Petugas medis menunjukan sample darah milik para awak rumah sakit Siloam Hospitals Kebon Jeruk (SHKJ), Jakarta yang mengikuti rapid test serelogy, Selasa (10/8). (ilustrasi) | Prayogi/Republika

Nasional

GSI Lab Layani Swab 5.000 Tes PCR

Pengambilan sampel swab bisa melalui sistem drive thru, walk thru dan ride thru. 

JAKARTA – Genomik Solidaritas Indonesia (GSI Lab) resmi membuka laboratorium tes polymerase chain reaction (PCR) yang memiliki layanan tes berkapasitas hingga 5.000 tes per hari. Menurut Direktur Utama GSI Lab Nino Susanto, kebutuhan untuk melakukan tes PCR secara masif terus meningkat seiring dengan pergerakan angka penularan Covid-19 di Indonesia.

“GSI Lab menjadi yang pertama dalam menghadirkan laboratorium tes PCR dengan kapasitas besar hingga 5.000 tes per hari,” kata dia dalam konferensi pers yang diadakan di GSI Lab di Jakarta, Rabu (12/8).

Nino menambahkan, masyarakat dapat memanfaatkan berbagai kemudahan yang dihadirkan GSI Lab untuk pengambilan sampel swab, yaitu dengan melalui sistem drive thru, walk thru, dan ride thru. Selain itu, kata dia, masyarakat juga dapat memilih untuk dilakukan pengambilan sampel swab di lokasi yang diinginkan, seperti di kantor maupun rumah sakit rekanan.

Dia berharap hadirnya laboratorium dengan kapasitas besar ini dapat mendukung Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 dalam meningkatkan kapasitas tes PCR nasional secara signifikan serta memperluas akses pengetesan PCR bagi masyarakat yang membutuhkan.

Laboratorium GSI Lab dirancang untuk dapat memberikan pelayanan tes PCR yang tidak hanya berskala masif, namun juga memberikan hasil tes yang cepat. “Sehingga hasil tes dapat diakses pada hari yang sama atau setidaknya H+1 (setelah tes),” ujar dia.

photo
Para Pemain Persib beserta official melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) oleh Labkesda Jawa Barat, di Garaha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat (3/7). - (Edi Yusuf/Republika)

GSI Lab juga membuat program #SwabAndSaveIndonesia dengan mengusung konsep dua untuk satu PCR. Artinya, untuk setiap dua pengetesan PCR gratis yang didonasikan oleh perusahaan atau individu, GSI Lab akan memberikan kontribusi ke dalam program #SwabAndSaveIndonesia dengan menambah satu pengetesan PCR gratis tambahan.

“Donasi akan disalurkan kepada pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 untuk memastikan pengetesan PCR gratis terdistribusi dengan baik,” ujar dia.

Untuk memperluas akses bantuan, GSI Lab bekerja sama dengan BenihBaik.com dan Shopee, untuk mengajak masyarakat bersama-sama mengulurkan tangan dalam mendukung program #SwabAndSaveIndonesia. Pendiri platform BenihBaik.com Andy F Noya  menyambut baik inisiasi yang dilakukan ini.

“Dalam kesempatan ini GSI Lab memberikan akses luas bagi masyarakat yang kesulitan untuk melakukan pengetesan PCR, berapa pun kontribusi donasi yang diberikan masyarakat akan sangat membantu bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Dia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin berkontribusi dapat dilakukan melalui link https://benihbaik.com/campaign/tes-pcr-gratis-untuk-masyarakat ataupun juga bisa dilakukan melalui platform Shopee.

Untuk harga tes PCR jenis basic package sebesar Rp 1.288.000 dan hasilnya bisa diketahui H+1 setelah tes. Sementara jika hasilnya H+3 maka biaya yang dikeluarkan lebih murah, yaitu Rp 1.148.000. Tes ini, dilakukan di fasilitas drive thru GSI Lab dan tidak membatasi minimal pembelian.

Tes PCR yang dilakukan GSI Lab juga bisa dilakukan di lokasi perusahaan dengan pesanan minimal 50 pax, yaitu masing-masing pax sebanyak Rp 1.148.000 dengan hasil yang bisa diketahui H+3 dan Rp 1.288.000 untuk hasil lebih cepat, yaitu H+1. “Jadi, masih relatif lebih murah dibandingkan tes di tempat lain,” ujar Nino.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat