Aplikasi Aku Pintar | Google Play Store

Inovasi

Fitur Baru untuk Memilih Sekolah Terbaik

Keterbatasan akses informasi kerap menjadi kendala dalam pelaksanaan PPDB dengan zonasi.

Pandemi Covid-19 membawa banyak perubahan pada aspek kehidupan manusia. Dunia pendidikan di Indonesia pun tak luput dari pergeseran karena kini kegiatan belajar-mengajar serta aktivitas sekolah lainnya, disesuaikan dengan peraturan physical distancing dari pemerintah.

Dinas Pendidikan dan sekolah pun diminta menyiapkan mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Termasuk, mencegah berkumpulnya siswa dan orang tua secara fisik di sekolah. 

PPDB tahun ini, akan dilakukan via daring untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. Seperti dua tahun ajaran sebelumnya, PPDB 2020 diterapkan menggunakan sistem zonasi, yakni calon peserta didik dianjurkan menempuh pendidikan di sekolah yang memiliki radius terdekat dari domisilinya masing-masing. 

Pengaturan ini bertujuan agar tak ada sekolah yang dianggap favorit dan non favorit. Sayangnya, keterbatasan akses informasi kerap menjadi kendala dalam pelaksanaan PPDB dengan zonasi. 

Orang tua dan siswa tidak cukup paham soal sistem zonasi. Termasuk, sekolah apa saja yang masuk dalam wilayah zonasinya dan bagaimana profil dan kualitas dari sekolah tersebut.

PT Aku Pintar Indonesia, melalui aplikasi Aku Pintar, kini menyediakan informasi tersebut lewat fitur Sekolah Pintar yang dapat diakses melalui akun siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Saat ini, fitur Sekolah Pintar dilengkapi dengan fitur Zonasi dan Bandingkan Sekolah sehingga keduanya melengkapi fitur yang sudah ada dalam Fitur Sekolah Pintar sebelumnya yaitu Cari Sekolah. 

Fitur Zonasi akan memudahkan siswa dan orang tua dalam mendapatkan informasi terkait SMA/SMK Negeri dan Swasta se-Indonesia yang dituju sesuai sistem zonasi. Dalam fitur  ini, pengaturan sekolah ditentukan berdasarkan kota. 

Co-Founder dan CEO Aku Pintar, Lutvianto Pebri Handoko mengungkapkan, adanya fitur baru Zonasi dan Bandingkan Sekolah merupakan salah satu upaya Aku Pintar untuk meningkatkan layanannya sebagai aplikasi pendidikan terlengkap. “Pemilihan sekolah dan jurusan menjadi hal yang sangat penting dalam menentukan karier dan masa depan, dan harus ditentukan sejak anak di bangku SMP,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia melanjutkan, aplikasi Aku Pintar menyediakan beragam fitur secara gratis. Mulai dari, rangkaian test minat, bakat, dan penjurusan lengkap serta materi pembelajaran sampai informasi SMA hingga kampus untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna dapat menggunakan pilihan sekolah yang secara otomatis akan menampilkan SMP yang tertera dalam profil siswa. Daftar sekolah yang muncul bisa diurutkan mulai dari jarak terdekat sampai terjauh dari titik yang dipilih.

Pilihan sekolah juga dilengkapi dengan informasi status sekolah swasta atau negeri, akreditasi, kurikulum, sarana dan prasarana, prestasi sekolah, nilai UN, jumlah Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), serta jumlah Peserta Didik (PD). 

Sementara fitur Bandingkan Sekolah memungkinkan siswa melihat dua sekolah secara langsung dengan membandingkan berbagai poin seperti; jarak ke sekolah, status, akreditasi, kurikulum, rata-rata nilai UN SMA IPA dan IPS. Melalui informasi dan perbandingan secara langsung, siswa dan orang tua akan lebih mudah menemukan SMA Negeri dan Swasta sesuai pilihan dan kebutuhannya.

Kehadiran Fitur Zonasi dan Bandingkan Sekolah pada Aku Pintar ini disambut baik oleh orang tua. Salah satunya, Herning Banirestu. “Kebanyakan orang tua mengalami kendala untuk tahu SMA di wilayah zonasinya masing-masing. Kalau database-nya saja tidak tahu, bagaimana orang tua bisa menentukan sekolah yang terbaik untuk anaknya?,” ujarnya.

Menurut Herning, dengan fitur Zonasi dan Bandingkan Sekolah dari Aku Pintar,  orang tua dan siswa bisa mengakses informasi sekolah SMA Negeri dan Swasta sampai ke nilai UN secara daring tanpa harus repot mengecek info tiap sekolah di laman PPDB. Saat ini, aplikasi Aku Pintar dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.  

Sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui sekolah mana saja yang masuk dalam zonasi domisilinya.
HERNING BANIRESTU, Orang Tua Murid  

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat