Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memberikan pidato pada acara peringatan HUT ke-22 PAN di Jakarta, Ahad (23/8). | Prayogi/Republika

Nasional

Zulkifli: PAN Siap Bantu Pemerintah

Soetrisno Bachir meminta Amien Rais tetap berada di PAN.

JAKARTA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyatakan partainya siap membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19. Komitmen tersebut merupakan bentuk perjuangan PAN dalam membela kepentingan masyarakat, baik saat di dalam ataupun di luar pemerintahan.

“PAN siap membantu pemerintah dan masyarakat untuk menghadapi krisis akibat Covid-19 ini. Semua elemen dan kader PAN terlibat sepenuhnya,” ujar Zulkifli dalam pidato perayaan HUT ke-22 PAN di Jakarta, Ahad (23/8).

Zulkifli mengatakan, saat ini diperlukan kerja sama banyak pihak untuk melewati krisis yang tengah terjadi. “Di tengah pandemi Covid-19 serta ancaman krisis multidimensional, partai politik dituntut untuk menjadi solusi bagi persoalan bangsa yang sedang dihadapi,” ujar dia.

Pada usia ke-22, usia PAN seperti pertumbuhan seorang individu, di mana manusia dianggap dewasa. Untuk itu, sudah sepantasnya partai menunjukkan sikap kedewasaan. Salah satu tanda kedewasaan, kata Zulkifli, adalah bertanggung jawab terhadap tugasnya. Karena itu, PAN harus hadir dan membantu masyarakat.

“Untuk menjadi jalan keluar bagi berbagai persoalan yang tengah dihadapi bangsa. Kiprahnya selama 22 tahun membuktikan bahwa partai ini terus konsisten mengawal agenda reformasi, dengan segala dinamika yang dihadapi,” ujar Zulkifli.

photo
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memberikan pidato pada acara peringatan HUT ke-22 PAN di Jakarta, Ahad (23/8).  - (Prayogi/Republika)

HUT ke-22 PAN dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual. Dalam pidatonya, Presiden menyampaikan, Indonesia kini tengah diterpa pandemi Covid-19 yang berdampak ke banyak sektor kehidupan dalam negeri. Ia meminta, pandemi ini menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan lompatan kemajuan.

“Krisis ini untuk melakukan lompatan, kesempatan kita mengejar ketertinggalan di saat banyak negara maju mengalami kemunduran. Kesempatan untuk membenahi kelemahan fundamental,” ujar Jokowi.

Jokowi yakin, pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini dapat dilalui secara bersama-sama. Krisis saat ini dilihatnya sebagai momentum untuk mengeksekusi strategi-strategi besar negara.

“Saya percaya PAN sejalan dengan semangat yang saya sampaikan tadi, sejalan dengan semangat pemerintah yang sedang jalan. Kita harus bergerak serentak mendobrak semua tantangan dengan melakukan langkah-langkah perbaikan yang extraordinary,” ujar Jokowi.

Dalam perayaan HUT ke-22 PAN, hadir sejumlah elite yang juga pernah menjabat sebagai orang nomor satu di partai berlambang matahari ini. Tampak hadir Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrisno Bachir dan Ketua Majelis Penasehat Partai (MPP) Hatta Rajasa.

Namun, pendiri utama PAN Amien Rais tak nampak hadir secara fisik dan virtual dalam acara tersebut. Hingga acara selesai sekira pukul 12.45 WIB, Amien tak kunjung datang di perayaan yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo itu. Meski begitu, Zulkifli tetap mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Amien.

“PAN dilahirkan dari rahim reformasi, kita ucapkan terima kasih kepada Pak Amien Rais. Mudah-mudahan seluruh amal ibadah amal soleh yang ditorehkan Pak Amien dan kawan-kawan akan mengalir terus menerus amal jariyah,” ujar dia.

Zulkifli mengatakan, Amien merupakan sosok yang berpengaruh bagi bangsa Indonesia dan PAN. Semangat dan kerjanya saat menjabat sebagai ketua MPR dan posisi strategis lainnya, disebut Zulkifli berdampak positif bagi kehidupan bangsa saat ini.

“Kita doakan Pak Amien selalu diberikan kesehatan dan kekuatan, dan terus memberikan pengabdian kepada bangsa dan negara,” ujar Wakil Ketua MPR tersebut.

Soetrisno Bachir juga meminta Amien tak lagi mempermasalahkan kepengurusan di era Zulkifli Hasan. “Mudah-mudahan Prof Dr Amien Rais mengikhlaskan estafet kepemimpinan kepada generasi kami ini yang dipimpin oleh Saudaraku Zulkifli Hasan,” ujar Soetrisno.

Ia juga berharap Amien tetap berada di PAN. Meskipun mantan Ketua MPR itu, diketahui tak lagi memiliki posisi di struktur kepengurusan PAN periode 2020-2025. “Kami mengharapkan Prof Dr Amien Rais pendiri PAN selalu bersama-sama kita untuk membawa PAN lebih besar dari sekarang,” ujar Soetrisno.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat