Pemain Chelsea Ben Chilwell (kiri) menghindari tekel Pemain Aston Villa Ollie Watkins (kanan) dalam sebuah pertandingan akhir 2020. | EPA-EFE/Richard Heathcote

Olahraga

Chelsea Kembali ke Empat Besar

Chelsea harus mengalahkan Newcastle United pada laga pekan ke-24 di Stamford Bridge.

LONDON -- Chelsea akhirnya punya kesempatan kembali ke empat besar klasemen Liga Primer Inggris. Peluang Chelsea dibuka Leicester City yang menumbangkan Liverpool 3-1 di Stadion King Power, Sabtu (13/2). Untuk merangsek ke empat besar, Chelsea harus mengalahkan Newcastle United pada laga pekan ke-24 di Stamford Bridge, Selasa (16/2) dini hari WIB.

Tim asuhan Thomas Tuchel saat ini berada di posisi lima dengan nilai 39, hanya berselisih satu angka dari Liverpool. Akan tetapi, West Ham United yang menempati peringkat enam juga memiliki nilai serupa dengan Chelsea di klasemen. Kebetulan West Ham akan meladeni tim papan bawah Sheffield United dengan kick-off dua jam lebih awal dari laga Chelsea vs Newcastle. Alhasil, tiga angka wajib diamankan untuk bisa kembali ke empat besar, posisi yang terakhir dirasakan Chelsea pada pekan ke-11 Liga Primer Inggris.

The Blues harus memanfaatkan momentum tak pernah kalah sejak Tuchel mengambil alih kursi pelatih dari Frank Lampard. Apalagi, setelah ini Chelsea akan melakoni tiga laga berat di liga, yakni menghadapi Southampton, Manchester United, dan Everton.

Tuchel menegaskan, timnya siap mendapatkan tiga angka dari the Magpies. "Sekarang kami semua pemburu," kata Tuchel menegaskan, dikutip dari laman resmi Chelsea, Ahad (14/2).

Ada kabar baik dari striker Timo Werner menjelang laga ini. Dia sudah kembali berlatih setelah mengalami cedera ringan. Sementara Kai Havertz belum bisa diturunkan. Begitu pula bek veteran Thiago Silva juga yang menderita cedera otot dan akan disiapkan kembali saat melawan Southampton.

"Akan baik-baik saja jika Timo bermain kembali, tapi terlalu cepat untuk Kai," kata Tuchel.

Chelsea mesti tetap waspada walau hanya sekali kalah dalam 25 pertemuan di liga kontra Newcastle di Stamford Bridge. Sebab, Newcastle sudah dua kali menang di London dalam pertandingan Liga Inggris musim ini, mengalahkan West Ham United dan Crystal Palace. Skuat asuhan Steve Bruce itu juga baru saja mengalahkan Southampton dalam pertandingan terakhir di liga.

Ditambah lagi, Jamaal Lascelles dan Federico Fernandez kemungkinan besar akan bertanding setelah pulih dari cedera. Walaupun, Bruce harus kehilangan tiga pemain setelah kemenangan atas the Saints, yaitu Callum Wilsonm Javier Manquillo dan Fabian Schar.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Chelsea FC (chelseafc)

Liverpool menyerah

Juara bertahan Liga Inggris Liverpool sudah mengangkat bendera putih. Untuk pertama kalinya, the Reds kalah tiga kali beruntun di liga sejak November 2014 saat tumbang di markas Leicester City. Kebetulan rekor buruk itu didapatkan Liverpool ketika masih dilatih oleh Brendan Rodgers, sosok yang kini menukangi Leicester. 

Liverpool juga sudah tujuh kali kebobolan dalam dua pertandingan terakhir di liga. Angka itu terbanyak dalam 10 pertandingan sebelumnya. Dengan demikian, total Liverpool sudah kebobolan 32 gol dalam 24 pertandingan di liga musim ini, lebih sedikit satu gol dari yang mereka alami sepanjang musim 2019/2020.

Hasil negatif atas Leicester ini praktis membuat peluang Liverpool mempertahankan gelar Liga Inggris makin tipis, bahkan hampir tidak mungkin. Bukan semata-mata karena jarak poin yang makin jauh (13 poin), melainkan dari sisi performa yang makin tidak meyakinkan jika dibandingkan dengan Manchester City. The Citizens perlahan menjauh dari kejaran para pesaingnya setelah menaklukkan Tottenham Hotspur 3-0 pada laga Ahad dini hari WIB.

"Kami tidak khawatir soal gelar. Kami tidak bodoh. Sejujurnya saya tidak yakin kami bisa memangkas jarak (dengan City) tahun ini," kata pelatih Liverpool Juergen Klopp, dikutip dari Sky Sports.

 

Hasil Pertandingan Pekan ke-24 Liga Inggris

Leicester City 3-1 Liverpool

Crystal Palace 0-3 Burnley FC     

Manchester City 3-0 Tottenham Hotspur

Brighton & Hove Albion 0-0 Aston Villa

Lima pertemuan terakhir Chelsea Vs Newcastle

Newcastle 0 vs 2 Chelsea (21/11/2020)

Newcastle 0 vs 1 Chelsea (18/01/2020)

Chelsea 1 vs 0 Newcastle (19/10/2019)

Chelsea 2 vs 1 Newcastle (12/01/2019)

Newcastle 1 vs 2 Chelsea (29/08/2018)

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat