Berkreasi menjadi video creator | Dok Likee

Inovasi

Trik Sukses Menjadi Kreator Video

Saat ini, semua orang bisa menjadi pembuat konten.

Tren membuat video pendek semakin meningkat di dunia maya. Hal ini didorong dengan adanya teknologi yang kian memudahkan orang untuk membuat dan mengedit video. 

Saat ini, banyak platform video pendek yang menyediakan berbagai alat pengeditan video, fitur-fitur, dan efek untuk membuat video pendek yang dapat menarik perhatian. Sayangnya, menjadi content creator video pendek bukan hanya tentang seberapa banyak video yang diunggah di media sosial, tetapi juga bagaimana membuat konten tersebut mengesankan hingga mendapatkan penonton yang loyal. 

Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membuat video pendek berkualitas, antara lain: 

1. Buat username yang unik

Sebuah username yang unik bisa membuat profil kita menimbulkan kesan dan mudah diingat oleh khalayak. Biasanya orang akan mengingat username yang pendek dan menampilkan identitas diri dan karakter tersendiri. Keunikan username juga bisa membedakan profil kita dari orang lain walaupun memiliki nama yang serupa.

2. Ciptakan personal image

Agar lebih mudah diingat dan dikenal orang lain, kita perlu menciptakan personal image yang menggambarkan diri dan kemampuan kita.  Misalnya, jika kita hobi menari, maka tunjukkanlah bakat-bakat yang dimiliki. 

Contoh lain, jika kita tertarik dengan dunia make-up, kita bisa menunjukkan hasil karya riasan dan prosesnya. Tunjukkan juga pengetahuan kita tentang make-up dengan berbagi informasi seperti tips dan trik pada video pendek yang dibuat. 

3. Aturan lima detik

Pembukaan pada sebuah konten adalah hal penting agar orang bertahan untuk mengkonsumsi keseluruhan konten. Pada video pendek, lima detik pertama merupakan durasi krusial untuk menentukan seseorang akan melanjutkan menonton atau melewatkan konten begitu saja. 

Oleh karena itu, kita bisa mencoba menunjukkan pesan penting, kostum atau properti unik lebih awal untuk menarik perhatian penonton lebih lama.

4. Curi perhatian penonton dengan tulisan

Tulisan singkat yang jelas dan menarik dapat menambah poin untuk membuat penonton terkesan. Tulisan ini bisa diletakkan pada caption ataupun pada cover video pendek yang kita unggah. 

Gunakan kata-kata yang interaktif dan mudah dipahami untuk membuat penonton tertarik. 

photo
Ilustrasi membuat konten di media sosial - (Dok Likee)

5. Konsisten dalam mengunggah konten

Setelah memulai menciptan berbagai video, jangan lupa untuk terus konsisten dalam menghasilkan konten. Semakin sering video kita muncul, maka semakin sering pula penonton menikmati karya yang dihasilkan. 

Biasakan juga untuk menjadwalkan waktu posting video, untuk membantu kita tetap konsisten. Kita juga bisa mempelajari lebih banyak lagi tutorial dan cara membuat video pendek yang menarik pada aplikasi Likee. Platform ini menyediakan menu Akademi Creator, yang bisa ditemukan saat kita meng-klik tombol pencarian. 

 
Lima detik pertama merupakan durasi krusial untuk menentukan seseorang akan melanjutkan menonton atau melewatkan konten.
 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat