Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) bersama Gubernur DKI Anies Baswedan saat menghadiri peresmian Masjid Amir Hamzah di Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Jumat (3/7). | Dok Tim JK

Khazanah

JK Ajak Umat Ramaikan Masjid

Masjid juga harus memakmurkan masyarakat di sekitarnya.

JAKARTA -- Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) mengajak umat Islam untuk bersama-sama meramaikan masjid. JK mengatakan, tak hanya membangun masjid, umat juga harus memakmurkan masjid.

"Dua hal tentu dalam kita memakmurkan masjid, pertama membangun masjid, kedua meramaikan masjid tempat kita beribadah," ujar JK saat menghadiri peresmian Masjid Amir Hamzah di Kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Jumat (3/7).

Karena itu, lanjut JK, DMI selalu berpedoman bahwa umat Islam memakmurkan masjid, begitu pun sebaliknya masjid juga harus memakmurkan masyarakat di sekitarnya. Ia menerangkan, memakmurkan tidak hanya terkait ibadah, tetapi juga memberikan manfaat kepentingan duniawi.

"Baik ekonomi maupun sosial, jadi saya anjurkan masjid bukan hanya mengaji tiap hari tetapi memberikan manfaat memakmurkan kepada masyarakat dalam kehidupan sehari hari," kata JK.

Wakil presiden ke-10 dan ke-12 RI ini juga bersyukur dengan peresmian Masjid Amir Hamzah yang sudah dirancang sejak lama itu. Ia pun mengingatkan, janji Allah SWT kepada orang yang membangun masjid di dunia dengan balasan dibangunnya istana di akhirat.

Ia berharap Masjid Amir Hamzah ini dapat memberikan manfaat kepada jamaah maupun masyarakat sekitar. Ia juga menyampaikan, pembangunan masjid di kawasan seni ini sejalan dengan tujuan seniman karena keduanya sama-sama memperhalus hati.

photo
Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) saat menghadiri peresmian Masjid Amir Hamzah di Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta, bersama Gubernur DKI Jakarta dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Jumat (3/7) - (Dok. Tim JK)

"Masjid tentu, apalagi berada di TIM ini, daerah para seniman kita, seniman itu kan tujuannya memperhalus hati dan mengekspresikan sesuatu dengan sangat baik," kata JK.

Hadirnya masjid ini, menurut JK, juga mengingatkan siapa pun untuk mensyukuri nikmat, termasuk nikmat inspirasi dan ide. Nikmat-nikmat itu tentunya datang dari Tuhan.

"Masjid tentu setiap kita beribadah, bahwa semua inspirasi dan inovasi itu ditentukan oleh rahmat Allah SWT. Bahwa apa pun yang kita lakukan tanpa rahmat, tanpa petunjuk, tanpa tentunya takdir Allah SWT, tidak akan tercapai," ujar dia.

Selain JK, acara tersebut juga dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria. Anies berharap masjid di kawasan TIM ini menjadi penopang terciptanya kreativitas para seniman dan masyarakat di sekitar masjid.

Selama ini, masjid tersebut kurang lebih tujuh tahun berada di tempat sementara. "Dengan adanya Masjid Amir Hamzah ini nantinya kegiatan-kegiatan di TIM difasilitasi dengan baik proses kreatifnya, di sisi lain kebutuhan akan rumah ibadah juga muncul," kata Anies.

Secara desain, menurut Anies, Masjid Amir Hamzah dapat menampung jamaah dalam jumlah besar. Ia berharap masjid itu dapat menjadi kebanggaan masyarakat Jakarta.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Alhamdulillah, di hari yang mulia, di hari Jumat Berkah, kita memulai pemanfaatan Masjid Amir Hamzah yang sudah selesai dikerjakan oleh Jakpro selama 1 tahun terakhir ini. Kita semua bersyukur bahwa semua yang ditargetkan, amanat yang dititipkan bisa dijalankan dengan baik. Sebagai salah satu bagian dari proses revitalisasi pusat kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Walaupun sempat ada pandemi COVID-19, tapi alhamdulillah jadwal tidak bergeser. Dan insyaAllah nantinya akan menjadi bagian dari cerita tentang karya-karya yang muncul dari Pusat Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Kita berharap bangunan ini bukan saja secara fisik nampak bagus, bukan saja secara fisik bisa dimanfaatkan, tetapi bangunan ini menjadi tempat yang nyaman untuk ide, gagasan, berkembang. Apalagi ini adalah sebuah masjid. InsyaAllah nantinya dapat keduanya. Di sini juga tempat kegiatan ibadah mahdhah, tapi juga di sisi lain ini sebagai suatu tempat di mana para seniman, para budayawan, dan masyarakat dari berbagai tempat di Indonesia bisa merasakan suasana kreatif yang ada di tempat ini Terima kasih kepada semua yang terlibat. Seluruh jajaran Jakpro dan berbagai pihak yang tidak bisa disebut namanya satu-satu. Dan juga terima kasih kepada pak Jusuf Kalla yang telah berkenan untuk ikut menjadi saksi atas dimulainya kembali masjid Amir Hamzah ini. InsyaAllah ini menjadi bagian dari babak baru bagi kita semua di Jakarta. Sumber: @aniesbaswedan #infojabodetabek #jabodetabek #masjidamirhamzah #TIM

A post shared by Info Jabodetabek (@jabodetabekid) on

Terkait keberadaan pada masa new normal, sebelumnya Sekretaris Jenderal PP DMI Imam Addaruquthni mengimbau umat Islam mulai membiasakan diri beribadah ke masjid dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Intensifkan edukasi masyarakat sehingga akan terbiasa. Kalau menahan diri di rumah, nanti kebablasan, masyarakat tidak akan memiliki kreativitas," kata ujar Imam kepada Republika, Rabu (1/7).

DMI, kata dia, sudah merekomendasikan pelaksanaan shalat Jumat dua gelombang untuk menghindari keramaian jamaah pada masa new normal. DMI mengusulkan, jamaah shalat Jumat dibagi dua berdasarkan ganjil-genapnya nomor ponsel mereka.

Sementara itu, mengenai penyelenggaraan shalat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban, lanjut Imam, DMI belum akan memberikan imbauan ke masjid-masjid. Menurut dia, imbauan dari Kementerian Agama (Kemenag) maupun Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah cukup untuk disampaikan dan diterapkan oleh masjid-masjid di seluruh Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Alhamdulillah, di hari yang mulia, di hari Jumat Berkah, kita memulai pemanfaatan Masjid Amir Hamzah yang sudah selesai dikerjakan oleh Jakpro selama 1 tahun terakhir ini. Kita semua bersyukur bahwa semua yang ditargetkan, amanat yang dititipkan bisa dijalankan dengan baik. Sebagai salah satu bagian dari proses revitalisasi pusat kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki.⁣ ⁣ Walaupun sempat ada pandemi COVID-19, tapi alhamdulillah jadwal tidak bergeser. Dan insyaAllah nantinya akan menjadi bagian dari cerita tentang karya-karya yang muncul dari Pusat Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki.⁣ ⁣ Kita berharap bangunan ini bukan saja secara fisik nampak bagus, bukan saja secara fisik bisa dimanfaatkan, tetapi bangunan ini menjadi tempat yang nyaman untuk ide, gagasan, berkembang. ⁣ ⁣ Apalagi ini adalah sebuah masjid. InsyaAllah nantinya dapat keduanya. Di sini juga tempat kegiatan ibadah mahdhah, tapi juga di sisi lain ini sebagai suatu tempat di mana para seniman, para budayawan, dan masyarakat dari berbagai tempat di Indonesia bisa merasakan suasana kreatif yang ada di tempat ini⁣ ⁣ Terima kasih kepada semua yang terlibat. Seluruh jajaran Jakpro dan berbagai pihak yang tidak bisa disebut namanya satu-satu. Dan juga terima kasih kepada pak Jusuf Kalla yang telah berkenan untuk ikut menjadi saksi atas dimulainya kembali masjid Amir Hamzah ini. Insya Allah ini menjadi bagian dari babak baru bagi kita semua di Jakarta.

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat