Francisco Trincao dari Barcelona, (kanan), merayakan setelah mencetak gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara FC Barcelona dan Alaves di stadion Camp Nou di Barcelona, Spanyol, Sabtu, 13 Februari 2021. | AP/Joan Monfort

Olahraga

15 Feb 2021, 11:08 WIB

Konsistensi Barcelona

Posisi Barcelona saat ini bukti polesan Barcelona makin kinclong setiap pekannya.

BARCELONA -- Barcelona menjaga konsistensi dalam membuntuti Atletico Madrid di puncak klasemen La Liga. Blaugrana memetik kemenangan 5-1 atas Deportivo Alaves pada jornada ke-23 La Liga, di Stadion Camp Nou, Ahad (14/2) dini hari WIB.

Tim asuhan Ronald Koeman tetap menjaga asa meraih trofi La Liga dengan selisih delapan poin dari Atletico. Walaupun, sang pemuncak masih punya satu laga sisa lebih banyak.

Posisi Barcelona saat ini bukti polesan Barcelona makin kinclong setiap pekannya. Awal musim yang buruk membuat mereka sempat kewalahan tembus ke empat besar. Blaugrana perlahan bangkit serta menjaga peluang sekecil apa pun.

Sejak kekalahan 0-3 dari Juventus di Liga Champions pada 9 Desember lalu, Lionel Messi dan kawan-kawan mulai menemukan performa terbaiknya. Mereka hanya kalah dua pertandingan di semua kompetisi, yaitu dari Sevilla pada leg pertama semifinal Copa del Rey dan final Piala Super Spanyol kontra Athletic Bilbao.

Kembalinya sentuhan magis Messi turut membantu Barcelona memberikan ancaman kepada Atletico. Dua golnya ke gawang Alaves membuat Messi mengoleksi 15 gol. Ia menempel ketat pencetak gol terbanyak sementara striker Atletico Luis Suarez, yaitu 16 gol. Artinya, kapten Barcelona itu bisa membuat pembeda pada sisa musim ini.

Belum konsistennya rival abadi, Real Madrid, juga menjadi keuntungan Barcelona. Los Blancos sedang berupaya keras konsisten mendapatkan kemenangan. Krisis pemain yang dialami Madrid membuat pelatih Zinedine Zidane harus bekerja ekstra keras. Sehingga, Barcelona sedikit lebih mudah menggusur posisi Madrid di klasemen.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh FC Barcelona (fcbarcelona)

Koeman tampaknya sudah tak perlu terlalu khawatir dengan kekuatan seluruh pemainnya. Melihat kontribusi pemain yang diturunkan melawan Alaves, Koeman yakin seluruh pemain bisa diandalkan baik itu pemain cadangan maupun pemain inti.

Sergio Dest, Miralem Pjanic, Ousmane Dembele, Pedri, dan Samuel Umtiti yang dimasukkan dari bangku cadangan bisa membayar kepercayaan Koeman. Kehadiran mereka di lapangan membuat permainan Barcelona tampak lebih hidup. Ini cukup melegakan Koeman karena bisa melakukan rotasi pemain di tengah jadwal padat.

Koeman senang permainan meyakinkan melawan Alaves menjadi modal bagus jelang menjamu Paris Saint-Germain (PSG) pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, di Camp Nou, Rabu (17/2) dini hari WIB. Mantan pelatih timnas Belanda itu yakin timnya akan dalam keadaan bagus menghadapi raksasa Prancis itu.

“Tim ini bekerja dengan baik. Kami yakin mampu memenangkan pertandingan melawan PSG, mengetahui bahwa kami bermain melawan tim dengan pertahanan yang kuat (Alaves),” ujar Koeman dilansir dari Marca, Ahad.

 
Tim ini bekerja dengan baik. Kami yakin mampu memenangkan pertandingan melawan PSG, mengetahui bahwa kami bermain melawan tim dengan pertahanan yang kuat.
 
 

Koeman menegaskan, Barcelona harus bermain bagus jika ingin lolos ke babak berikutnya. Ia akan memanfatkan performa baik timnya untuk memberikan hadiah kekalahan kepada pasukan Mauricio Pochettino. Kepercayaan diri yang sedang menanjak adalah modal meraih kemenangan agar memudahkan Messi dan kawan-kawan ketika bertandang ke Paris, Prancis.

Koeman juga berkomentar tentang performa Messi yang sedang bagus-bagusnya. Menurut Koeman, itu kabar baik saat Barcelona ingin mengejar Atletico dan melakoni lagai lain di semua kompetisi. Koeman pun secara terbuka menyebut Messi sangat penting bagi tim.

“Messi sangat penting. Dia dalam performa yang fantastis. Kami tahu dia menentukan. Dia sangat fokus. Dia bahagia. Dia efektif. Dengan dia, segalanya lebih mudah,” kata Koeman.


×