Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/3/2021). Rapat tersebut membahas Holding Ultra Mikro. | ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Nasional

‘Kementerian BUMN Sangat Berkontribusi Lawan Covid-19’

Dari sisi nonbisnis peran BUMN dinilai sangat signifikan dalam membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

JAKARTA – Pengamat komunikasi korporasi Fatimah Ibtisam menilai, kinerja Kementerian BUMN menjadi sangat berkontribusi dalam fase kebangkitan pascapandemi Covid-19. Menurutnya, BUMN mampu menunjukkan tingkat resiliensi yang baik.

“Saat krisis di tengah pandemi kemampuan organisasi untuk tanggap dan bertahan di tengah krisis itu adalah kunci. BUMN menunjukkan hal itu,” kata Fatimah, Rabu (28/4).

Menurut lulusan Pascasarjana Komunikasi Universitas Indonesia itu, sekalipun terdampak pandemi Covid-19, BUMN tetap mampu beroperasi. “Demi kelangsungan bisnis maupun menjadi motor yang memberi manfaat bagi perekonomian rakyat,” kata dia.

Apresiasi juga datang dari Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Luhut mengapresiasi kinerja Kementerian BUMN di bawah pimpinan Erick Thohir yang diniai mampu meningkatkan kinerja bisnis maupun nonbisnis BUMN.

“Pada era kepemimpinan Pak Erick Thohir, tuntunan dijawab dengan mempertajam lini bisnis dari masing-masing BUMN,” ujar Menko Luhut lewat sambutannya dalam acara IFG Progress 2021, Rabu (28/4).

photo
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (tengah). - (FIKRI YUSUF/ANTARA FOTO)

Dari sisi bisnis, kata dia, sangat terasa perbaikan dari aspek fokus bisnis dan tata kelola perusahaan. Semangat perbaikan terasa dari level tertinggi dan terendah di BUMN. “Sejauh pengamatan saya, program besar Kementerian BUMN dalam setahun terakhir menunjukkan kinerja yang positif,” ujar dia.

Tak hanya sisi bisnis, dari sisi nonbisnis peran BUMN dinilai sangat signifikan dalam membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta dalam proses bangkit dari pandemi Covid-19. Menurut Luhut, peran BUMN sangat membantu pemerintah dalam program vaksinasi untuk seluruh masyarakat.

“Dalam kondisi pandemi, BUMN juga turut berperan aktif dalam menangani penyebaran virus dengan membantu pemerintah memberikan vaksin dan peralatan medis kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan,” ujar Luhut.

Peran sentral Kementerian BUMN juga terasa dalam membantu masyarakat. Yang paling signifikan dalam membantu UMKM untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) maupun BUMN lain seperti Askrindo dan Jamkrindo.

“Saya juga mengapresiasi Kementerian BUMN karena berperan aktif membangun ekonomi melalui pemulihan ekonomi nasional di kala negara sedang pandemi Covid-19. Dengan memberikan penjaminan terhadap kredit UMKM dan pemberian penjaminan itu untuk memastikan UMKM tetap menjalankan usaha dalam kondisi Covid-19,” kata Luhut.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat