Pekerja dengan masker pelindung melintasi bagian Mal Senayan City, Jakarta Selatan. | EPA/MAST IRHAM

Kabar Utama

Geliat Pembukaan Kembali Mal di Ibu Kota

Semua mal yang buka akan dan harus memberlakukan protokol kesehatan.

OLEH FLORI SIDEBANG, ARIF SATRIO NUGROHO, MEILIZA LAVEDA, IIT SEPTYANINGSIH

Meski tergolong megah, mal di Kembangan, Jakarta Barat, itu belum ramai.  Kebanyakan tenant (penyewa lapak) di mal tersebut belum beroperasi. Hanya penjaja makanan serta minuman dan supermarket yang menyajikan keperluan sehari-hari saja yang beroperasi.

Ada empat pintu masuk utama di Lippo Mal Puri tersebut. Hanya satu yang dibuka. Pada Ahad (14/6) kemarin, memang baru persiapan yang dilakukan pusat perbelanjaan tersebut menjelang pembukaan perdana pada Senin (15/6) ini. Mal itu, seperti lainnya di Jakarta dan Jawa Barat, terdampak penutupan selama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Pintu masuk satu-satunya nantinya dibuka Skybridge Lobby 1. Menurut pihak pengelola mal, saat berada di pintu masuk itu, suhu tubuh seluruh pengunjung akan diperiksa oleh sekuriti dengan menggunakan thermo gun. Petugas keamanan yang berjaga kemarin sudah tampak mengenakan masker dan pelindung wajah (face shield) serta sarung tangan.

Pengunjung yang suhu badannya normal atau di bawah 37,5 derajat Celsius akan diizinkan masuk ke area mal dan diberi tanda dengan stiker khusus. Stiker itu akan ditempelkan di bagian tubuh pengunjung yang mudah terlihat, seperti lengan maupun dada.

photo
Pekerja memasang tanda jaga jarak pada mushala di Senayan City Mall, Jakarta Selatan. - (EPA/MAST IRHAM)

Sementara itu, pengunjung yang suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat Celsius dipulangkan. Pihak pengelola pun sedang menyiapkan thermal scanner otomatis di pintu masuk untuk mengecek suhu tubuh para pengunjung. Mereka pun diwajibkan mengenakan masker selama berada di dalam area mal.

Warung-warung makanan juga telah melakukan persiapan menjelang pembukaan kembali mal. Berbagai stiker berwarna merah ditempel di seluruh meja yang ada di restoran. Stiker itu sebagai penanda mana saja meja yang dapat digunakan pengunjung demi menjaga jarak. 

Saat hendak menaiki eskalator, pengelola mal juga telah menempelkan tulisan sebagai pengingat untuk menjaga jarak. Setiap pengunjung yang berada di eskalator harus diberi jarak dua anak tangga.

Protokol kesehatan yang ketat juga dilakukan oleh pengelola Puri Indah Mal, Jakarta Barat. Saat tiba di lobi timur mal, pengunjung masih harus mengantre untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Pengoperasian keran air dilakukan dengan menginjak pedal yang terdapat di bawah tempat cuci tangan. 

Selain protokol kesehatan, lobi timur Puri Indah Mal juga dijadikan sebagai tempat tunggu para pengunjung serta pengemudi ojek daring  yang memesan dan menunggu makanan. Marketing Communication Puri Indah Mal Hendri Priatna mengatakan, pihaknya kemarin memang hanya membuka satu pintu masuk-keluar mal, yakni di lobi timur.

Namun, saat dibuka kembali, seluruh pintu masuk mal itu pun dapat diakses oleh seluruh pengunjung dan pelayanan bagi tempat makan maupun toko penjualan lainnya dapat beroperasi seperti semula. "Di mal kita ini ada empat pintu masuk, timur, barat, utara, dan selatan. Besok semuanya sudah dibuka lagi, tapi hari ini hanya pintu masuk lobi timur yang dibuka," kata Hendri. 

Pusat perbelanjaan Senayan City yang terletak di Jakarta Pusat juga telah bersiap untuk beroperasi lagi pada Senin (15/6) ini. Selain mempersiapkan protokol kesehatan, pengelola Senayan City juga telah meningkatkan pembersihan pada area kontak fisik. “Kami juga meningkatkan frekuensi pembersihan pada area yang banyak mendapatkan kontak fisik seperti, tombol lift dan eskalator yang sudah berjalan sejak awal Februari 2020,” kata GM Leasing and Marketing Jaclyn Halim pada Ahad (14/6).

Senayan City juga menyediakan UV-C sterilizer untuk tas belanja hingga kegiatan tanpa bersentuhan di area lift dan beberapa titik yang sering digunakan pengunjung. Selain itu, terdapat ruang disinfektan khusus untuk karyawan dan pengendara ojek daring beserta wastafel untuk mencuci tangan yang ditempatkan di area tertentu.

Pihak pengelola tidak membatasi pengunjung. Namun, Senayan City mengimbau anak-anak dan ibu hami agar tidak berkunjung, sesuai dengan aturan dari Dinas Pariwisata DKI Jakarta. Selama masa transisi, jam operasial mal dimulai pukul 11.00 WIB hingga 20.00 WIB. Belum semua gerai akan dibuka. Bioskop dan tempat mainan anak masih belum beroperasi. Pihak pengelola masih menunggu informasi lebih lanjut dari Pemprov DKI Jakarta.

Plaza Indonesia juga telah mempersiapkan pembukaan mal. Nantinya, pengunjung diatur alur masuknya sesuai dengan sticker. Penerapan seperti touchless experience juga tampak pada saat masuk lift.  Kapasitas lift pun dibatasi hanya untuk empat orang. 

Kepala Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat menyatakan, pelayanan mal masih mengikuti perkembangan kebijakan PSBB transisi menuju normal baru. Ia menjelaskan, sejumlah fasilitas, seperti bioskop, fasilitas kebugaran, mainan anak, karaoke, perawatan tubuh dan wajah serta pijat (massage) masih belum bisa beroperasi. "Salon boleh buka sebatas potong rambut," ujarnya, Ahad (14/6).

Ellen menegaskan, semua mal yang buka akan dan harus memberlakukan protokol kesehatan. Dengan demikian, pengunjung tetap merasa aman dalam kunjungannya di mal. Adapun berbagai protokol kesehatan yang diterapkan di antaranya penyediaan wastafel, penyanitasi tangan, wajib masker, pengukuran suhu tubuh, pembatasan jumlah pengunjung yaitu 50 persen dari total kapasitas, serta penerapan aturan jarak fisik.

photo
Pekerja berdiri di kamar disinfektasi di salah satu mal di Jakarta. - (EPA/MAST IRHAM)

Menurut keterangan APPBI, ada 80 mal di DKI Jakarta yang siap dibuka Senin (15/6). Di Jakarta Pusat, ada 21 mal yang akan dibuka yakni FX Sudirman, Gajah Mada Plaza, Grand Indonesia, Mangga Dua Square, Plaza Atrium, Plaza Senayan, hingga Senayan City.

Kemudian, di Jakarta Selatan, 26 mal akan dibuka. Di antaranya Blok M Square, Epiwalk, Gandaria City, Kota Kasablanka, Kuningan City, sampai Lippo Mall Kemang. Lalu, di Jakarta Barat terdapat 10 mal yang akan dibuka, yakni Central Park Neo Soho, Lippo Mall Puri, Mal Ciputra Jakarta, Mal Taman Anggrek, hinga Season City.

Selanjutnya, 11 mal di Jakarta Timur yang akan buka yakni Arion Mall, Buaran Plaza, Cibubur Junction, Tamini Square, Lippo Plaza Kramat Jati, dan Pusat Grosir Cililitan. Adapun di Jakarta Utara ada 12 mal yang akan dibuka, seperti Baywalk Mall, Emporium Pluit Mall, Mall of Indonesia, PIK Avenue, Mahaka Square, hingga Summarecon Mall Kelapa Gading.

Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga, menuturkan, pihak pengelola mal diharapkan dapat melakukan pengawasan protokol kesehatan yang ketat. "Harus ada sanksi tegas juga bagi yang tidak patuh demi keselamatan dan kesehatan masyarakat luas," tutur Nirwono, kemarin.

Menurut dia, antusias masyarakat terkait pembukaan kembali mal cukup tinggi. "Bisa dipastikan mulai besok akan diserbu masyarakat beserta keluarganya karena mengobati rasa kangen masyarakat bermain ke mal, karena mal sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat urban," kata dia memprediksi.

Dia berharap pemerintah dapat mengawasi pembukaan kembali mal dengan baik agar dapat mengantisipasi penularan virus korona. "Untuk itu, pemda tetap harus mengawal dan mengawasi dengan ketat. Jika tidak diantisipasi, mal bisa menjadi pusat klaster baru penyebaran Covid-19," ujarnya. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat