Warga menyaksikan proses pembangunan Kompleks Stadion Papua Bangkit di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/3/2019). | ANTARA FOTO

Inovasi

Sorong, Kota dengan Pengalaman Streaming Terbaik

Pengalaman video di daerah perkotaan Indonesia cukup beragam.

Streaming video kini menjadi salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan para pengguna smartphone di Tanah Air. Para operator telekomunikasi pun terus meningkatkan kualitas jaringannya, demi memberikan pengalaman streaming yang memuaskan bagi para konsumennya. 

Beberapa waktu lalu, perusahaan analitik mobile Opensignal menerbitkan analisis terbaru mengenai pengalaman streaming video pada telpon seluler di Indonesia. Dalam blog berjudul "West Papua’s Kota Sorong enjoys the best quality of mobile video streaming in Indonesia", Opensignal menganalisa pengalaman streaming video pada telpon seluler di 44 kota terbesar di Indonesia. 

Hasilnya, pengguna di Kota Sorong menikmati streaming video pada telpon seluler dengan kualitas terbaik di Indonesia. Selain Sorong, para pengguna telepon selular di Ambon dan Jayapura juga menikmati pengalaman streaming yang memuaskan. “Ketiganya berada di kategori peringkat very good. Ini berarti bahwa pengguna di tiga kota ini rata-rata mengalami waktu pemuatan yang lebih cepat dan hanya lamban sesekali saja dibandingkan dengan kota-kota lainnya,” jelas analis Opensignal, Hardik Khatri, dalam keterangan pers yang diterima Republika. 

Menurutnya, pengalaman video di daerah perkotaan Indonesia cukup beragam, mulai dari, fair hingga very good (65-75), tergantung pada lokasinya. “Sebagian besar pengguna di kota-kota menikmati Pengalaman video yang baik,” ujar Khatri. 

Para pengguna perangkat pintar di 40 kota yang dianalisa Opensignal merasakan pengalaman streaming video yang baik, dengan skor antara 55-65 poin. 

Kota dengan pengalaman streaming video yang baik adalah Tarakan, Manado, dan Gorontalo.

photo
Kepuasan streaming video pengguna seluler di Indonesia - (Dok Opensignal)

Hal ini berarti banyak pengguna di daerah perkotaan Indonesia yang menikmati pengalaman streaming video yang mencukupi pada resolusi lebih rendah. Namun dengan loading masih lambat dan terhenti khususnya pada resolusi tinggi.

Khusus di Pulau Jawa, ternyata tidak ada kota yang masuk dalam peringkat 10 besar pengalaman streaming video terbaik. Nilai tertinggi di pulau Jawa adalah Kota Bekasi dengan nilai 60,3 dan menduduki  peringkat ke-19, Surabaya di peringkat ke-22, dan Kota Bandung di perikat ke- 26. Sementara, Ibukota Jakarta berada di peringkat ke-28.

Ratakan Akses Jaringan

photo
4G LTE di Flores Timur - (Dok Telkomsel )

Hak untuk bisa mendapatkan konektivitas internet yang baik, tentu tak hanya dimiliki oleh konsumen yang ada di kota besar semata. Untuk memastikan ketersediaan jaringan di wilayah yang termasuk dalam kategori 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan), Telkomsel terus berupaya mendukung pemanfaatan teknologi dalam setiap fase kehidupan masyarakat. 

Salah satunya, adalah dengan mengoperasikan satu unit Compact Mobile BTS (Combat) berteknologi terdepan 4G LTE di Desa Woloklibang, Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

VP Network Operation and Quality Management Area Jawa Bali Telkomsel Samuel Pasaribu menjelaskan, Telkomsel terus berkomitmen memberikan layanan telekomunikasi dan solusi digital berkualitas untuk seluruh lapisan masyarakat di seluruh Indonesia. “Kami memahami, di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak pada keterbatasan ruang gerak fisik, teknologi telekomunikasi terutama yang berbasis broadband, kini menjadi salah satu solusi utama yang yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” ujarnya. 

Desa Wokoklibang terletak di bagian barat Pulau Adonara yang masih menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggata Timur. Desa yang dikelilingi lahan hutan kemiri tersebut, harus dijangkau menggunakan kapal laut untuk memudahkan penyeberangan dari Kota Larantuka ke Pulau Adonara. 

Diperlukan waktu sekitar satu jam penyeberangan menggunakan kapal, dan  tiga jam perjalanan darat untuk sampai di Desa Woloklibang. Menurut Samuel, beberapa waktu lalu, Telkomsel mendapatkan masukan dari masyarakat setempat tentang adanya kebutuhan akses jaringan broadband oleh masyarakat. 

Tujuannya, mendukung aktivitas keseharian dan koordinasi kerja perangkat desa. Saat ini 1.279 BTS Telkomsel telah hadir melayani lebih dari 90 persen wilayah populasi di Provinsi Nusa Tengara Timur. 

 
Dengan dipasangnya Combat layanan 4G di desa Woloklibang, kami berharap koordinasi antara perangkat pemerintah desa dengan pemerintah kabupaten dapat berjalan lebih efektif.
Samuel Pasaribu
VP Network Operation and Quality Management Area Jawa Bali Telkomsel
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat