Ilustrasi digital marketing | Pixabay
01 Mar 2021, 19:13 WIB

Makin Jeli Membaca Perilaku Konsumen

Banyaknya transaksi yang kini dilakukan secara digital, membuat digital marketing makin diperlukan.

Dengan semakin tingginya ketergantungan masyarakat dengan dunia digital akibat pandemi, memanfaatkan kekuatan internet untuk mencapai tujuan adalah hal yang mutlak dilakukan. Banyaknya transaksi yang kini dilakukan secara digital, membuat digital marketing makin diperluk

InMobi, sebagai platform marketing cloud global, pada Selasa (1/3), mengumumkan kerjasamanya dengan Gojek dalam bidang layanan mobile on-demand dan pembayaran. Kerja sama ini hadir untuk meningkatkan periklanan, consumer intelligence, dan identity resolution dalam rangka membantu perusahaan di Asia Tenggara. 

Kolaborasi ini akan menggabungkan audience intelligence dari platform Gojek dan kemampuan pemasaran end-to-end dari InMobi untuk membantu jenama melakukan personalisasi dengan cara yang sesuai dengan privasi. Diharapkan, kemitraan ini akan memperkuat wawasan yang mendalam di berbagai industri, iklan yang dipersonalisasi, serta atribusi untuk jenama  di Indonesia, Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Vice President and General Manager InMobi untuk Asia Tenggara, Jepang, dan Korea, Rishi Bedi menjelaskan, melalui kemitraan ini, perusahaan atau jenama akan dapat terhubung dengan audiens Gojek yang sudah terprogram dengan baik di InMobi Exchange. Jenama, lanjut dia, akan memiliki peluang unik untuk membangun pandangan yang tepat mengenai konsumen mereka dengan menggabungkan pola penelusuran dan pembelian, kategori, location intelligence, dan perilaku media yang dapat dilakukan di seluruh platform InMobi dan Gojek. 

Terkait

Selain itu, perusahaan juga dapat mengukur dampak penjualan dari iklan daring mereka di seluruh platform menggunakan mobile intelligence InMobi. Hal ini, mencakup juga lokasi dan sinyal dalam aplikasi Gojek. 

Sementara itu, Pulkit Khanna selaku Vice President AdTech Data Partnership & Monetization Gojek, menjelaskan, kemitraan dengan InMobi akan menawarkan solusi konkret bagi pelaku pemasaran dan menjadi pendorong utama pertumbuhan bisnis mereka. “Karena akan dapat membantu mengoptimalkan biaya pemasaran melalui penargetan yang efektif,” ujarnya. 

Menurut Pulkit, dengan kemampuan untuk memberikan konten yang tepat kepada konsumen pada saat yang tepat, mereka dapat memaksimalkan dampak serta return on investment (ROI). Di sisi lain, konsumen juga akan memperoleh manfaat dengan mendapatkan konten yang lebih relevan. 

 
Jenama akan memiliki peluang unik untuk membangun pandangan yang tepat mengenai konsumen mereka. 
Rishi Bedi, Vice President and General Manager InMobi untuk Asia Tenggara, Jepang, dan Korea
 

Maksimalkan Digital Marketing

Upaya untuk memberdayakan unit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) juga dilakukan Telkomsel bersama Gojek. Beberapa waktu lalu, Telkomsel dan Gojek mengumumkan kolaborasinya untuk  mengintegrasikan layanan Telkomsel MyAds dengan GoBiz, yang merupakan superapp khusus para mitra usaha Gojek.

Integrasi ini akan memungkinkan para mitra usaha Gojek mengakses dan menggunakan berbagai layanan dari Telkomsel MyAds langsung dari aplikasi GoBiz. Hal tersebut memberi peluang baru bagi para mitra usaha Gojek untuk memperluas pangsa pasar tepat sasaran dan mengembangkan bisnis dengan menjangkau lebih banyak pelanggan baru yang  mengandalkan solusi iklan yang terarah.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro menjelaskan, Telkomsel optimistis dalam menatap penguatan kemitraan strategis ini karena melibatkan para pelaku UMKM yang menjadi aktor penting dalam mendorong pertumbuhan dan pemulihan ekonomi. “Kami berupaya membantu sektor UMKM dalam meningkatkan produktivitasnya dengan menjangkau konsumen yang lebih luas,” ujarnya.

Senada, Co-CEO Gojek Andre Soelistyo menjelaskan, GoBiz merupakan salah satu solusi komprehensif Gojek untuk memfasilitasi pelaku UMKM go-digital di masa pandemi. “Kami percaya kolaborasi ini akan membantu ratusan ribu pelaku UMKM di dalam ekosistem Gojek untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan potensi pengembangan bisnis mereka,” ujarnya.

Telkomsel MyAds adalah solusi bisnis yang memfasilitasi pelaku usaha dalam membuat, mengirimkan, dan memonitor kampanye iklan berbasis SMS, MMS, dan pesan pop-up secara mandiri. Sementara, teknologi GoBiz memungkinkan para mitra UMKM untuk mengembangkan usahanya ke tahapan selanjutnya dan membantu operasional usaha sehari-hari.

 


×