Crystian Benteke dari Crystal Palace mencetak gol pertama saat melawan West Ham di London Inggris 16 Desember 2020. | AP/Adam Davy/Pool Press Association

Olahraga

Duel Liverpool VS Crystal Palace yang Ditunggu

Tiga poin dari markas Crystal Palace akan membuat Liverpool menjauhi para rival.

 

LONDON --  Liverpool bakal ditantang tim papan tengah Crystal Palace pada lanjutan pekan ke-14 Liga Primer Inggris 2020/2021, yang berlangsung di Stadion Selhurst Park, Sabtu (19/12) malam WIB nanti. Kemenangan jelas sangat berarti untuk the Reds memperlebar jarak di puncak klasemen.

Pasukan Juergen Klopp baru saja mengantongi hasil positif 2-1 pada laga krusial melawan Tottenham Hotspur tengah pekan kemarin. Alhasil, the Reds untuk sementara berada di peringkat pertama klasemen dengan perolehan angka 28 terpaut tiga angka dari Tottenham di posisi kedua.

Adapun Palace masih kesulitan menemukan penampilan konsisten mereka musim ini. Anak asuh Roy Hodgson tertahan di peringkat ke-12 dengan menelan dua hasil imbang dalam dua partai terakhir.

Meski Liverpool lebih diunggulkan lantaran materi pemain dan kondisi mental usai kemenangan penting atas the Lilywhites, Sadio Mane dan kawan-kawan patut mewaspadai laga tandang.

Tercatat dalam perjalanan kampanye musim ini di Liga Primer, Liverpool gagal mencuri angka sempurna kala bertamu ke markas lawan. Menukil dari catatan statistik Whoscored, the Anfield Gank tercatat telah menelan hasil imbang pada tujuh laga tandang dengan satu kekalahan memalukan, 2-7, dari Aston Villa pada 5 Oktober lalu.

Di sisi lain, dalam dua laga tandang terakhir juara bertahan Liga Inggris bahkan hanya bisa membawa satu angka ketika berkunjung ke dua tim papan bawah Fulham, pun Brighton and Hove Albion.

Meski tahu timnya memiliki catatan kurang menyenangkan pada laga tandang, Juergen Klopp yakin anak asuhnya bakal menunjukkan penampilan luar biasa seperti pada laga sebelumnya. "Kami menginginkan untuk bermain sepak bola dan memenangkan setiap pertandingan, itu adalah target kami melawan Crystal Palace," kata Klopp dilansir laman resmi klub, Jumat (18/12).

Sosok yang baru ditetapkan sebagai pelatih terbaik di dunia ini menambahkan, fokus timnya adalah kembali meraih kemenangan sekaligus memperbaiki catatan buruk saat berlaga di laga tandang. Hasil positif kontra Spurs pun diyakini eks pelatih Borussia Dortmund ini sebagai suntikan motivasi untuk anak asuhnya.

 

 

Kami menampilkan permainan menarik dan itu sangat istimewa. Hasil itu memberikan kami kepercayaan diri, dan kami sudah harus siap untuk laga berat melawan Palace.

 

JUERGEN KLOPP, Pelatih Liverpool
 

Lini belakang bisa menjadi salah satu faktor penting bagi kekuatan Liverpool demi mengimbangi ketajaman sektor depannya yang sudah membukukan 29 gol dalam 13 pertandingan yang dijalani.

Akan tetapi, di tengah suasana kondusif yang dimiliki Liverpool, Crystal Palace berpotensi menjadi ancaman bagi pemilik enam titel Liga Champions tersebut. Sebab, the Eagles, julukan klub asal London itu, berhasil mencatat nilai positif sebelum menerima kedatangan lawannya.

Merujuk pada Whoscored, Palace tidak tersentuh kekalahan di tiga penampilan paling anyar. Bahkan, Wilfried Zaha dan kawan-kawan termasuk salah satu tim kuda hitam Liga Inggris pada musim ini. Sejumlah klub besar pun mampu dibuat repot oleh armada Roy Hodgson, termasuk MU yang digasak 1-3 di Old Trafford dan Tottenham yang ditahan imbang 1-1 di Selhurst Park.

"Kami akan memiliki tim yang lebih kuat pada akhir pekan ini. Sekarang kami harus menemukan solusi mengenai penampilan berikutnya," kata Hodgson, dilansir laman resmi klub.

photo
Pemain Liverpool Roberto Virmino menunjukkan kebahagiaannya setelah mencetak gol dalam sebuah pertandingan - (EPA-EFE/Peter Powell )

Namun sayang, Hodgson tidak akan diperkuat penyerang andalannya pada laga ini. Christian Benteke akan absen karena larangan akumulasi kartu merah yang didapat pada laga melawan West Ham United tengah pekan kemarin.

"Dia sangat bagus dan dia juga dalam performa terbaiknya. Dia akan absen dan itu adalah sebuah pukulan yang berarti untuk kami," sambung eks pelatih Liverpool medio 2010 hingga 2011.

Sementara itu, mengingat Palace telah gagal menjaga clean sheet dalam 14 pertemuan liga mereka dengan Liverpool sejak promosi pada 2013, Hodgson akan tahu bahwa timnya mungkin perlu mencetak lebih dari satu gol. Itu mereka menginginkan tiga angka di hadapan pendukung sendiri.

Basis London Borough of Croydon 

Crystal Palace Football Club adalah klub sepak bola asosiasi profesional Inggris yang berbasis di Selhurst , London Selatan , Inggris. Meskipun tanggal resmi pendirian mereka adalah 1905, klub mengakui tanggal pendirian mereka yang sebenarnya adalah 1861. Ketika klub sepak bola amatir Crystal Palace pertama kali didirikan, setelah sejarawan menemukan garis keturunan langsung melalui kepemilikan mereka di bawah Perusahaan Crystal Palace. Ini akan membuat kesebelasan ini menjadi klub sepak bola profesional tertua di dunia. 

photo
Pemain Crystal Palace mengajukan protes kepada wasit dalam sebuah pertandingan - (AP/Stephen Pond/Pool Getty)

Musim kompetisi papan atas terbaik mereka terjadi pada 1990-91 , ketika klub bersaing memperebutkan gelar liga Inggris , finis tepat di belakang juara akhirnya Arsenal dan runner-up Liverpool di tempat ketiga untuk mencapai finis liga tertinggi klub hingga saat ini. Palace sangat disayangkan kehilangan tempat di Eropa karena meskipun larangan klub Inggris setelah bencana Stadion Heysel sekarang telah dicabut, itu mengakibatkan Inggris tidak mendapat peringkat di kompetisi Eropa yang berarti hanya ada satu tempat yang tersedia di Piala UEFA., dan ini pergi ke Liverpool daripada Istana.

Klub ini menjadi anggota pendiri Liga Premier pada tahun 1992, tetapi terdegradasi pada musim yang sama meski meraih 49 poin yang masih merupakan rekor total poin Liga Premier untuk klub yang terdegradasi. Palace juga telah mencapai dua final Piala FA pada 1990 dan 2016 , menjadi runner-up pada kedua kesempatan itu atas Manchester United.

Bermarkas di Kota Liverpool

Liverpool Football Club adalah sebuah klub sepak bola asal Inggris yang berbasis di Kota Liverpool. Saat ini Liverpool adalah peserta Liga Utama Inggris. Liverpool juga merupakan juara dari Liga Utama Inggris musim 2019–2020.

Liverpool telah memenangkan 6 trofi Liga Champions UEFA (dulu Piala Champions) dan merupakan klub dengan pemegang gelar juara Liga Champions UEFA terbanyak di Inggris dan ketiga di Eropa setelah Real Madrid dan AC Milan[3]. Selain itu Liverpool juga pemegang 3 gelar juara Liga Eropa UEFA[4] dan 4 gelar Piala Super UEFA.

Di kompetisi domestik, Liverpool adalah klub dengan 19 gelar juara Liga Inggris, 7 Piala FA, serta 8 kali juara Piala Liga. Liverpool didirikan pada tahun 1892 dan bergabung dengan Football League pada tahun berikutnya. Klub ini telah bermain di Stadion Anfield sejak pembentukannya yang terletak sekitar 4,8 km dari pusat kota Liverpool.

Periode paling sukses dalam sejarah Liverpool adalah pada tahun 1970-an dan 1980-an ketika Bill Shankly dan Bob Paisley memimpin klub dengan sebelas gelar liga dan tujuh piala Eropa.

Klub ini memiliki sejarah persaingan yang panjang dengan klub tetangganya Everton dan juga dengan Manchester United. Persaingan dengan klub sekota terkenal dengan nama Derby Merseyside. Sedangkan dengan Manchester United di kenal dengan sebutan North West Derby.

Kesebelasan tersebut dikenal memiliki suporter yang sangat fanatik di seluruh dunia. Mereka dijuluki The Kop. Lagu kebangsaan Liverpool adalah "You'll Never Walk Alone".

Dalam sepanjang sejarah Premier League, Liverpool termasuk salah satu dari enam tim yang belum pernah terdegradasi.

Tim ini meraih era terbaiknya saat dibawah manajer Bill Shankly. Pelatih ini kemudian menjadi legenda Liverpool. Ia sangat dihormati karena berhasil membawa Liverpool kembali ke divisi satu setelah sebelumnya berada di divisi dua selama 8 musim. Untuk menghormati jasanya, dibuatlah patung Bill Shankly di pintu masuk Anfield. Pemain-pemain yang terkenal pada masa ini termasuk Ray Clemence, Mark Lawrenson, Graeme Souness, Ian Callaghan, Phil Neal, Kevin Keegan, Alan Hansen, Kenny Dalglish (102 cap), dan Ian Rush (346 gol).

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat