Mauricio Pochettino | EPA

Olahraga

Resmi Jadi Pelatih PSG, Mauricio Pochettino Umbar Ambisi

Mauricio Pochettino mengusung target membawa PSG kembali ke singgasana liga 1 Prancis.

PARIS -- Baru saja resmi ditunjuk sebagai pelatih anyar Paris Saint-Germain (PSG), Mauricio Pochettino langsung berbicara tentang pertandingan besar melawan Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2020/2021. Mantan pelatih Tottenham Hotspur ini menargetkan menyingkirkan Barcelona pada babak pertama fase gugur.

Pochettino sangat berharap kondisi para pemain PSG yang mengalami cedera sudah membaik dan bisa masuk dalam skuad utama saat bentrok melawan tim peraih lima titel Liga Champions. "Kelihatannya jauh, bulan depan. Terpenting adalah membangun dan mencapai yang terbaik untuk menghadapi Barcelona dalam babak 16 besar," kata Pochettino pada konferensi pers pertamanya dikutip the National, Rabu (6/1).

Selain Neymar Jr, PSG juga kehilangan Mauro Icardi, Pablo Sarabia, dan Juan Bernat karena cedera. Menghadapi tim elite sekelas Barcelona, setiap tim akan sangat membutuhkan komposisi pemain yang lengkap di dalam skuadnya.

Selain berambisi memimpin PSG menang atas Barca dan lolos ke perempat final, Pochettino juga mengusung target untuk membawa Les Rouge et Bleu kembali ke singgasana Ligue 1 Prancis.

"PSG memiliki skuad yang luar biasa dan pemain yang luar biasa. Saya tahu apa yang diwakili PSG dan saya tahu apa itu pemain besar. Saya sangat yakin mereka dapat tampil dengan cara terbaik, itulah harapan dan tantangan kami," katanya menambahkan.

PSG saat ini berada di kursi ketiga klasemen Liga Prancis dengan perolehan angka 35, hanya terpaut satu poin dari LOSC Lille di kursi kedua dan Olympique Lyon di posisi pertama.

Mengelola PSG menjadi tantangan berbeda bagi Pochettino. Sebelumnya, di Southampton dan Tottenham Hotspur, Pochettino bekerja dengan sumber daya pemain terbatas. Namun, tangan dinginnya membuat Pochettino dilabeli pelatih cerdas yang memaksimalkan kemampuan timnya yang minim bintang.

Di PSG, Pochettino harus bisa menaklukkan ego sederet pemain bintang berharga mahal. Bakal ada pergolakan terkait menit bermain atau taktik, terlebih jika PSG meraih hasil buruk. Sementara, terkait rumor memboyong bintang Barcelona, Lionel Messi, ia masih belum mau terlalu cepat berspekulasi.

"Ada banyak rumor di klub-klub besar, seperti PSG. Sudah waktunya untuk menepis rumor itu. Tetapi, yang jelas semua pemain besar di dunia ini selalu disambut tangan terbuka di Paris Saint-Germain,” ujar dia dalam laman ESPN.

Sejauh ini rumor yang terus berembus terkait transfer pemain adalah kemungkinan memboyong Messi dan Dele Alli. Laporan, FourFourTwo menulis deretan pemain yang dikabarkan masuk radar Pochettino ada Paulo Dybala serta Hugo Lloris

“Pada masa depan ada waktu untuk membicarakan ini. Pemain hebat selalu disambut oleh PSG," ujarnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat