Shap Aquos Zero 2 | Dok Sharp Electronics Indonesia

Inovasi

Warna Baru Pasar Smartphone

Meskipun pasar smartphone dinamis, tetap dibutuhkan inovasi baru.

Selama tiga bulan terakhir, pandemi Covid-19 membuat masyarakat di Indonesia lebih banyak beraktivitas dari rumah. Beragam aktivitas pun didukung dengan beragam peralatan elektronik dan gawai, sebagai upaya mengusir rasa bosan. 

Dari berbagai aktivitas yang bisa dilakukan dari rumah, ponsel pintar masih menjadi perangkat sentral andalan bagi masyarakat untuk berinteraksi atau sekadar mengisi waktu luang. 

Apalagi ketika menjalani Ramadhan dan hari raya Idul Fitri yang baru saja berlalu, ponsel pintar menjadi penghubung bagi keluarga yang terpisah jauh. Selain itu ponsel pintar pun memberikan kemudahan hiburan dalam satu genggaman.

Sayangnya hal ini berbanding terbalik dengan performa penjualan ponsel di Indonesia pada kuartal pertama 2020. Mengutip data dari lembaga riset International Data Corporation (IDC), penjualan di tahun ini menurun 7,3 persen secara year on year

Hal ini mengindikasikan, meskipun pasar ponsel pintar yang terkenal dinamis, tetap membutuhkan penyegaran melalui inovasi-inovasi baru. Pada Rabu (10/6), PT Sharp Electronics Indonesia memberikan meluncurkan smartphone terbarunya, Sharp Aquos Zero 2 dan Sharp Aquos R3.

Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka menjelaskan, pasar ponsel pintar di Indonesia memiliki potensi yang luar biasa untuk tumbuh dan berkembang. “Sharp Indonesia pun kini memiliki produk-produk dengan teknologi Artificial Intelligence of Things (AIoT) yang untuk menunjang performanya membutuhkan ponsel pintar dalam pengoperasiannya,” ia melanjutkan. 

Setelah meluncurkan Sharp Aquos V beberapa waktu lalu, di kuartal kedua 2020, kedua gawai terbaru Sharp ini menghadirkan spesifikasi yang belum pernah ada di Indonesia maupun di dunia. 

Sharp Aquos Zero 2 hadir dengan bobot 141 gram, dan dilengkapi layar refresh rate 240 Hz yang juga pertama di dunia. Untuk mendukung performa ponsel pintar yang menyasar para gamers ini, Aquos Zero 2 menggunakan Android 10, chipset Snapdragon 855, dengan RAM 8 GB dan memori internal besar 256 GB. 

AUVI Product Strategy Assistant General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Ardy mengungkapkan, Sharp Aquos Zero 2 diboyong ke Indonesia sebagai salah satu produk ponsel pintar unggulan yang dimiliki oleh Sharp. “Dilengkapi spesifikasi-spesifikasi yang ada, Sharp yakin dapat memberikan warna lain di pasar Indonesia,” ujarnya. 

Selain Aquos Zero 2, Sharp Aquos R3 juga dihadirkan namun dengan lebih ditujukan untuk para eksekutif muda dan content creator

Dengan fitur layar super tajam Pro IGZO Reality Display dan Propix AI Camera, fitur ini akan memudahkan pengguna ketika mengambil konten video tanpa harus was – was tampilan video yang dihasilkan blur

Kedua smartphone ini akan mulai bias disa dipesan dengan sistem pre-order pada 25 Juni – 8 Juli 2020 secara eksklusif melalui mitra niaga elektronik Shopee. Sharp Aquos Zero 2 dibanderol seharga Rp 12,9 juta dan Aquos R3 dibanderol seharga Rp 10,9 juta.

Pada pembelian di masa pre-order ini konsumen akan mendapatkan bonus berupa gratis satu unit LED TV, jaminan buy back hingga Rp 5 juta untuk pembelian ponsel Sharp berikutnya, dan garansi setiap ponsel yang rusak akan diganti dengan yang baru.  

Optimalkan potensi dengan perangkat andalan

photo
Samsung Galaxy A21s. Meskipun pasar smartphone terkenal dinamis, tetap dibutuhkan inovasi baru - (Dok Samsung Indonesia)

Pemanfaatan gawai yang optimal, akan membuat kreativitas pengguna terekplorasi dengan baik. Berbagai karya pun bisa hadir apabila pengguna mampu memanfaatkan berbagai fitur yang dimiliki gawai di genggaman. 

Pada Selasa (9/6), Xiaomi Indonesia meluncurkan dua ponsel pintar terbaru dari seri Redmi Note, yaitu Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro. Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse mengungkapkan, Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro merupakan perangkat dengan inovasi kamera, baterai, performa dan desain terbaik di kelasnya.

Seri ini juga menjadi penerus kesuksesan Redmi Note Series yang telah terjual lebih dari 110 juta unit di seluruh dunia. “Kami berharap kehadiran Redmi Note 9 Series dapat mendukung pengguna, khususnya anak muda Indonesia untuk memaksimalkan potensi mereka dalam kegiatan sehari-hari,” ujar Alvin dalam peluncuran daring Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro. 

Redmi Note 9 Pro dilengkapi konfigurasi empat kamera belakang (Quad-Camera) dengan konfigurasi lensa utama 64MP, lensa ultra wide-ange 8MP, lensa makro 5MP dan 2MP depth sensor. Pada bagian depan perangkat, Redmi Note 9 Pro memiliki 16MP in-display-camera untuk swafoto berkualitas tinggi.

Kamera depan Redmi Note 9 Pro juga dilengkapi dengan mode slow motion selfie (slow-mo-fie) yang mampu menangkap video gerakan lambat (slow-motion) yang ikonik. Alvin mengatakan, ini adalah pertama kalinya Xiaomi menawarkan fitur software slow-mo-fie.

 
Slow-mo-fie, kami harap kata itu akan menjadi slang baru.
ALVIN TSE, Country Director Xiaomi Indonesia
 
 

Sementara itu, Redmi Note 9 juga menghadirkan fitur fotorgrafi dengan konfigurasi empat kamera belakang (Quad-Camera) yang terdiri dari lensa utama 48MP, lensa ultra wide-angle 8 MP, lensa makro 2 MP dan depth camera 2MP. 

Kamera 13 MP pada bagian depannya, diposisikan di dalam display untuk memaksimalkan tampilan layar depan. Perangkat ini juga dilengkapi baterai yang besar, 5020 mAh dengan dukungan pengisian cepat 18 W.  

Redmi Note Pro hadir dengan tiga pilihan warna dinamis, yaitu interstellar grey, tropical green, dan glacier white. Perangkat ini dibanderol dengan harga perkenalan sebesar Rp 3,4 juta untuk varian 6 GB/64 GB dan Rp 3,8 juta untuk varian 8 GB/128 GB.

Sementara Redmi Note 9 dibanderol harga Rp 2,4 juta untuk varian 4 GB/64 GB dan Rp 2,8 juta untuk varian 6 GB/128 GB. Pemesanan bisa dilakukan secara daring di Lazada, Akulaku dan Mi.com (9-16 Juni 2020) dan secara luring di Authorized Mi Store (9-16 Juni 2020). Penjualan pertama secara daring akan digelar pada 17 Juni 2020 di Lazada, Akulaku dan Mi.com. 

Tetap berkarya di era new normal

Berkreasi tentu tak bisa dibatasi situasi. Penggiat media sosial Salsabila Andriani mengungkapkan, di situasi yang kian menantang seperti saat ini, anak muda diharuskan lebih semangat mencari ide agar bisa menginspirasi orang lain melalui kreasi konten kreatif.

Konten kreatif yang bisa dibuat pada saat new normal, menurut Salsabila, tetap bisa dilakukan dengan mengabadikan kegiatan sehari-hari selama masa itu, meski hanya mengandalkan properti maupun objek di sekitar.

Ia pun membagikan kiat membuat konten yang menarik. Pertama, biasakan mencari inspirasi dengan perbanyak referensi melalui riset dan browsing. Biasanya, ia bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencari referensi. Oleh karena itu, penting untuk memiliki ponsel dengan baterai yang tahan lama.

Kedua, pilih ponsel pintar dengan fitur kamera yang lengkap, seperti Samsung Galaxy A21s dengan quad camera. Kemudian, biasakan perbanyak stok konten. Jangan cepat puas hanya dengan satu atau dua kali take konten. "Oleh karena itu, penting untuk memiliki ponsel dengan memori besar,” kata Salsabila.

Galaxy A21s yang merupakan gawai terbaru besutan Samsung ini hadir dengan rear quad camera berkekuatan 48 MP yang dapat menghasilkan foto jernih dan cerah. Perangkat ini telah ditenagai oleh Exynos 850.

Prosesor yang pertama kali dihadirkan Samsung ini dapat meningkatkan efisiensi pada penggunaan baterai sehingga pengguna dapat lebih lama menikmati live gaming, streaming musik maupun film favorit. Ponsel ini dilengkapi dengan baterai tahan lama berkapasitas 5.000 mAh yang memiliki kemampuan pengisian daya cepat 15 watt.

Galaxy A21s dihadirkan pertama kali melalui program flash sale pada 8-14 Juni 2020 di Samsung.com/id/ dan berbagai niaga elektronik lainnya. Konsumen yang membeli Galaxy A21s pada masa periode flash sale akan mendapatkan harga spesial Rp 2,7 juta untuk varian memori 3 GB/32GB dengan bonus tambahan kartu memori 32 GB.

Varian 6 GB/64 GB dibanderol dengan harga Rp 3,2 juta. Pembeli juga akan mendapatkan bonus tambahan kartu memori 64 GB. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat