Suasana sidang paripurna di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (21/1/2021). | Prayogi/Republika.

Nasional

DPR Segera Tetapkan Prolegnas Prioritas 2021

Sempat terjadi tarik menarik antarfraksi terkait penetapan Prolegnas Prioritas 2021.

JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar rapat paripurna pembukaan Masa Sidang IV Tahun Sidang 2020-2021 pada Senin (8/3). Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, DPR akan segera menetapkan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Tahun 2021 pada masa sidang ini.

“Penetapan prolegnas ini penting sebagai acuan yang terukur bagi DPR dalam menjalankan fungsi legislasi pada tahun 2021,” kata Puan dalam pidato pembukaan masa sidang IV, Senin (8/3).

Salah satu agenda terdekat yang akan dilaksanakan Badan Legislasi (Baleg) DPR adalah pengambilan keputusan penyempurnaan Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2021 dan Prolegnas RUU Perubahan Tahun 2020-2024 yang telah diputuskan pada rapat kerja tanggal 14 Januari 2021 lalu. “Prolegnas besok (hari ini) dibahas raker pukul 10.00 (WIB),” kata Wakil Ketua Baleg DPR Willy Aditya.

DPR sampai saat ini belum memutuskan Prolegnas Prioritas 2021. Sikap DPR yang lambat dalam merumuskan prolegnas juga dikritik oleh Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi).

photo
Suasana sidang paripurna di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (21/1/2021). - (Prayogi/Republika.)

Peneliti Formappi, I Made Leo Wiratma, menilai, perencanaan legislasi DPR sangatlah buruk. Hal tersebut dibuktikan dengan belum rampungnya DPR menyusun Program Legislasi Nasional (Prolegnas) RUU Prioritas yang seharusnya sudah disahkan pada Masa Sidang I Tahun Sidang 2020-2021.

“Bagaimana mungkin DPR dapat langsung membahas suatu RUU sementara yang harus dibahas belum ditetapkan. Oleh karena itu, rencana DPR membahas empat RUU pada Masa Sidang III ini menjadi utopis karena tidak memiliki dasar yang jelas dan kuat,” kata Made.

Terkait kritikan Formappi tersebut, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengakui memang sempat terjadi tarik menarik antarfraksi terkait penetapan Prolegnas Prioritas 2021. Namun ia memastikan bahwa hal tersebut sudah selesai dan akan diputuskan dalam masa sidang mendatang.

“Dalam program legislasi memang ada sedikit tarik menarik antara fraksi-fraksi yang kemudian kita sudah bersepakat bahwa kita akan tetapkan Prolegnas Prioritas 2021 pada bulan Maret ini di awal masa sidang,” ucap Dasco.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat