengerti bahwa wanita itu hanya mau menjawab setiap pertanyaan dengan Alquran. Rupanya, wanita itu baru saja selesai menunaikan perjalanan dari Tanah Suci dan hendak kembali ke kampung halamannya di Baitul Maqdis, Palestina.

Kemudian, Abdullah bertanya lagi, “Berapa lama engkau tersesat di tempat ini?”

Tsalaatsa layaalin sawiyya” (Selama tiga malam, padahal kamu sehat), jawab wanita itu mengutip surah Maryam. Abdullah semakin bertambah takjub dengan kemampuan wanita itu menggambarkan keadaan dirinya dengan menukil ayat-ayat Alquran.

“Mengapa engkau tidak berbekal sedikit pun makanan dan air?” tanya Abdullah mengemukakan keheranannya melihat wanita itu tanpa membawa bekal sedikit pun.

Walladzii huwa yuth’imunii wayasqiin” (Dan Tuhanku, yang Dia memberi makan dan minum kepadaku), jawabnya.

Begitu seterusnya, setiap pertanyaan Abdullah selalu dijawab dengan ayat-ayat Alquran. Wanita tersebut tidak pernah mengeluarkan kata-katanya sendiri, semua diambilnya dari Alquran. Abdullah pun semakin ingin mengetahui alasannya. Ia bertekad mengantarkan wanita tersebut ke kafilahnya dan mencari tahu.

Setelah bertemu rombongan wanita itu dan ketiga orang putranya, Abdullah segera mengajukan pertanyaan yang menggelitik pikirannya sejak bertemu dengan wanita berlisan suci tersebut. “Tuan Abdullah, ini memang sudah merupakan tekad kami untuk hanya berbicara menurut Alquran minimal 40 tahun,” ungkap salah satu putra wanita itu. Abdullah pun bertakbir dan bertasbih.

Allahuakbar. Kisah tersebut memberikan inspirasi bagi setiap kita yang merindukan memiliki keluarga penghafal Alquran. Keluarga yang diistimewakan dan dimuliakan di dunia dan dimuliakan di akhirat.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari golongan manusia.” Kemudian para sahabat bertanya, “Siapa mereka, wahai Rasulullah?”

Jawab beliau, “Ahli Alquran adalah keluarga Allah dan yang diistimewakan” (HR Nasai). 

Semoga Allah menganugerahkan kepada kita kaum Muslimin keluarga penghafal Alquran. Amin.

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat