Khabib Nurmagomedov (kanan) saat bertarung melawan Conor McGregor, 6 Oktober 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat. Pesona petarung bebas Khabib Nurmagomedov seperti magnet yang selalu menarik perhatian publik. | X02835
12 Jun 2020, 20:30 WIB

Khabib dan Magnet Fight Island

Sejauh ini ada dua kemungkinan penampilan Khabib: Yas Island atau UFC Apex.

OLEH EKO SUPRIYADI

Pesona petarung bebas Khabib Nurmagomedov seperti magnet yang selalu menarik perhatian publik. Setelah membetot perhatian atas keberhasilannya membuat petarung 'si mulut besar' asal Irlandia, Conor MgGregor, yang dibuat keok tak berdaya saat dipiting lehernya, sosok Khabib terus saja dinanti kehadirannya di atas ring gelut Ultimate Fighting Championship (UFC).

Pesona itu pula yang disadari oleh bos UFC, Dana White. Ia mafhum, penampilan Khabib akan membuat ladang bisnisnya makin moncer. Ia pun sempat menawarkan tawaran kepada Khabib untuk bertarung pada bulan Ramadhan lalu. Namun, niat itu urung terwujud.

Kini, penantian White untuk menyaksikan petarung dari etnis Avar --salah satu etnis dari ras Kaukasia Timur Laut itu terjawab. Khabib rupanya cukup tipis telinga untuk mengabaikan tawaran naik ring UFC. Kepastian itu pun terjawab setelah petarung Muslim berusia 31 tahun itu menyampaikan pesan keinginannya untuk tampil selepas gelaran UFC 251 bertajuk Fight Island.

Terkait

photo
Pesona petarung bebas Khabib Nurmagomedov seperti magnet yang selalu menarik perhatian publik. Foto bertanggal 7 September 2019 ini ketika Khabib bertanding melawan Dustin Poirier - (AP)

Gelaran UFC 251 sudah dipastikan dihajat di Yas Island, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Untuk gelaran nanti, White akan menampilkan empat pertarungan selama dua periode dua pekan. Mulai dari UFC 251 pada 11 Juli, lalu dilanjutkan pada 15, 18, dan 25 Juli mendatang.

Dari empat pertarungan nanti, tiga di antaranya akan memperebutkan tiga gelar dunia. Kamaru Usman akan mempertahankan gelar kelas welter melawan Gilbert Burns pada perhelatan utama.

Sementara, juara kelas bulu Alexander Volkanoski akan menghadapi Max Holloway dalam pertandingan ulangan pada 2019. Lalu, Petr Yan dan mantan jawara 145 pon Jose Aldo akan saling adu jotos di kelas bantam.

Khabib yang sekarang ini sedang mendampingi ayahnya yang sedang berjuang melawan Covid-19 serta komplikasi jantung, tak kuasa untuk menahan kerinduannya tampil lagi. Namun, keinginan naik ring itu masih harus menunggu hingga September nanti.

Sejauh ini, belum terkonfirmasi untuk lokasi penampilan Khabib. Kemungkinannya ada dua, yakni Yas Island atau UFC Apex di Las Vegas, Amerika Serikat.

photo
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) menerima Khabib Nurmagomedov (kanan) yang didampingi pelatih sekaligus ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov di Ulyanovsk, Russia, 10 Oktober 2018. Pesona petarung bebas Khabib Nurmagomedov seperti magnet yang selalu menarik perhatian publik - (SPUTNIK POOL)

Untuk lawan duelnya, sudah hampir dipastikan adalah Justin Gaethje. Justin merupakan pemegang sabuk interm di kelas ringan, yang didapatkannya setelah mengalahkan Tony Ferguson di UFC 249 pada Mei silam. Sedangkan, Khabib pemegang sabuk juara kelas ringan.

Walau tak tampil di gelaran Fight Island, Khabib dikabarkan siap hadir dalam acara tersebut. Ia pun sudah memiliki siapa yang akan menjadi jagoan dalam gelaran tersebut. "Usman, Yan, Holloway," ungkap Khabib, dikutip dari Mirror, Rabu (10/6).

Presiden UFC Dana White mengungkapkan, pihaknya membangun infrastruktur di pulau tersebut dan kini sudah hampir rampung. Ia mengatakan, petarung akan mendapatkan tempat latihan pribadi dan oktagon di atas pasir.

Selain itu, 'Fight Island' juga akan dilengkapi hotel dan restoran yang sekaligus bisa melihat Oktagon. Namun, untuk masuk ke area tersebut, hanya orang-orang yang terlibat dalam penyelenggaran pertarungan yang diizinkan.

 


×